Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Jitu Merontokkan Bulu Murai Batu

Hobi

Cara Jitu Merontokkan Bulu Murai Batu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 1 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Ganti bulu merupakan proses alamiah yang terjadi untuk semua jenis tak terkecuali pada burung kicau seperti Murai Batu. Tahap pergantian bulu tersebut oleh para Kicau Mania biasanya disebut dengan mabung atau moulting dalam bahasa inggrisnya.

Dalam tahap ini burung biasanya diistirahatkan secara total. Namun tidak sedikit orang merasa gelisah karenatidak tahu cara jitu merontokkan bulu Murai batu yang tepat. Proses ini juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Karena memakan waktu antara 2 – 3 bulan, banyak orang yang kesulitan untuk menunggu mabung hingga selesai secara keseluruhan.

Jika lebih dari tenggang waktu tersebut berarti kamu harus melakukan cara cepat bagi Burung Murai susah mabung. Mabung sendiri diawali dengan kerontokan yang terjadi pada bulu halus disusul bulu utamanya pada 1 bulan pertama.

Kemudian diikuti seluruh bulu lainya sampai sempurna dengan maksimal waktu 3 bulan. Murai susah mabung mengakibatkan performa burung menurun dan kecantikannya menurun. Apalagi jika burung kamu tergolong burung kontes yang rajin bersuara alias gacor.

Dari beberapa pengalaman para pemilik Murai Batu, biasanya selama proses mabung bunyi burung akan berkurang tidak segacor ketika sebelum mabung.

Solusi dan Cara Jitu Merontokkan Bulu Murai Batu

Murai Susah Mabung
(Pinterest)

Sebelum memahami cara cepat merontokkan bulu Murai Batu, ada beberapa hal yang membuat burung Murai susah mabung. Gagal bukan berarti prosesnya berhenti tetapi hanya lambat dalam merontokkan bulu.

Seharusnya 2 – 3 bulan, namun prosesnya memakan waktu lebih dari itu. Burung Murai susah mabung biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor. Dengan mengetahui cara jitu merontokkan bulu murai batu ini, Pins bisa melakukan penangananya.

Murai Batu adalah tipe burung kicau yang susah-susah gampang dalam merawatnya. Setiap masalah pada Murai Batu harus diketahui terlebih dahulu penyebab utamanya. Beberapa kasus punya cara penanganan yang berbeda beda, tergantung akar masalahnya.

Baca juga ; Jenis Murai Batu dan Perbedaannya

Penyebab murai batu susah rontok bulu

Penyebab Murai Susah Mabung
(Pinterest)

Murai Batu Muda Hutan merupakan Murai susah mabung yang paling sering dialami. Hal ini terjadi karena stres akibat perubahan lingkungan dan pakan. Murai Batu Muda Hutan yang mengalami gagal mabung atau Murai susah mabung tidak dikondisikan dengan baik. Misalnya tidak tertutup penuh ketika bulu Murai mulai rontok.

Penempatan Murai Batu yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab. Pada saat gejala mabung telah terlihat sebaiknya menempatkan Murai Batu pada ruangan yang lembab dan sedikit panas. Tujuannya agar pori-pori burung cepat terbuka sehingga bulu-bulu tua akan berjatuhan tanpa di paksa.

Sebagai pemilik dari burung Murai Batu tersebut tentu kamu harus memahami karakter sang burung agar mempermudah dalam menangani masalah yang dihadapi si Murai Batu. Diantaranya yang membuat Burung Murai susah mabung adalah sebagai berikut :

Baca juga ; Cara Merawat Anakan Murai Batu Usia 7-30 Hari

  • Ketika berada pada masa mabung, burung Murai Batu biasanya dalam bulunya terdapat banyak kutu. Bilamana kutu tersebut tidak dihilangkan, maka akan terjadi penghambatan dalam mabung.
  • Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa penjemuran ketika mabung itu tidak seintens biasanya. Alangkah baiknya jika ketika mabung penjemuran tidak dilakukan seperti biasanya. Para kicau mania lebih memilih untuk mengurung dalam sangkar sebagai langkah mempercepat mabung.
  • Perhatian harus ekstra diberikan kepada Murai Batu ketika mabung. Proses pemandian harus dilakukan setiap hari secara teratur. Jika tidak maka resikonya adalah proses mabung menjadi lambat.
  • Cara jitu merontokkan bulu Murai batu selanjutnya adalah asupan makanan dan minuman. Usahakan ketika burung sedang mabung berikan makanan dan minuman secara maksimal untuk menunjang metabolisme. Kalau tidak burung akan mengalami depresi atau stress.
  • Dipaksa untuk berlomba. Sebisa mungkin hentikan keikutsertaan dalam berbagai kejuaraan. Meski burung kamu adalah jawara, tetapi salah dalam merawat ketika mabung akan berakibat fatal.
  • Terakhir burung stres karena salah perawatan. Sebab ketika mabung ada cara perawatan khusus yang harus diketahui oleh kicau mania.

2 Cara Jitu Merontokkan Bulu Murai Batu

2 Cara untuk Murai Susah Mabung
(Pinteres)

Baca juga : Kriteria Dasar Penilaian Lomba Burung Kicau

Banyak cara untuk merontokan bulu Murai Batu yang sulit rontok akibat stres dan masalah-masalah lain. Contohnya menggunakan kulit jeruk untuk mempercepat perontokan pada burung. Metode ini berasal dari Vietnam dan berangsur-angsur sampai ke tanah air.

Cara ini terbukti efektif dan sangat cepat prosesnya. Dalam beberapa hari saja bulu-bulu Murai Batu mulai terlihat berjatuhan. Terapi ini di khususkan pada Murai Batu atau burung lain yang mengalami masalah bulu tidak rontok-rontok meskipun bulu sudah kusam hingga nyerit

1. Menggunakan Kulit Jeruk Untuk Murai Susah Mabung

Masukan beberapa kulit jeruk ke dasar sangkar dan Murai Batu dalam keadaan tempat tertutup penuh. Tempatkan Murai Batu dengan kondisi yang tenang, jauh dari kebisingan dan suara burung lain. Proses terapi kulit jeruk ini bertujuan agar burung lebih fokus dan membantu mempercepat proses Murai susah mabung.

2. Mandi Sauna Untuk Murai Susah Mabung

Mandi sauna sering di lakukan untuk membuat burung cepat ngeplong. Selain berguna untuk membuat burung cepat ngeplong, mandi sauna di percaya efektif untuk merontokan bulu pada Murai susah mabung.

Patut diingat, mandi sauna akan membuat burung dehidrasi jadi tetap memberikan minum dan pakan agar murai batu tidak dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan burung menjadi lemas hingga kematian pada burung.

Baca juga ; Ciri-ciri dan Harga Murai Batu Nias

Perawatan yang Benar Untuk Murai Susah Mabung

Perawatan Murai Susah Mabung
(Pinterest)

Bulu-bulu halus di dasar sangkar merupakan salah satu tanda Murai Batu akan segera mabung. Berikan penanganan yang tepat seperti berhenti melombakan Murai Batu atau mengurangi jadwal lombanya.

Kamu juga harus memangkas porsi pakan EF agar burung Murai Batu diam dan lebih fokus ke masa-masa mabungnya. Tutup sangkar dengan sarung atau kerodong agar prosesnya lebih cepat. Kerodong sangat bermanfaat untuk burung kicau.

Murai Batu adalah burung yang sangat pintar. Namun dalam proses perawatannya kamu juga harus lebih perhatian dan membutuhkan ekstra tenaga dibandingkan burung lain. Namun jika kamu bisa melakukan perawatan dengan maksimal, Murai kamu bisa gacor dan bahkan menjadi Jawara kontes.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Kota Wisata Cibubur di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel