Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin Bunyi

Pinhome

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin Bunyi

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 11 January 2022 ∙ 9 menit membaca

Pinhome – Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang merupakan harapan para kicau mania khususnya burung Lovebird lebih-lebih di arena perlombaan burung Lovebird. Namun tidak demikian jika diibaratkan dengan manusia, karena seseorang cerewet kurang begitu disukai oleh orang-orang disekitarnya.

Sedangkan cara membuat Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang tidak sesulit yang Pins bayangkan, karena tergantung dari perawatan harian Lovebird agar rajin bunyi dan ngekek panjang.

Baca Juga : Memahami Karakteristik Genetik Lovebird

Lovebird Ngekek Panjang

lovebird ngekek panjang
(Shutterstock)

Sebelum membeli Lovebird, pastikan kamu membeli Lovebird lomba yang dapat ngekek panjang di lapangan. Kamu dapat membelinya langsung setelah selesai lomba Lovebird. Saat lomba berlangsung, pantau dulu mana Lovebird yang rajin ngekek panjang. Setelah selesai lomba, coba tawar Lovebird tersebut.

Hal ini akan memudahkanmu dan menghemat waktu dalam proses pencarian Lovebird dengan karakter ngekek panjang. Jika tidak ada Lovebird yang sesuai, kamu dapat membeli anakan Lovebird yang indukannya bisa ngekek panjang. Cara ini terbilang lebih efektif karena harga anakan Lovebird tentu jauh lebih murah dibandingkan induknya yang sudah jadi.

Setelah membeli anakan Lovebird tersebut, kamu bisa melakukan perawatan harian Lovebird, atau memberikan makanan untuk burung Lovebird agar ngekek panjang. Dengan begitu, Lovebird yang kamu urus akan mampu menghasilkan suara yang ngekek panjang saat digantangan nantinya.

Baca juga: Ciri-ciri Anakan Lovebird Yang Bagus Untuk Lomba

Cara Cepat Agar Lovebird Rajin Bunyi dan Ngekek Panjang

Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang tergantung dari perawatan harian yang dilakukan. Perawatan harian yang kami maksud adalah mandi jemur, pemasteran, dan diberi pakan tambahan Lovebird. Pakan ini mudah didapat karena tersedia di pasar tradisional dan swalayan.

Dengan memberikan perawatan yang tepat dan pakan tambahan khusus Lovebird lomba, maka Lovebird Pins akan lebih mudah cerewet dan bawel. Lovebird yang awalnya diam menjadi ramai dan berkicau terus-menerus.

Kicauan tanpa henti ini bukan karena doping, tapi murni dari perawatan dan makanan Lovebird alami. Agar Pins tidak penasaran, bagaimana kalau langsung saja ke topik pembicaraan tentang Lovebird cerewet berikut.

Lovebird Rajin Bunyi
(Wikipedia)

1. Mandi Jemur

Perawatan awal agar Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang adalah Lovebird dijemur dulu selama 15-20 menit. Kemudian burung Lovebird dimandikan setiap pagi. Oh iya, memandikan Lovebird bisa dimulai sejak usia 3 bulan.

Lovebird yang sering mandi pagi tubuhnya segar sehingga jadi rajin bunyi setiap hari. Tak hanya mandi dan jemur, Pins juga harus membersihkan sangkar dan pernak-perniknya untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatan burung tersebut.

Baca juga : Cara Setting Lovebird Konslet Sistem Koloni

Jangan lupa, air minum yang tersisa harus dibuang dan diganti yang baru. Begitu pula dengan pakan Lovebird. Hal ini untuk menghindari pakan burung jamuran.

2. Pemasteran

Cara membuat Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang tentunya tidak akan lepas dari pemasteran. Masteran Lovebird bisa menggunakan burung langsung atau suara audio dari YouTube atau bahkan menggunakan aplikasi suara masteran burung. Yang terpenting pilih suara audio yang jernih dan durasinya lama.

Selain itu, suara masteran burung diputar pelan saja agar burung Lovebird tidak minder dan tidak stres. Usahakan burung Lovebird tidak melihat burung masteran atau sumber suara masteran.

Biarkan Lovebird cuma mendengar suaranya saja dari kejauhan. Ini bagus untuk menguatkan mental Lovebird.

Lovebird Rajin Bunyi
(Harapan Rakyat Online)

3. Pemberian Wortel

Manfaat wortel untuk Lovebird ternyata dapat membuat Lovebird cerewet dan bawel. Kandungan vitamin A di wortel sangat tinggi. Dengan memakan wortel, Lovebird menjadi aktif bunyi dan tidak mau diam.

Awalnya Lovebird macet bunyi, bisa jadi cerewet dan ngekek panjang. Namun, tidak semua jenis Lovebird merasakan efek dari penggunaan wortel. Sebab, jenis pakan Lovebird berbeda-beda.

Pemberian wortel untuk Lovebird bisa dilakukan setiap 3 hari sekali atau saat hari H lomba. Sebelum diberikan ke Lovebird, Pins harus mencuci dan mengupasnya dulu.

4. Pemberian Daun Mengkudu

Selain cara di atas, agar Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang dengan menggunakan daun mengkudu. Daun mengkudu sudah lama dikenal dapat membuat burung Lovebird sehat. Di samping itu, daun mengkudu juga bisa meningkatkan volume suara Lovebird, mengatasi suara ngriwik agar cepat ngeplong, dan lain-lain.

Baca juga : Manfaat Tebu Untuk Lovebird

5. Pemberian Jagung

Terakhir, cara membuat Lovebird rajin bunyi dan ngekek panjang adalah dengan menggunakan jagung. Tahukah Pins, manfaat jagung untuk Lovebird yaitu dapat meningkatkan birahi Lovebird. Jadi, sebelum Lovebird naik gantangan, Lovebird diberi jagung agar birahi sedikit naik. Sehingga pada saat lomba, Lovebird jadi cerewet ngekek panjang.

Ingat, pemberian pakan tersebut tidak untuk harian, melainkan hanya diberikan saat lomba saja. Untuk perawatan harian, Lovebird tetap diberi milet saja. Kalau jagung bisa diberi setiap 3 hari sekali agar aman untuk birahi Lovebird.

Tidak semua Lovebird menyukai wortel, daun mengkudu, dan jagung. Namun, Pins dapat menyiasatinya dengan memberikan ketiga pakan tersebut saat Lovebird sedang lapar atau setelah mandi pagi.

Perawatan ini dapat dilakukan selama beberapa bulan sampai Lovebird mulai terlihat cerewet dan gacor. Jika Lovebird sudah tampak cerewet, Pins bisa melanjutkan perawatan atau menghentikan settingan tersebut. 

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang Saat Lomba

lovebird ngekek panjang
(Shutterstock)

Ada berbagai cara membuat Lovebird ngekek panjang pada saat lomba, mulai dari perawatan, makanan Lovebird, pemasteran Lovebird, pemberian jamu Lovebird, hingga terapi Lovebird. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar burung ngekek panjang pada saat lomba.

Jenis Kelamin Lovebird

Sebenarnya tidak ada aturan pasti tentang jenis kelamin Lovebird. Artinya, kamu bisa memilih Lovebird jantan atau betina untuk mengikuti suatu lomba. Namun, ternyata dari berbagai pengalaman yang sudah terjadi banyak sekali kicau mania yang lebih condong memilih Lovebird berkelamin betina. Alasannya karena Lovebird betina tidak mudah over birahi, tenang, dan tidak mudah terpancing emosi saat melihat lawan.

Lovebird betina lebih fokus ngekek panjang daripada memperhatikan lingkungan sekitar. Sementara Lovebird jantan mudah terpengaruh dengan lawan dan akhirnya over birahi. Kendati demikian antara Lovebird jantan dan betina sebenarnya sama saja tergantung pola perawatannya sehari-hari dan perawatan khusus lomba.

Masteran Lovebird

Perawatan selanjutnya agar Lovebird cepat rajin ngekek panjang yaitu dengan melakukan pemasteran. Ada beberapa jenis burung yang bagus untuk memaster Lovebird di antaranya burung Cililin, burung Kenari, burung Tengkek Buto, burung Cucak Jenggot, burung Ciblek, serta Belalang Kecek.

Cara memaster Lovebird yang benar ternyata cukup mudah yaitu Lovebird di master saat usianya masih muda atau paud. Hal ini akan memudahkan Lovebird mengingat suara isian burung masteran.

Jika kamu tidak mempunyai burung-burung untuk masteran Lovebird, kamu dapat menggunakan aplikasi suara burung atau mendownload suara burung masteran Lovebird dari internet. Kalau masih susah mendapatkan masteran Lovebird kamu bisa mencarinya di YouTube.

Pemasteran dapat dilakukan setiap hari mulai dari siang serta malam hari. Untuk waktu lamanya proses pemasteran, semua tergantung dari masing-masing serta seberapa cepat Lovebird tersebut mengingat suara isian burung masteran.

Waktu terbaik untuk memaster Lovebird yaitu saat burung sedang mabung. Pasalnya, Lovebird mabung cenderung diam dan fokus mendengarkan suara isian burung lainnya. Sehingga suara masteran Lovebird lebih cepat masuk ke dalam memori dan mudah diingat.

Baca juga : Cara Memaster Lovebird Paud dan Jenis Masteran Lovebird

Menstabilkan Birahi Lovebird

lovebird ngekek panjang
(Shutterstock)

Cara menstabilkan birahi Lovebird cukup banyak seperti menggunakan untulan atau pasangan, mandi rutin, hingga pemberian mentimun. Namun, di antara cara tersebut biasanya yang paling berhasil adalah untulan. Mengapa bisa demikian?

Ini karena Lovebird yang over birahi sebenarnya membutuhkan burung lain untuk menyalurkan nafsunya. Begitu nafsu Lovebird tersalurkan maka birahinya stabil lagi. Oleh sebab itu, carikan Lovebird pasangan yang cocok agar Lovebird tidak over birahi lagi.

Nantinya, perawatan Lovebird untulan cuma didekatkan dengan pasangannya ke manapun Lovebird tersebut pergi, maka harus didampingi dengan untulannya. Lovebird untulan baru dipisah ketika Lovebird utama mau naik ke gantangan. Setelah itu, Lovebird dijadikan satu dengan untulang. Lovebird juga harus sering berada satu kandang dengan untulan.

Baca juga : Cara Mengatur Birahi Lovebird Untuk Lomba

Racikan Jamu 

Untuk membuat burung ngekek panjang, kamu dapat menggunakan jamu Lovebird yang sudah terkenal dan terbukti khasiatnya. Jamu ini dinamakan JTJ singkatan dari Jamu Tetes Joss. Jamu tetes jos untuk Lovebird dipopulerkan oleh Park Su Lek Di. Bahan utamanya cuma pepaya mentah, jahe, kunyit, bawang putih, dan madu secukupnya.

Baca juga : Manfaat Sawi Putih Untuk Lovebird

Bahan-bahan jamu tetes jos:

  • Siapkan pepaya mentah atau setengah matang secukupnya.
  • Jahe 3-5 ukuran jempol kaki.
  • Kunyit cukup seruas jari saja.
  • Bawang putih cukup segerombol.
  • Madu secukupnya.

Cara membuat jamu Lovebird:

  1. Buah pepaya yang masih mentah diparut sampai halus.
  2. Kemudian pepaya yang sudah halus diperas menggunakan kain tipis dan diambil sarinya setengah gelas.
  3. Anda harus menggunakan pepaya mentah kalau memakai pepaya matang maka bisa menjadi jelly.
  4. Bawang putih, jahe, dan kunyit juga diparut menjadi satu.
  5. Hasil parutan ketiga bahan tadi diperas menggunakan kain tipis dan diambil sarinya saja.
  6. Lalu campurkan sari pepaya dan 3 jamu tradisional menjadi satu, jangan lupa tambahkan madu 1 sendok makan.
  7. Jamu tetes jos sudah siap dinikmati dan pasti akan membuat burung ngekek panjang.

Terapi Bambu Untuk Lovebird

Sebagian orang pasti sudah mendengar terapi bambu gila. Terapi Lovebird ini dipopulerkan oleh Ali DAC. Apa yang membuat bambu gila dapat menjadikan Lovebird rajin ngekek panjang? Ternyata alasannya karena bambu yang ditempatkan di dalam sangkar Lovebird dapat membuat Lovebird merasa nyaman sehingga Lovebird mau rajin ngekek panjang.

Logikanya seperti ini, bambu mempunyai suhu yang sejuk di dalamnya dan di dalam bambu seperti ada suara mendengung yang kemungkinan membuat Lovebird merasa nyaman. Jadi burung Lovebird yang awalnya cuma ngekek pendek 2 detik akan bertambah menjadi 1 menit atau lebih.

Baca juga: Terapi Bambu Gila Lovebird Untuk Menambah Durasi Ngekek

Cara Membuat Bambu Untuk Terapi Lovebird 

Bambu dipotong sekitar seukuran jengkal orang dewasa, tidak terlalu panjang atau terlalu pendek yang penting bisa masuk ke sangkar Lovebird. Jangan lupa berikan lubang kecil seukuran ruas jari di ujung satunya untuk ventilasi udara.

Sehingga bambu gila ini mempunyai dua lubang, pertama lubang yang besar dan satunya lagi lubang yang kecil. Ini kemungkinan untuk membuat bambu gila mempunyai suara yang mendengung dan juga sebagai ventilasi udara.

Baca juga : Terapi Bambu Gila Lovebird Untuk Menambah Durasi Ngekek

Makanan Burung Lovebird 

lovebird ngekek panjang
(Shutterstock)

Jenis makanan Lovebird ternyata sangat bervariasi. Nah agar bisa ngekek panjang, kamu dapat memberi makanan sebagai berikut.

  • Milet putih
  • Gabah beras merah
  • Canary seed
  • Biji bunga matahari
  • Kuaci
  • Biji haver
  • Jagung muda
  • Jagung manis
  • Tulang sotong
  • Cangkang telur ayam
  • Telur rebus
  • Juwawut
  • Apel merah
  • Anggur merah
  • Pepaya
  • Ginseng Jawa
  • Kangkung
  • Sawi
  • Sayuran pakcoy
  • Wortel
  • Kecambah
  • Daun krokot
  • Peterseli
  • Binahong
  • Daun dewa
  • Dandelion
  • Kemangi
  • Daun mengkudu
  • Bayam
  • Bawang putih tunggal
  • Jahe
  • Gambas

Baca juga : Racikan Pakan Lovebird Konslet Ngekek Panjang

Selama ini mungkin Lovebird yang ngekek panjang masih dipercaya hanya berasal dari keturunan saja. Namun, sebenarnya dengan perawatan dan pemberian racikan pakan Lovebird, maka jenis Lovebird apapun bisa rajin ngekek panjang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara membuat Lovebird ngekek panjang, baik di rumah maupun di lomba.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Serpong Natura City di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel