BlogLifestyleGadget12 Cara Cek HP Xiaomi Asli dan Palsu Paling Akurat
0
0

12 Cara Cek HP Xiaomi Asli dan Palsu Paling Akurat

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Disfira Ika Amelia

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara cek hp xiaomi asli palsutop-right-banner

Xiaomi memang sudah dikenal oleh publik sebagai brand smartphone berkualitas yang dibanderol dengan harga murah. Banyak pengguna yang percaya dan membuktikannya. Tapi ada juga pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakannya dengan merakit handphone palsu. Agar tidak tertipu, Pins harus tahu cara cek HP Xiaomi untuk mengetahui produk asli dan palsu.

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mendapat kepastian dari keaslian produk ini. Dari pihak Xiaomi-nya sendiri sudah menyediakan fitur pengecekan yang bisa diakses dengan mudah dan cepat. Tertarik untuk mencobanya?

Kondisi Luar Handphone

kode rahasia xiaomi
Source : unsplash

Cara mengecek HP Xiaomi yang paling mudah adalah dari kondisi fisik luarnya. Pins bisa membedakannya dari bodi, layar, kamera, hingga baterainya. Produk yang asli ditengarai dengan adanya logo hingga port yang jelas.

Bodi

Cara cek HP Redmi, Mi, maupun Poco yang asli bisa dicek melalui bodinya. Pins akan mendapati tulisan merek di bagian belakang casing-nya yang tercetak dengan jelas. Jika tulisan terkesan buram, ada kemungkinan gawai tersebut merupakan produk tiruan. Selain itu, kamu juga bisa melihat dari port yang ada. Karena produk asli tidak akan ada lecet maupun tidak simetris posisinya. 

Layar

Cara tes HP Xiaomi yang bisa dicek saat dipegang adalah layar. Resolusi layar handphone yang asli adalah jernih dan detail. Pastikan layarnya tidak berwarna kekuningan karena ada kemungkinan besar layarnya palsu dan sudah diganti dengan spare part lainnya.

Kamera

Cara cek HP Xiaomi yang asli dan tidak bisa dibedakan pada kamera. Produk yang asli akan menghasilkan foto dan video yang jernih sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Jika hasil kamera buram, bagian kamera tidak presisi, dan goyang, ada kemungkinan produk tersebut palsu.

Baca juga: 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Baterai

Produk Xiaomi yang asli bisa dicek dari baterainya. Pins bisa membuka case bagian belakangnya dan mendapati baterai berwarna gold dengan hologram dan barcode tertentu. Kamu patut curiga akan barang palsu jika spesifikasi ini tidak ditemui pada bagian baterainya.

Software

cara cek hp redmi asli palsu
Source : unsplash

Setelah dicek dari bagian luarnya, Pins perlu melanjutkan cara cek HP Xiaomi dengan mengoperasikannya untuk mengetahui lebih banyak tentang software-nya. Kamu bisa menjajal beberapa cara ini untuk mengetahui sistem operasi MIUI, fitur recovery, hingga factory reset-nya.

Kode Rahasia

Kode rahasia Xiaomi wajib dimasukkan ketika Pins sudah bisa membuka kuncinya. Pins bisa memasukkan melakukan panggilan ke kode ##64663##. Dari puluhan opsi yang akan muncul di layar, paling tidak kamu wajib mengecek sensitivitas layar, speaker, vibrate, hingga SIM card-nya.  Jika ada yang error, tanyakan kepada penjualnya. Namun jika hampir seluruhnya error, bisa jadi memang itu adalah produk palsu.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP Xiaomi 2 Jutaan

MIUI

Setelah mengubek-ubek kode cek Xiaomi, Pins bisa melanjutkan dengan melihat MIUI. Seperti yang sudah diketahui, Xiaomi memang punya sistem operasi sendiri yakni MIUI. OS yang asli akan menginformasikan update secara berkala. Cek dengan masuk ke menu pengaturan dan ke About. Jika ada tulisan Beta di MIUI, produk itu tidak asli.

Mi Recovery

Barometer sebuah produk Xiaomi asli atau palsu bisa dicek dari Mi Recovery. Produk yang asli akan muncul opsi pilihan bahasa setelah dipencet volume up dan power secara dalam waktu bersamaan. Jika opsi itu tidak muncul, besar kemungkinan gawainya palsu.

Factory Reset

Mengecek keaslian gawai Xiaomi bisa didapatkan dengan mengakses Factory Reset. Di situ disebutkan tentang informasi seri dan tipenya. Jika info ini tidak muncul, besar kemungkinan gawainya palsu. 

Baca juga: 12 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Yang Patut Diketahui

Verifikasi

cara tes hp xiaomi
Source : unsplash

Cara cek HP Xiaomi bisa dilakukan dengan melakukan langkah verifikasi. Misalnya saja dari serial number dan IMEI. Pins bisa melakukan otentikasi di situs resmi Xiaomi di mana data yang disajikan adalah asli.

Serial Number

Nomer serial bisa didapatkan dari box handphone sekaligus About di menu pengaturan Xiaomi. Kamu perlu melihat dengan seksama apakah angka yang terdapat di sana sama. Jika ada yang berbeda, tentu kamu bisa lebih mempercayai data yang ada di About.

Nomer IMEI

Selain serial number, IMEI merupakan patokan yang wajib diketahui. Cara cek HP Xiaomi adalah dengan melihat info di box. Selain itu, kamu juga bisa memanggil dial code *606#. Langkah selanjutnya, buka situs Xiaomi untuk memastikan IMEI benar-benar sudah terdaftar. Tinggal akses halaman https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.

Situs IMEI

Selain mengecek ke situs Xiaomi, pastikan untuk mengecek ke situs resmi IMEI. Masukkan nomor IMEI dan keterangan terdaftar atau tidak bisa muncul segera.

Product Authentication

Selain IMEI, situs resmi Xiaomi juga bisa mengecek otentikasi produk atau product authentication. Pins tinggal memasukkan kode keamanan 20 digit dan captcha. Setelah itu akan muncul keaslian produk yang kamu beli.

Langkah yang perlu dilewati dalam cara cek HP Xiaomi terbilang singkat. Alternatif yang bisa dicoba juga beragam. Supaya bisa memastikan secara menyeluruh, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu dan mengecek setiap aspeknya satu per satu, Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Green Baraka Townhouse dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Sumber foto featured image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download