Cara Belajar Bahasa Inggris dengan cepat untuk pemula

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ November 17, 2022 ∙ 7 menit membaca

Sejarah Negara Com – Bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan mudah? Bahasa Inggris menempati posisi sebagai bahasa primer di hampir semua negara di dunia. Tuntutan untuk bisa berbahasa Inggris tak hanya untuk mereka yang bekerja di instansi atau perusahaan asing namun juga di semua lini kehidupan dan golongan. Itulah mengapa setiap orang merasa perlu belajar bahasa Inggris.

Baca Juga:

Kendala Belajar Bahasa Inggris

Sebelum lebih jauh membahas cara belajar bahasa Inggris dengan mudah, perlu kita ketahui faktor-faktor apa yang menjadi penghambat seseorang dalam mempelajari bahasa Inggris. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

1. Malu atau Takut Salah

Inilah alasan yang paling banyak kita miliki ketika belajar bahasa Inggris. Takut dan malu kalau salah baik lisan maupun tulisan. Takut ditertawakan dan dijadikan bahan olokan. Maka, cara aman yang paling banyak dipilih adalah diam dan menghindar.

Sadarilah, bahwa bahasa ibu kita bukanlah bahasa Inggris. Jadi, adalah wajar sebenarnya bila kita kurang memahami atau agak sedikit sulit dalam belajar bahasa Inggris. Namun, tak seharusnya kita menyerah. Santai saja. Namanya juga belajar, jadi kalau salah atau tidak tepat itu wajar.

2. Merasa Sulit

Tulisannya begini, bacanya begitu. Katanya, salah satu kendala dalam belajar bahasa Inggris juga karena ucapan tak sesuai dengan tulisan. Contoh mudahnya saja “you” bukan dibaca “yo-u” melainkan “yu”.

Pendapat “merasa sulit” itu yang biasanya menjadi penghalang bagi siapa pun yang ingin mempelajari sesuatu termasuk bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan mudah? Bagaimana mungkin, tulisannya aja tidak sama dengan pengucapannya. Begitu katanya.

3. Putus Asa

“Sudah tua, sudah terlambat bila ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah!” Alasan umur juga menjadi dalih mengapa banyak di antara kita yang enggan belajar bahasa Inggris.

“Kan malu sama yang muda kalau belajarnya bareng-bareng!”

“Malu sama anak TK, masak belajar dari awal!”

Sekolah memang dibatasi, namun belajar tidak pernah dibatasi. Siapa pun kita, bila memang ingin menguasai suatu ilmu, tak peduli berapa pun usia kita, “terjang” saja dan tak usah pedulikan ucapan orang. Tak ada yang bila bila belajar hal-hal yang baik itu dosa, termasuk belajar bahasa Inggris.

Baca juga:

Tips Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Selanjutnya adalah bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan mudah?

1. Bermain Game

Baik game online maupun tidak, bahasa yang dipergunakan biasanya adalah bahasa Inggris. Bila kita pecinta game, kenapa tidak menjadikan game sebagai sarana untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Cara ini dirasa sangat efektif karena bila kita mempelajari sesuatu yang kita sukai tak ada istilah tertekan apalagi bosan.

Coba cermati, dalam percakapan tokoh-tokoh yang ada pada game tersebut terdapat berapa kosakata, idiom, dan berapa bentuk tenses. Beberapa games yang bisa dipergunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah misalnya: Travian, Ragnarok, Harvest Moon, Final Fantasy, Pokemon, dll.

2. Nonton Film

Suka nonton film barat? Bila iya, jadikan juga sebagai ajang untuk berlatih bahasa Inggris, paling tidak kosakata dan idiom. Jangan menggunakan subtitle bahasa Indonesia agar efektif, namun bahasa Inggris saja.

Tidak mengerti? Paksakan saja. Bisa juga dengan membawa kamus. Bila sudah terbiasa dengan subtitle bahasa Inggris, lalu lanjutkan tanpa subtitle.

Apakah kira-kira kita mengerti dengan apa yang dibicarakan oleh tokoh-tokoh dalam film tersebut? Bila awalnya kita belajar kosakata, idiom, dan juga bagaimana cara pengucapan. Maka, nonton film Barat tanpa subtitle bisa melatih pendengaran kita dengan percakapan bahasa Inggris yang cepat.

Mungkin awalnya kita tidak akan mengerti, paksakan saja, lama-lama kita akan terbiasa. Belajar bahasa Inggris dengan mudah melalui film? Mengapa tidak.

3. Membaca Buku

Cara belajar bahasa Inggris dengan mudah selanjutnya adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris seperti novel, cerpen, koran, buku nonfiksi, atau apa pun itu yang berbahasa Inggris.

4. Percakapan Langsung

Lebih cepat menguasai yang mana kira-kira, seseorang yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah dan murah dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-hari atau seseorang yang les di tempat bergengsi dan hanya menggunakan bahasa Inggris seminggu sekali saat ia les saja. Learning by doing. Tidaklah mungkin bila kita ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah tapi kita sendiri jarang memakai bahasa Inggris dalam kehidupan kita.

5. Membuat Tulisan Berbahasa Inggris

Selain kemampuan oral berbahasa Inggris, kemampuan untuk menulis bahasa Inggris dengan baik dan tepat juga diperlukan pada masa sekarang ini. Bisa dikatakan, kemampuan berbahasa Inggris aktif dan pasif adalah syarat wajib untuk memenangkan pertandingan di era global.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk terbiasa menulis dalam bahasa Inggris yaitu dengan bantuan media-media berikut ini.

  • Buku Harian. Biasakan untuk menulis catatan kecil, boleh di HP atau buku, dengan menggunakan bahasa Inggris. Tak perlu banyak-banyak, buat saja seperti status di FB atau Twitter. Lihat apa yang terjadi setahun kemudian. Kita akan tercengang karena tulisan bahasa Inggris kita sudah terkumpul banyak.
  • Blog. Bila kita seorang blogger, mengapa tidak memposting tulisan dalam bahasa Inggris? Terlebih pada blog di media tertentu, menulis dalam bahasa Inggris bisa mendapatkan peluang untuk meraup keuntungan. Jadi, selain bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah, kita juga belajar untuk mengais rezeki.
  • Artikel. Bergabung menjadi penulis SEO bahasa Inggris dengan tugas membuat artikel bahasa Inggris sejumlah tertentu setiap hari bisa juga dijadikan sarana untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah.
  • Cerpen, novel, dan buku nonfiksi. Bagaimana bila kita juga merancang dan membuat cerpen, novel, atau buku-buku nonfiksi dalam bahasa Inggris? Sembari membuat karya-karya tersebut, kita dapat belajar bahasa Inggris yang benar.

6. Menggunakan Bahasa Inggris untuk Semua Situs Jejaring Sosial

Tak bisa dipungkiri bila mungkin situs jejaring sosial adalah “rumah” maya yang paling sering kita datangi. Dalam situs jejaring sosial tersebut, biasanya kita disuruh memilih bahasa apa yang akan kita pergunakan.

Demi kelancaran belajar bahasa Inggris dengan mudah, pilih saja bahasa Inggris. Semua perintah yang ada pada situs jejaring sosial tersebut akan disediakan dalam bahasa Inggris dan bukan bahasa Indonesia lagi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

1. Jangan Takut Salah atau Malu

Ada sebuah kisah yang mungkin bisa kita petik pelajaran. Seorang istri dengan terpaksa harus mengikuti suaminya untuk tinggal di Aussie. Sebenarnya dia senang bisa tinggal di luar negeri. Yang menjadi masalah adalah, dia tak bisa bahasa Inggris. Bilapun bisa, hanya kalimat-kalimat sederhana saja yang mungkin anak TK juga bisa mengucapkannya.

Bermodal nekat, akhirnya istri tersebut bersedia untuk tinggal di Aussie. Setelah kurang lebih lima tahun tinggal di sana, dia kembali ke Indonesia bersama sang suami. Apa yang terjadi? Dari yang awalnya sama sekali tidak bisa, sang istri tersebut berubah menjadi sosok yang cas cis cus berbahasa Inggris.

Dia menceritakan, awalnya dia selalu menjadi bahan olokan dan sama sekali tak mengerti dengan apa yang orang lain bicarakan. Namun, ia sadar, terus bersembunyi di balik rasa takut dan malu tak akan membuatnya menjadi pintar. Akhirnya ia pun nekad dan hasilnya ia pandai berbahasa Inggris pada akhirnya.

2. Belajar Sejak Dini

Kata pepatah, “Belajar sejak dini ibarat menulis di atas batu, sedangkan belajar di saat tua ibarat menulis di atas air.” Artinya, semakin dini belajar bahasa Inggris, maka akan semakin bagus. Bila sudah terlanjur belum sempat belajar bahasa Inggris ketika masih kecil, maka terus saja belajar, tak ada kata terlambat walau sedikit susah.

3. Bergabung dengan Forum

Bergabung dengan komunitas, grup, atau forum yang sama-sama belajar bahasa Inggris akan melancarkan kita untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Bagaimana? Masih beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit?


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Kronjo Regency di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia