Pinhome

Tips Properti

Cara Ampuh Mengatasi Rumah Lembab

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ruangan yang lembab tentu akan membuat penghuni rumah enggan untuk berlama-lama tinggal di dalam rumah. Ruangan yang lembab disebabkan karena tidak adanya sikulasi udara yang terjadi di dalam ruangan tersebut. Kondisi ruangan akan menjadi mudah lembab dan menyebabkan udara di dalam rumah bertambah kandungan airnya.

Atap yang bocor dan penampungan air yang tidak cukup banyak akan menjadi salah satu penyebab rumah Anda menjadi lembab. Karena hal tersebut dapat membuat banyaknya air yang menyerap di dinding rumah dan menyebabkan ruangan Anda menjadi ditumbuhi jamur. Tumbuhnya jamur pada dinding rumah akan membuat rumah terlihat lebih kotor dan tidak menarik. Kondisi sepertu ini akan membuat Anda mudah untuk terkena berbagai penyakit.

rumah lembab

Apabila dibiarkan, maka jamur akan berkembang biak dan akan merusak benda yang ada di sekitar ruangan tersebut. Berikut berbagai cara mengatasi rumah lembab, antara lain :

Memperbaiki sumber kelembaban

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki sumber kelembaban, karena Anda harus mengetahui titik permasalahan yang menyebabkan ruangan menjadi lembab dan berjamur. Apakah kelembaban disebabkan karena adanya kebocoran atau karena adanya sirkulasi udara yang tidak cukup baik. Dengan mengetahui berbagai sumber permasalahannya, maka Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan pada tembok dan plafon yang sudah diperbaiki sehingga ruangan tidak menjadi lembab dan juga berjamur.

Memasang exhaust fan

Exhaust Fan merupakan salah satu alat untuk membawa udara dari dalam ruangan ke luar ruangan. Hal itu dapat membantu Anda dalam hal sirkulasi udara walaupun ruangan dalam rumah tidak memiliki ventilasi, bukan hanya itu alat ini juga dapat mengurangi kandungan air di dalam ruangan tersebut.

Memakai kapur serap

Kapur serap berfungsi untuk menyerap kandungan air di dalam dinding rumah. Hal itu cukup dilakukan dengan menyimpan kapur serap di ruangan yang lembab, maka kapur serap akan bertugas untuk menyerap kandungan air yang terdapat di dalam ruangan tersebut. Sistem kerja kapur serap berfungsi menyerap kadar air yang ada di dalam udara. Kapur serap air harus selalu diganti dalam kurun waktu tertentu sebab di dalamnya terkandung sejumlah air yang telah diserap.

Menggunakan dehumidifier

Dehumidifier dapat membantu Anda untuk mengubah udara lembap menjadi udara yang dingin. Ruangan yang lembab selain dapat mengganggu masalah kesehatan, juga akan dapat membuat ruangan menjadi berbau tidak sedap. Dengan menggunakan alat ini, maka Anda bisa merasakan udara lembab tersebut diubah menjadi udara dengan suhu yang dingin. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan AC untuk mendinginkan rumah.

Ruangan yang lembab tentu saja akan membuat penghuninya menjadi tidak nyaman, selain itu juga dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi kelembaban di dalam ruangan rumah.

Tags :

Bagikan Artikel