Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bagaimana Cara Agar Doa Cepat Terkabul? Temukan Jawabannya Di Sini

Bagaimana Cara Agar Doa Cepat Terkabul? Temukan Jawabannya Di Sini

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Doa merupakan salah satu bentuk upaya untuk memohon perlindungan, keselamatan, serta keberkahan dari Allah SWT. Namun kapan doa dikabulkan hanyalah rahasia Allah semata. Untuk itu, kita hanya bisa bersabar dan terus bertawakal agar doa tersebut didengar dan segera dikabulkan oleh Allah SWT. Namun, ada lho cara agar doa cepat terkabul!

Pinhome – Ya terdapat beberapa cara agar doa cepat terkabul. Namun cara tersebut harus dibarengi dengan doa-doa mustajab supaya Allah SWT benar-benar segera menjawabnya. Di bawah ini diulas bagaimana cara agar doa dikabulkan segera. Berikut uraian singkatnya. 

Perintah untuk berdoa kepada Allah SWT

cara agar doa cepat terkabul
(Merdeka. com)

Pada hakikatnya doa merupakan permintaan seorang hamba kepada Tuhannya. Dalam agama Islam sendiri, doa menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Maka dari itu, Allah SWT mencintai hamba-Nya yang berdoa kepada-Nya. 

Hal ini sesuai dengan bacaan dalam surah Al-Mu’min ayat 60. Berikut bacaanya: 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Doa-doa mustajab

Mengutip dari berbagai sumber, ada doa-doa mustajab yang dapat dibaca supaya keinginan cepat terkabul. Berikut ini adalah doa-doa mustajab tersebut: 

Surah Al-Fatihah

Membaca Al-Fatihah merupakan salah satu bentuk keimanan yang diapresiasi oleh Allah SWT. Sebab, dalam potongan surah tersebut terdapat ayat yang menunjukkan bahwa kita hanya meminta pertolongan kepada-Nya. 

Berikut bunyi dari potongan surah tersebut:

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ 

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Jika ingin lebih mustajab, Pins juga dapat melafalkan surah Al-Ikhlas untuk penumpang surah ini. Sebab, surah Al-Ikhlas memiliki kekuatan besar dalam mengabulkan hajat. 

Ayat kursi

Ayat kursi ada pada surah Al-Baqarah ayat 225. Ayat ini menjadi salah satu surah yang istimewa karena dapat membuat doamu lekas diijabah. Dengan membaca doa ini dengan khidmat, niscaya Allah SWT akan segera membukakan pintu pertolongan.

Surah Al-Baqarah 

Ada satu doa mustajab yang dapat dibaca saat Pins mulai resah dan cemas. Berikut bacaannya: 

َبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.”  – QS. Al‐Baqarah ayat 201.

Selain ayat tersebut, ada pula ayat lain di surah Al-Baqarah yang dapat kamu baca. Tepatnya pada ayat 127-128. Isi dari ayat ini yakni memohon agar diberi kesalehan. Berikut bacaanya: 

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Ya Allah, terimalah bakti kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.  Ya Allah, jadikan kami berdua orang yang taat pada‐Mu, dan jadikanlah keturunan kami umat yang patuh pada‐Mu. Tunjukkan tata cara dan tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Kau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Surah yasin 

Surah yasin merupakan jantung dari Al-quran. Sebab, surah ini memiliki banyak keistimewaan seperti diampuni dosanya, dibuat bersih hatinya, dan diiijab doanya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” 

Selain keempat surah tersebut, kamu pun dapat membaca bacaan tasbih, shalawat nabi, asmaul husna, dan istigfar agar doa yang dipanjatkan terkabul.

Baca Juga: Baca Ini Sebagai Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Yang Mujarab

Cara agar doa terkabul segera

cara agar doa cepat terkabul
(Inews)

Guna memperkuat doa-doa mustajab, lakukan pula beberapa hal berikut agar doa cepat terkabul:

Berdoa dengan khusyuk 

Saat berdoa sebaiknya dilakukan dengan khusyuk, ikhlas, dan rendah hati. Pasalnya, saat kita khusyuk, berarti hati dan pikiran hanya berfokus kepada Allah SWT. 

Melalui surah Al-Ahzab ayat 35 Allah SWT menjanjikan pahala bagi umatnya yang berdoa dengan khusyuk. Berikut arti dari surah tersebut: 

“Sesungguhnya, laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Kiblat merupakan arah baik yang mesti dilakukan setiap umat muslim tiap berdoa. Hal ini sesuai dengan beberapa riwayat yang menyebut bahwa Rasulullah SAW dalam beberapa kesempatan menghadap ke kiblat untuk berdoa. Namun hal ini bukanlah suatu keharusan, hanya anjuran semata. 

Dalam doanya, Rasulullah SAW pun senantiasa mengangkat tangannya. Untuk itu, umat muslim disunahkan menirunya agar sesuai dengan tindakan beliau.

Berdoa di waktu mustajab

Selain doa-doa mustajab terdapat pula waktu mustajab yang dianjurkan untuk berdoa. Waktu tersebut cukup bervariasi, seperti pada sujud terakhir salat dan hari Jumat. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda seperti berikut: 

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” – HR Muslim.

Demikian beberapa cara agar doa terkabul dengan cepat. Selain membaca doa-doa mustajad, Pins juga dapat melakukan amalan lain yang menjadi penompang doanya. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel