Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Agar Burung Merpati Mau Menghuni Rumah Tinggal

Hobi

Cara Agar Burung Merpati Mau Menghuni Rumah Tinggal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kali ini kita berikan rahasia cara agar burung merpati mau menghuni rumah tinggal, ya.. rumah menyenangkan bisa jadi akan dipengaruhi oleh keberadaan merpati yang turut serta dalam menempati tempat tinggal kita, apalagi yang punya hobi burung, sungguh membahagiakan ketika melihat banyak burung dara terbang tinggi berputar-putar dilangit kemudian kembali lagi ke atap rumah, dari segi ekonomi juga dapat memberikan tambahan pundi-pundi penghasilan, mengingat kecepatan burung merpati dalam berkembang biak serta harga jualnya juga tergolong tinggi, o.k beginilah rahasianya

Cara agar burung merpati mau menghuni rumah tinggal

1. Membuat sangkar merpati (gupon), bisa berbentuk kotak ukuran 20cm x 40 cm x 20cm lengkap dengan lubang keluar masuk, kita tempelkan pada dinding atau atap, pastikan sangkar terlindung dari hujan dan panas matahari, tujuanya agar merpati merasa nyaman dan sangkar tidak cepat rusak.

rumah merpati

2. Siapkan sepasang merpati jantan dan betina yang akan dipelihara di rumah, pastikan sepasang dan sudah berjodoh, karena jika belum jodoh dikhawatirkan akan pergi untuk mencari pasanganya. cara penjodohanya juga cukup mudah, yaitu dengan mengumpulkanya dalam satu sangkar selama beberapa minggu, atau kalau ingin cepat bisa mengurungnya berdua ditempat gelap dalam waktu 3 hari atau sampai benar-benar berjodoh.

sepasang merpati jodoh

3. Melakukan penetralan pada merpati, tujuanya agar melupakan rumah yang lama dan mau menghuni rumah baru, caranya dengan mengurungnya berdua ditempat gelap selama 3-14 hari.

kurungan merpati

4. selanjutnya menjelang malam hari, kira-kira jam 20.00 masukan sepasang merpati yang sudah diterapi tersebut kedalam sangkarnya.

5. Pagi harinya burung merpati akan mencoba mengenali rumah baru beserta lingkunganya, siapkan makanan dan minumkan kesukaanya agar ia merasa betah, kalau kita berhasil maka pada sore harinya merpati akan kembali kedalam rumah yang sudah kita sediakan, jangan lupa menyertai usaha diatas dengan doa kepada Tuhan yang maha mengatur alam semesta.

merpati menghuni rumah

Pastikan menjalani beberapa langkah merumahkan burung merpati diatas dengan hati yang penuh kasih sayang, karena kalau kita kasar maka merpati akan berpotensi merasa takut dan kabur mencari majikan yang lebih menyayangi dengan sepenuh hati, selamat mencoba semoga berhasil 🙂

Tags :

Bagikan Artikel