Pinhome

Uncategorized

Cara agar Burung Cucak Ijo Cepat Ngeplong

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara agar Burung Cucak Ijo Cepat Ngeplong memang memerlukan perhatian yang telaten serta sentuhan berbeda dalam perawatannya. Ada beberapa perawatan burung cucak ijo agar bunyinya ngeplong. Perawatan yang dilakukan tidak perlu rumit namun dapat dilakukan secara sederhana namun teratur.

Perlu diperhatikan bahwa cara agar burung cucak ijo cepat ngeplong dapat diketahui di artikel ini. Burung cucak ijo juga bukan merupakan jenis burung petarung. Karena itu ada hal-hal yang perlu dilakukan agar burung memiliki bunyi ngeplong.

Cara agar Burung Cucak Ijo Cepat Ngeplong

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar burung cucak ijo cepat ngeplong.

Dikerodong

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan yaitu pemberian kerodong pada sangkar burung. Ketika malam hari sebaiknya burung cucak ijo dimasukkan ke dalam rumah dan dikerodong agar dapat beristirahat dengan nyaman serta tenang.

Burung yang satu ini merupakan jenis burung yang gemar tidur. Sehingga sebaiknya sebelum wakt maghrib burung dimasukkan ke dalam rumah. Memasukkan burung ke dalam lebih awal akan lebih baik supaya dapat memilikienergi yang cukup untuk berkicau esok harinya.

Disemprot

Selain dikerodong, burung cucak ijo juga perlu dimandikan. Cara memandikan burung dapat dilakukan dengan menyemprot atau dengan memberikan wadah kecil untuk mandi sendiri. Memandikan burung dapat dilakukan sekitar jam 7 atau jam 8 pagi tergantung cuaca.

Apabila cuaca bagus jangan lupa untuk melakukan penjemuran pada burung. Penjemuran dapat dilakukan kurang lebih selama 1 jam. Penjemuran dapat dilakukan lebih lama lagi tergantung cuaca. Setelah dijemur burung dapat diangin-anginkan.

Pemberian pakan

Agar suara burung cepat ngeplong dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin. Makanan yang mengandung vitamin dapat berupa buah seperti pisang, apel, maupun pepaya.

Jangan lupa juga memberikan extra fooding misalnya saja seperti jangkrik, ulat, maupun kroto secara teratur.

Pemasteran

Sangat penting untuk melakukan pemasteran pada burung agar cepat ngeplong. Pemasteran dilakukan ketika burung dalam keadaan dikrodong. Pemasteran suara burung secara langsung maupun menggunakan mp3 dapat dilakukan. Burung yang dapat dijadikan master misalnya suara burung love bird, jalak suren, kenari, diblek, dan sebagainya.

Membuat suasana nyaman

Sangat penting untuk membuat burung merasa nyaman dengan suasana disekitarnya. Karena itu buatlah burung tidak merasa terganggu dengan adanya binatang pemangsa yang dapat mengganggu seperti kucing maupun tikus. Sebab sering adanya gangguan seperti kucing serta tikus secara tidak langsung dapat berpengaruh pada kualitas suara burung cucak ijo sehingga tidak ngeplong.

Mengetahui Cara agar Burung Cucak Ijo Cepat Ngeplong

Dengan mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan agar burung cucak ijo dapat cepat ngeplong seperti yang telah disebutkan di atas maka kita tidak usah ragu untuk mencobanya. Sebab dengan cara perawatan yang benar, menjaga kebersihannya, memperhatikan sangkarnya serta membuat burung merasa nyaman dapat menjadi sebab yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas suara.

Selain ada cara untuk membuat burung cepat ngeplong seperti yang disebutkan di atas, ada juga hal yang dapat menyebabkan burung tidak bisa ngeplong, diantaranya yaitu burung mengalami malnutrisi, adanya gangguan mabung, atau karena kurangnya birahi.

Bisa juga karena burung terlalu manja atau karena burung tidak pernah dipancing untuk ngeplong. Demikian beberapa informasi tentang beberapa cara agar burung cucak ijo cepat ngeplong  semoga dapat bermanfaat.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel