Burung Trucukan yang Sudah Jadi

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 14 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Memiliki burung trucukan yang sudah jadi dapat mempunyai suara yang merdu dan nilai jual yang tinggi. Tentunya kita menginginkan burung trucukan yang kita pelihara memiliki suara yang merdu sehingga enak didengarkan.

Burung trucukan yang sudah jadi merupakan golongan burung yang harganya tidak terlalu mahal. Tetapi ada keistimewaan tersendiri bagi para pecinta burung. Keistimewaan tersebut yaitu suaranya yang merdu dan juga indah.

Burung Trucukan yang Sudah Jadi

Untuk mendapatkan burung trucukan yang sudah jadi kita harus melalui proses pemeliharaan dan juga perawatan. Hal-hal yang perlu dilakukan sebagai berikut.

Pemilihan jenis kelamin

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu pemilihan jenis kelamin. Burung yang rajin berkicau biasanya memiliki jenis kelamin jantan. Selain itu burung yang berjenis kelamin jantan memiliki suara yang lebih merdu dan indah.

Dimandikan

Tidak hanya manusia saja yang harus rajin mandi. Untuk mendapatkan burung trucukan yang nantinya menjadi burung yang rajin berkicau haruslah dimandikan secara teratur. Tidak harus setiap hari tetapi dapat disesuaikan dengan cuaca yang ada. Cara memandikannya dapat dilakukan dengan cara menggunakan spray.

Penjemuran

Yang selanjutnya yaitu dengan melakukan penjemuran pada burung trucukan. Lakukanlah penjemuran selama kurng lebih satu jam atau disesuaikan dengan cuaca. Jika cuaca sedang cerah sebaiknya dilakukan penjemuran dengan waktu kurang lebih satu jam. Sedangkan jika cuaca tidak sedang cerah dapat dilakukan lebih dari satu jam. Setelah selesai dijemur maka burung dapat diangin-anginkan.

Baca Juga: Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin Bunyi

Makanan yang cukup

Yang selanjutnya yaitu dengan menyediakan makanan yang cukup dan berkualitas. Yang terpenting yaitu memberi makanan yang mengandung vitamin, protein, serta zatyang lainnya yang dibutuhkan oleh burung.

Memberikan tambahan makanan

Hal berikutnya yaitu dengan memberikan tambahan makanan pada burung. Tambahan makanan yang diberikan dapat berupa jangkrik, ulat, atau kroto dengan jumlah atau takaran yang disesuaikan. Dapat juga ditambahkan ekstra makanan lain yang diperbolehkan.

Baca Juga: Manfaat Jangkrik untuk Burung Merpati

Pemasteran

Pemasteran suara burung dapat menggunakan mp3 suara burung atau dengan memberikan suara burung jenis lain secara langsung. Urung yang dapat dijadikan sebagai master suara misalnya burung jalak suren, jalakkebo, atau jalak yang lainnya. Burung jalak dikenal dengan suaranya yang keras .

Kenyamanan

Kenyamanan untuk burung sangat penting untuk diperhatikan. Suasana yang nyaman untuk burung misalnya yaitu tidak ada kucing disekitar sangkar burung atau hal lain yang dapat menggoda burung. Sebab suasana yang tidak nyaman akan mempengaruhi fisik dan juga psikis dari burung secara tidak langsung. Misalnya nantinya dapat mempengaruhi seni serta kualitas dari kicauan burung.

Baca Juga: Ciri-ciri murai Batu dan Jenisnya

Pentingnya Burung Trucukan yang Sudah Jadi

Bagi para pecinta burung atau yang hobi burung, trucukan yang sudah jadi selan memiliki suara yang merdu dan enak didengar juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dengan menggunakan beberapa tips di atas maka burung trucukan burung trucukan yang sudah jadi pun dapat lebih bagus serta mempunyai kualitas suara yang indah.

Tentu jika menginginkan burung trucukan yang sudah jadi kita memerlukan uang yang lebih banyak daripada melatih burung dari kecil agar dapat menjadi burung yang memiliki kualitas suara yang indah atau dengan kata lain yang sudah jadi. Demikian beberapa informasi tentang burung trucukan yang sudah jadi semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga: Cara Membedakan Trucukan Janta ndan betina

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: PinterPet

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia