Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Mengenal Jenis dan Cara Merawat Tanaman Bunga Adenium

Hobi

Mengenal Jenis dan Cara Merawat Tanaman Bunga Adenium

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 20 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Jenis tanaman sukulen bernama adenium memang tidak asing ditelinga, khususnya untuk para pecinta tanaman hias. Tanaman bunga adenium yang sering pua disebut sebagai kamboja Jepang, masuk dalam famili apocynaceae. Ciri khas tanaman ini adalah sanggup bertahan pada iklim tropis yang cenderung kering, salah satunya Indonesia.

Pinhome – Tanaman hias satu ini, mampu bertahan dari kekeringan karena mempunyai cadangan air yang merupakan salah satu sifat pula dari tanaman kaktus. Tidak hanya sampai disitu Pins, bunga Adenium terbaru yang di jual di pasaran pun sangat beragam dan menarik untuk Pins koleksi. Jenis tanaman yang tergolong besar ini bisa ditaruh dalam pot besar maupun rak tanaman. Untuk mengenal lebih jauh mengenai cara merawatnya dan juga seperti apa jenisnya. Simak yuk penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Pembawa Hoki yang Mudah Dirawat

Jenis-Jenis Bunga Adenium

Bunga Adenium Arabicum

(Reddit)

Spesies dari adenium bunga bertumpuk satu ini memang banyak dijadikan tanaman untuk bercocok tanam. Batangnya berjumlah banyak dan tumbuh langsung di bagian atas bonggol. Bila dilihat dari jauh, banyak orang mengiranya sebagai semak-semak. Padahal keindahan dari arabicum tidak kalah dari spesies adenium lainnya. Daunnya lebar dengan bunga berwarna pink merona.

Adenium Swazicum

bunga adenium
(University of Florida)

Bunga yang berasal asli dari Timur Tengah dan Afrika Selatan ini memang terkenal mempunyai asupan nutrisi yang baik. Adenium Swazicum merupakan salah satu jenis yang memiliki keunikan justru pada daunnya. Bentuknya mengerucut panjang dengan lapisan berupa lilin. Tidak kalah dengan daun warna merah muda yang cantik, daun swazicum menjuntai indah sebagai pemanis bunga. Ciri khas lainnya adalah mempunyai bongol kecil dan sering berbunga sepanjang tahun.

Bunga Adenium Somalence

(Buka Lapak)

Bonggol dari adenium bunga tumpuk jenis somalence memang cukup besar. Lihat saja penampaknnya bila dibandingkan dengan manusia. Bunga satu ini cukup mudah beradaptasi pada jenis lingkungan baru dan memiliki daya serap air yang cukup baik. Ciri khasnya cantik dengan warna merah muda, dengan jumlah ranting yang cukup banyak menghiasi tanaman ini. Bentuk daunnya mirip dengan jenis adenium lainnya runcing dengan warna hijau cantik.

Adenium Boehmianum

bunga adenium
(Wikipedia)

Bila Pins mulai putus asa karena bunga satu ini cenderung mekar dalam waktu yang relatif lama, Pins bisa memilih jenis adenium bunga tumpuk boehmianum. Memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dari jenis lainnya, bunga satu ini juga tak kalah menrik memiliki warna yang cerah. Sekilas seperti bunga melati, boehmianum memiliki warna merah muda yang cenderung putih dengan tampilan ungu muda. Bagian bawah tanaman ini juga besar seperti adenium lainnya dengan daun lebar berbulu halus.

Bunga Adenium Obesum

(Pixers)

Jenis yang umum dan dikenal masyarakat adalah obesum. Spesies satu ini merupakan bunga original adenium. Ciri-cirinya adalah memiliki batang yang cukup besar dengan bagian bawah akar menyerupai umbi-umbian. Bentuk daunnya panjang dan lonjing berwarna hijau cerah dengan bunga mekar berwarna merah muda indah. Terkenal dengan sebutan kamboja Jepang, bunga satu ini juga sering disebut sebagai bunga mawar padang pasir (dessert rose). 

Adenium Socotranum

bunga adenium
(Pinterest)

Untuk jenis spesies dengan batang cukup besar adalah socotranum. Adenium bunga tumpuk satu ini memang sangat cantik dan cukup lebat. Mampu bertahan hingga ribuan tahun, socotranum masuk dalam jenis tanaman langka yang sangat unik. Ciri-ciri dari bunga satu ini berwana merah muda bercampur putih, masuk dalam warna pastel yang lembut. Namun sayangnya bunga ini tidak memiliki daun layaknya tanaman lainnya.

Cara Merawat Bunga Adenium

Perawatan bunga adenium terbaru sebenarnya cukup mudah. Selain memang mempunyai cadangan air yang cukup, bunga satu ini terbilang jarang mekar. Namun, tenang Pins! Bila Pins ingin memiliki bunga adenium, ada beberapa cara dalam merawatnya agar cepat tumbuh dan berbunga.

Pemangkasan Secara Rutin

Ada baiknya Pins melakukan pemangkasan secara rutin dalam kurun waktu 4-6 bulan sekali. Bila sudah merawat adenium bunga tumpuk misalnya secara baik dan benar, jenis bunga satu ini bisa tumbuh setinggi 4 meter. Untuk mengetahui waktu yang tepat, Pins bisa melihat perkembangannya. Bila sampai kurun waktu yang telah Pins tentukan kuncup tidak tumbuh, segeralah untuk melakukan pemangkasan. Cara lainnya adalah pemangkasan bisa dilakukan ketika bunga menjulur panjang dan tidak proporsional bila diliht secara utuh.

Perhatikan Wadah Tempat Penyimpanan

Selanjutnya adalah memperhatikan pot atau tempat dari bunga kamboja ini tumbuh. Bila kamu ingin bunga yang artistik, Pins bisa menggunakan model pot yang dangkal. Hal ini dikarenakan akar dari bunga yang berada di bawah tidak bisa mencari makanan hingga membuatnya mencari ke atas. Inilah yang membuat tampilan bunga lebih unik. Nah, selain itu jangan lupa untuk memperhatikan media tanam. Bunga kamboja atau adenium menyukai tanah yang mampu menyerap air dengan baik atau dapat dikatakan memiliki porositas yang benar.

Pentingnya Sirkulasi Udara dan Paparan Sinar Matahari

Perhatikan sirkulasi udara dan paparan sinar matahari yang cukup. Ini pula mempengaruhi pertumbuhan dari bunga satu ini. Paling tidak bunga adenium terbaru terkena paparan sinar matahari sebanyak 4 jam setiap harinya ya!

Perhatikan Waktu Penyiraman

Untuk teknik penyiraman tanaman, sama seperti jenis tanaman lainnya. Namun yang berbeda adalah bunga adenium tidak perlu disiram setiap hari dengan intensitas air berlebih. Tanaman yang sanggup hidup di tengah kemarau ini, cukup disiram kurang lebih dua hari sekali. Bahkan disaat curah hujan sedang tinggi, Pins hanya perlu menyiramnya 3 hari sekali.

Itulah informasi singkat mengenai ragam jenis bunga adenium terbaru yang pastinya layak untuk Pins koleksi. Teknik perawatannya pun cenderung mudah dan anti ribet. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Krisan dengan Warna Indahnya yang Pastinya Menarik


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel