Bulgaria, #46 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 22, 2021 ∙ 3 menit membaca

Bulgaria menempati urutan ke-46 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negara bekas komunis yang memasuki UE pada 2007 ini, memiliki ekonomi terbuka yang secara historis menunjukkan pertumbuhan yang kuat, tetapi pendapatan per kapita tetap yang terendah di antara anggota UE dan ketergantungannya pada impor energi dan permintaan asing untuk ekspornya menjadikannya pertumbuhan sensitif terhadap kondisi pasar eksternal.

Pemerintah melakukan reformasi ekonomi struktural yang signifikan pada 1990-an untuk memindahkan ekonomi dari ekonomi terpusat dan terencana ke ekonomi yang lebih liberal, digerakkan oleh pasar.

Reformasi ini termasuk privatisasi perusahaan milik negara, liberalisasi perdagangan, dan penguatan sistem pajak – perubahan yang awalnya menyebabkan beberapa kesulitan ekonomi tetapi kemudian membantu menarik investasi, memacu pertumbuhan, dan membuat perbaikan bertahap pada kondisi kehidupan.

Dari tahun 2000 hingga 2008, Bulgaria mempertahankan pertumbuhan PDB riil tahunan yang kuat dan rata-rata lebih dari 6%, yang diikuti oleh resesi yang mendalam pada tahun 2009 ketika krisis keuangan menyebabkan permintaan domestik, ekspor, aliran masuk modal dan produksi industri berkontraksi, mendorong pemerintah untuk mengendalikan pengeluaran.

Pertumbuhan PDB riil tetap lambat, kurang dari 2% setiap tahun – hingga 2015, ketika permintaan dari negara-negara UE untuk ekspor Bulgaria, ditambah aliran masuk dana pembangunan UE, mendorong pertumbuhan lebih dari 3%.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan domestik yang kuat dikombinasikan dengan harga energi internasional yang rendah telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Bulgaria mendekati 4% dan juga telah membantu mengurangi inflasi.

Manajemen keuangan publik Bulgaria yang berhati-hati berkontribusi pada surplus anggaran pada tahun 2016 dan 2017. Bulgaria sangat bergantung pada impor energi dari Rusia, potensi kerentanan, dan merupakan peserta dalam upaya yang didukung Uni Eropa untuk mendiversifikasi pasokan gas alam regional.

Pada akhir 2016, Pemerintah Bulgaria memberikan dana kepada National Electric Company Bulgaria untuk menutup kompensasi $ 695 juta yang dibayarkan kepada produsen peralatan nuklir Rusia Atomstroyexport untuk pembatalan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Belene, yang diakhiri oleh Pemerintah Bulgaria pada 2012.

Pada awal 2018 , pemerintah melayang kemungkinan menghidupkan kembali proyek Belene. Pasar gas alam, yang didominasi oleh perusahaan milik negara, Bulgargaz, juga hampir seluruhnya dipasok oleh Rusia.

Proyek-proyek infrastruktur seperti Inter-Connector Greece-Bulgaria dan Inter-Connector Bulgaria-Serbia, yang akan memungkinkan Bulgaria memiliki akses ke gas non-Rusia, telah terhenti atau membuat kemajuan terbatas.

Pada 2016, Pemerintah Bulgaria membentuk Badan eGovernment Negara. Badan baru ini bertanggung jawab atas tata kelola elektronik, mengoordinasikan kebijakan nasional dengan UE, dan memperkuat keamanan siber.

Meskipun ada rezim investasi yang menguntungkan, termasuk pajak penghasilan perusahaan yang rendah dan datar, tantangan signifikan tetap ada. Korupsi dalam administrasi publik, peradilan yang lemah, produktivitas rendah, kurangnya transparansi dalam pengadaan publik, dan keberadaan kejahatan terorganisir terus menghambat negara.

Bulgaria

PDB $ 57 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3,6%
PDB per Kapita: $ 8.000
Neraca Perdagangan / PDB: 4,5%
Populasi: 7.1 juta
Hutang / PDB Publik: 24%
Pengangguran: 6,2%
Inflasi: 1,2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 44
Hak Properti: 63
Inovasi: 48
Teknologi: 30
Pita Merah: 86
Investor Protection: 32
Korupsi: 64
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 81

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia