Bukit Panguk Kediwung Jogja, Rute dan Harga Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 15 March 2017 ∙ 3 menit membaca

Bantul menjadi kabupaten di Jogja yang cukup mengemuka berkat adanya berbagai spot wisata yang keren dan kekinian. Sudah banyak spot-spot keren yang menjadi daya tarik bagi para traveller di Jogja. Seperti spot yang sedang hits adalah Hutan Pinus Pengger. Di sana terdapat spot-spot kayu keren dan pemandangan hutan pinus yang indah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Saat ini giliran Bukit Panguk Kediwung yang hits di kalangan wisatawan. Berikut review selengkapnya!

Baca Juga:

Foto dan Suasana di Sekitar Lokasi

Kabupaten Bantul menyimpan potensi alam yang luar biasa, banyak perbukitan yang menjadi obyek wisata menarik di sana. Bukit Punguk Kediwung menjadi salah satu destinasi wisata seru dan hits di media sosial dan menjadi incaran para traveller. Tidak hanya itu, Bukit Punguk Kediwung ini menjadi salah satu wisata negeri di atas awan yang sangat bagus.

Berbagai spot unik tersedia di Bukit Panguk Kediwung dan sangat diminati oleh para pengunjung. Karena berada di atas gardu pandang tersebut, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona. Bahkan, spot tersebut cocok juga untuk foto prewedding yang tentunya terlihat romantis sekali. Sudah banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai spot prewedding.

bukit panguk kediwung

Bukit Panguk Kediwung populer dengan sebutan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Negeri di Atas Awan\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” yang juga disematkan pada wisata Kebun Buah Mangunan. Memang kabut awan yang pekat sering kali menyelimuti kawasan bukit ini. Terutama ketika pagi hari yang nampak jelas awan yang begitu pekat. Pengunjung yang berada di sana akan merasakan sensasi luar biasa benar-benar berada di atas awan. Ketika kabut awan yang begitu banyak, bisa menjadi background foto yang spektakuler. Foto di atas Bukit Panguk inilah yang paling banyak beredar di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

bukit panguk kediwung

Ketika awan pekat sudah mlai menghilang dari kawasan wisata Bukit Panguk ini, maka terlihat sangat jelas sekali pemandangan indah dari bukit hijau yang menjulang. Dihiasi dengan adanya sungai yang mengalir, begitu banyaknya pohon-pohon pinus yang lebat. Berpadu dengan birunya langit menjadi kombinasi landscape yang sangat indah.

Lokasi dan Rute

Sebenarnya wisata Bukit Panguk ini masih tergolong baru, yakni diresmikan pada tanggal 16 Mei 2016. Kini tempat wisata ini menjadi wisata yang hits di Bantul dan diminati banyak pengunjung. Bukit ini berada di Puncak Bukit Batu Lawang, dan jarak dari Kebun Buah Mangunan sekitar 2 km. Sedangkan secara Administratif, Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya dekat juga dengan wisata Tebing Watu Mabur yang hits dengan spot gardu pandang barunya.

Rute menuju lokasi dimulai dari Jogja ikuti arah menuju ke Terminal Giwangan, dari Traffic Light Giwangan lurus terus ke arah selatan hingga Pasar Imogiri. Selanjutnya ambil arah ke kiri dan ikuti arah ke Makam Raja-Raja, sebelum sampai di Makam tersebut ada Pertigaan. Ada papan petunjuk menuju ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti terus hingga mendekati Kebun Buah Mangunan di sana ada papan petunjuk menuju Bukit Panguk Kediwung. Google Map.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Para Pengunjung yang akan memasuki wisata Bukit Panguk Kediwung, cukup dengan membayar biaya seikhlasnya, karena belum ada biaya retribusi. Pengunjung yang menggunakan Motor dikenai biaya parkir Rp 2.000, dan untuk Mobil Rp 5.000. Disarankan mengunjungi lokasi ini ketika pagi hari sebelum muncul mantahari. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan Negeri di Atas Awan beseta Sunrise yang sangat eksotis.


Berbagai tempat wisata di Jogja memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Termasuk bisa dijadikan sebagai spot foto kekinian juga untuk prewedding. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang ada disana ntuk dijadikan destinasi berlibur.

Baca Juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia