Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Lifestyle
  • Mengenal Bonsai Kemuning Mulai dari Ciri Khas Hingga Keunggulannya

Mengenal Bonsai Kemuning Mulai dari Ciri Khas Hingga Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Tanaman bonsai adalah tanaman yang indah dan menarik. Salah satu varian bonsai yang menarik yang bisa ditemukan di Indonesia adalah bonsai kemuning. Pohon bonsai kemuning Jepang dan bonsai kemuning jenar adalah dua jenis tanaman kemuning yang bisa dijadikan bonsai di Indonesia.

Pinhome – Keunikan tanaman bonsai ini menarik banyak kolektor untuk memeliharanya. Untuk merawat bonsai kemuning satu ini bisa dikatakan tidak sulit karena biasanya tumbuh hingga tinggi 7 meter dan dapat hidup di daerah yang beriklim tropis. Selain itu, karena pertumbuhan pohonnya yang cukup cepat, menjadikan tanaman satu ini menjadi incaran. Kamu sudah tidak perlu lagi menunggu lama untuk hasil yang sempurna. 

Baca Juga:

4 Model Bonsai Lantana dan Cara Membuatnya

Ciri-Ciri Bonsai Kemuning

(Anekajenisbonsai.blogspot)

Karakter kulit yang berkerah seperti seakan-akan pohon sudah tua adalah ciri khas pohon bonsai kemuning yang paling terlihat. Tanaman ini bisa ditemukan berbunga sepanjang tahun karena karakternya yang mudah berbunga. Tidak hanya itu Pins, kesempurnaannya juga terlihat dari wangi bunga kemuning yang harum dan sangat semerbak. 

Pada umumnya akan terlihat rimbun ketika dijadikan bonsai karena memiliki bunga dengan ukuran sekitar 12-18 mm berwarna putih indah. Hal tersebut dikarenakan karakternya yang kaya akan perantingan. Karakter lain dari pohon kemuning ini juga memiliki buah yang berwarna merah dan orange ketika buahnya sudah mulai matang. Untuk bagian daunnya cukup mudah dirawat karena berukuran sangat kecil. Bentuk daunnya menyerupai daun jeruk yang baru tumbuh Pins!

Keunggulan Bonsai Kemuning

bonsai kemuning
(Bonsai Kita)

Pohon kemuning sebagai tanaman perdu, merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh liar. Pada kondisi tanah yang lembap seperti yang ada pada umumnya di Indonesia, tanaman kemuning dapat tumbuh dengan subur. Lalu apa saja keunggulan dari pohon bonsai kemuning ini? Ikuti pembahasan Pinhome berikut ini.

Karakter Tangkai Yang Berumur

bonsai kemuning
(Bonsai Kita)

Seperti juga karakter tanaman bonsai yang sudah dibahas di atas, sisi kulit batangnya berkerak atau cukup terkelupas menjadi keunikan dari pohon bonsai kemuning. Karakter batang atau tangkai yang semakin berkerak dan semakin terlihat berumur menjadikan bonsai ini semakin terlihat unik dan langka.

Tangkai Yang Mudah Dibentuk

(Buka Lapak)

Salah satu hal yang dilihat para kolektor bonsai dalam melihat keunikannya adalah terletak pada tangkai. Tangkai yang meliuk-liuk ini merupakan hasil bentukan dari budidaya bonsai. Pohon bonsai kemuning memiliki tangkai dengan banyak rantai sehingga semakin mudah dibentuk liukan. Perlu Pins ketahui, semakin unik liukannya, semakin mahal pula nilai jual bonsai jenis ini lho!

Perlu ketekunan tersendiri dalam pembudidaya bonsai saat melilitkan kawat ketika bonsai berkembang. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan bonsai dengan tangkai meliuk yang elok. Namun bonsai kemuning mempunyai keunggulan tersendiri dalam membentuk liukan tersebut. Bonsai jenis ini lebih mudah dibentuk sesuai keinginan karena memiliki batang yang tipis. Walaupun tidak ada tangkai, bonsai ini akan tumbuh meliuk dengan sendirinya tanpa memerlukan ketekunan khusus.

Berbunga Sepanjang Tahun

(Pidjar)

Pohon bonsai kemuning memiliki karakter bunga sesuai dengan tanaman aslinya yaitu bunga kemuning yang bermekaran selama sepanjang tahun. Warna bunga kemuning yang putih bersih membuat bonsai tampak lebih menarik. Tidak hanya itu bunga bonsai ini menghasilkan wangi yang merebak, sehingga ketika di taruh di dalam rumah, aroma semerbak bunganya akan menyebar sempurna.

Bonsai Kemuning Termasuk Tanaman Rimbun

bonsai kemuning
(Central Bonsai)

Pohon kemuning merupakan tanaman semak yang memiliki banyak ranting dan daun. Keunggulannya adalah kaya akan ranting, seperti juga dengan tanaman aslinya. Sehingga pohon bonsai kemuning menjadi tanaman yang rimbun. Namun untuk menjaga kecantikannya, ranting-ranting lebih baik dipotong secara berkala. Pins hanya memerlukan waktu singkat untuk melakukan pemotongan ranting dengan menggunakan gunting saja, berbeda dengan pohon kemuning aslinya yang memerlukan tenaga ekstra untuk memotongnya karena memiliki ukuran besar.

Daun yang Mendukung Teknik Bonsai

bonsai kemuning
(Dusco)

Pohon kemuning merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk ditanam dengan teknik bonsai, dibandingkan dengan tanaman lain. Proses mengerdilkan kemuning akan semakin mudah, karena tanaman kemuning aslinya mempunyai daun berukuran kecil.

Jenis Bonsai yang Dapat Berbuah 

(Blog Toko Tanaman)

Pada tanaman bonsai lain seperti bonsai kelapa, tanaman tidak seperti tanaman kelapa aslinya yang bisa berbuah. Pohon bonsai kemuning ini sebenarmnya bisa menghasilkan buah seperti aslinya namun dalam ukuran yang lebih kecil. Buah berukuran kecil ini biasanya berwarna kehijauan. Namun ketika sudah matang, biasanya buah berubah warna menjadi warna merah atau oranye. Keunggulan lainnya adalah kamu bisa menanam bonsai yang baru dari buah tanaman ini lho, Pins!

Baca Juga:

Tahukah Kamu Ini Dia Bonsai Beringin Termahal?

Bonsai Kemuning Mudah Dalam Perawatan

bonsai kemuning
(Bukalapak)

Tidak susah melakukan perawatan tanaman bonsai ini, sekalipun juga untuk memulai pembuatan bonsai baru. Kompos dan tanah lempung adalah tempat tanam yang dibutuhkan untuk kemuning. Selanjutnya tempat tanam ini hanya perlu dijaga kelembabannya. Pins hanya perlu menyiraminya 2x dalam satu hari selama musim kemarau. Pupuk kimia dan organik adalah pupuk yang pas untuk bonsai ini. Berikan pupuk organik setiap 3 bulan, sementara pupuk kimia bisa diberi tiap bulan.

Selanjutnya, kamu hanya perlu menukar pot tanaman minimal setiap 2 tahun sekali, dan pohon akan terus berkembang dengan sendirinya. Menggunting akar bonsai sekitar 5 cm setiap seginya juga diperlukan pada saat bersamaan dengan penukaran pot. Dengan begitu, bonsai akan tetap sehat dan pot tidak hancur.

Nah sekarang kamu sudah tidak bingung lagi bukan kenapa bonsai kemuning banyak dicari para kolektor bonsai? Jika kamu tertarik untuk membudidayakannya, jangan lupa perhatikan lagi perawatannya ya, Pins!

Baca Juga:

8 Jenis Kaktus Termahal Beserta Cara Merawatnya

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel