Kamus Istilah Properti

Paving Block

istilah properti

Paving Block

Pinhome – Mulai berpikir untuk memanfaatkan block paving di rumah? Paving Block adalah? Pins harus tau dulu kegunaan dan hal-hal apa saja yang dapat diaplikasikan menggunakan paving block.

Definisi Paving Block, Info harga dan Ukuran

Untuk mengetahui apa itu block paving, desain paving block dan ukurannya, mari simak ulasannya.

Apa Itu Paving Block

Block paving atau Paving block adalah salah satu bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, air dan pasir yang memiliki estetika menarik. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang beraneka ragam dan dapat pula berwarna warni. Block paving atau biasa dikenal dengan istilah conblok biasanya digunakan untuk lantai yang posisinya berada di outdoor. Contohnya pekarangan rumah maupun tempat parkir. Fungsinya adalah untuk alas kuat outdoor agar tidak mudah retak atau pecah-pecah. Selain itu, block paving pun tahan air, perawatan dan pemasangannya terbilang cukup mudah lho Pins!

Ukuran Paving Block & Jenisnya

Untuk ukuran paving block itu sendiri memang bermacam-macam tergantung jenis modelnya. Maka dari itu Pins, sebelum menentukan ukuran, lebih baik pilih dahulu model block paving seperti apa yang diinginkan. Dibawah ini disajikan jenis beserta ukuran block paving yang dapat Pins pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga:

Model Batu Bata

block paving
(webkuli.com‌‌)

Untuk model satu ini, memang banyak digunakan dan dapat Pins temukan dengan mudah di pasaran. Model block paving populer berbentuk conblock baik digunakan untuk rumah besar maupun kecil. Walau banyak digunakan untuk konstruksi jalanan, block paving jenis batu bata ini juga cocok untuk perumahan. Pemasangan polanya lebih mudah diatur dan berukuran persegi panjang kira-kira 10 cm x 21 cm.

Model Segi Enam (Hexagon)

(perpusteknik.com‌‌)

Selanjutnya ada model block paving segi enam atau biasa disebut dengan hexagon. Ukuran paving block jenis segi enam ini hampir sama rata mencapai 20 cm x 20 cm dengan ketebalan 10 cm. Dengan model yang cukup unik, Pins dapat mendesain ruang terbuka rumah secara estetik dan sedap dipandang.

Model Segitiga (Trihex)

(indiamart)

Ada model segi enam ada pula model block paving segitiga. Terlihat mirip dengan segienam, ukuran paving block jenis segitiga menyatu antar sisinya. Coba dilihat lagi, berbeda bukan? Pins bisa menggunakan block paving segitiga sebagai hiasan untuk mempercantik lantai pekarangan. Untuk ukuran paving block jenis segitiga itu sendiri adalah 19 cm x 10 cm dengan ketebalan 10 cm.

Baca Juga:

Model Cacing

(ruangarsitek)

Ukuran paving block jenis cacing ini memang mirip dengan model bata, yaitu 11 cm x 22 cm dengan ketebalan yang bervariasi. Mulai dari 6 cm, 8 cm hingga 10 cm. Sekilas pun mirip dengan jenis model bata, hanya saja di sisinya lebih keriting dan bertekstur.

Model Rumput

Mengapa dikatakan model rumput? Karena block paving satu ini memang didesain di beberapa bagian berlubang sebagai pertumbuhan rumput. Pins pasti sering lihat bukan di taman-taman besar. Block paving seperti ini banyak dijumpai dan menambah kesan menarik pada taman. Ukuran paving block jenis rumput memiliki 2 ukuran, ada yang 5 lubang (40 cm x 40 cm) dan 8 lubang (30 cm x 45 cm).

Selain model yang sering digunakan diatas, masih banyak pula lho jenis block paving yang unik dan menggemaskan. Pins hanya perlu melihat ke toko bangunan dan sesuaikan dengan apa yang Pins inginkan. Jenis block paving kubus atau ubin pun ada.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome sekarang!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.