Apakah bisnis hotel masih menjanjikan di Indonesia?

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 19 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Bila Anda mempunyai sejumlah modal yang lumayan besar, atau mempunyai rekanan usaha yang ingin buka kesempatan usaha baru mengapa tidak melirik ke bisnis hotel?

Bisnis hotel merupakan sebuah kesempatan usaha yang memberikan keuntungan nyaris setiap tahun, terutama bila lokasi hotel Anda itu dekat dengan objek rekreasi, tentu di saat-saat berlibur (high season) hotel atau penginapan Anda tidak akan sepi dari tamu.

Bahkan, bisa saja penuh (full booked) untuk sebulan pemesanan. Dapat Anda pikirkan berapakah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh sepanjang setahun. Mengapa tidak dicoba?

suasana hotel nyaman

Penyeleksian Lokasi

Lokasi vital untuk membuat sebuah hotel bukan hanya atas pemikiran bersisihan dengan objek rekreasi atau lokasi hiburan semata-mata, tetapi Anda bisa juga membuat hotel di beberapa kota besar, atau kota sentral industri yang umumnya disinggahi oleh beragam jenis orang dari bebagai wilayah untuk lakukan aktivitas usaha mereka.

Mereka pasti membutuhkan tempat beristirahat sementara, sepanjang mengurusi aktivitas usaha di kota itu. Atau Anda dapat membuat hotel atau pemondokan di jalur-jalur penting antarkota dan Provinsi seperti pada lajur Pantura yang disebut lajur paling padat di Jawa.

Bisnis hotel dan pemondokan memang janjikan, ditambah jaman saat ini mobilisasi orang demikian tinggi, mereka membutuhkan bermacam service fasilitas dan pemondokan yang bisa membuat lancar perjalanan rekreasi atau usaha mereka.

Baca juga: Membangun Jaringan Bisnis Global dan Resikonya

Utamakan Servis kepuasan pelanggan

Bisnis hotel ini sedikit membutuhkan nominal modal yang cukup besar, tetapi bila Anda sukses mengurus hotel secara benar dan baik, dan membuat beberapa tamu di hotel berasa nyaman, itulah saat yang Anda butuhkan untuk balik modal dapat cepat.

Ini disebabkan karena kepuasan servis yang diberi oleh hotel pada tiap tamu yang bertandang dan bermalam di hotel Anda. Tetapi, bila Anda mempunyai hotel dengan servis yang jelek bisa saja tidak ada seorang tamu pun yang ingin bertandang dan bermalam di hotel Anda, dan yang terjadi adalah pailit.

Memang gampang-gampang susah saat mengurus bisnis hotel, tetapi pada konsepnya ialah bagaimana membuat tamu Anda dapat senyaman kemungkinan untuk tinggal, jadi Anda harus mengetahui benar siapa tamu itu dan perlakukan semua tamu sebagai seorang saudara Anda yang tiba dari jarak jauh.

Tips Mengelola Hotel

Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati jika ingin terjun ke dunia bisnis hotel.

  • Tentukan lokasi hotel yang Anda kehendaki. Cari keunikan dari tempat tersebut, yang menyebabkan banyak orang pergi atau berkunjung ke sana, namun bukan kunjungan singkat semata.
  • Berikan sentuhan yang unik dari hotel Anda bisa dari segi lokasi, desain hotel, interior dalam hotel, atau juga interior kamar hotel yang berbeda dari kebanyakan hotel yang lain.
  • Cermati dengan baik kompetitor Anda atau hotel lain di daerah itu, pelajari kekuatan dan kelamahannya dengan begitu Anda bisa membuat hotel unggulan di kawasan tersebut.
  • Lakukan kerjasama yang baik untuk promosi dan publikasi melalui Tour Operator, Wholesaler atau Representative Office, Hotel Reservation Agent, atau Biro Perjalanan Wisata.
  • Lakukan rekuitmen karyawan yang benar-benar berkompeten di bisnis hotel, dan memiliki sikap, dan etos kerja yang penuh tanggung jawab serta jujur.
  • Selalu adakan cek peralatan penginapan secara teratur, sehingga setiap kerusakan yang terjadi di hotel Anda dapat diselesaikan dengan cepat tanpa perlu mengganggu kenyamanan para tamu.
  • Dan yang terakhir, selalu jaga nilai-nilai kebersihan dan keteraturan dengan baik, karena tidak ada seorang tamu pun mau menginap di hotel yang kotor dan tidak teratur.

Baca juga: Peta Bisnis Game di Indonesia

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 12 Laptop Core i7 Termurah dari Berbagai Merek

Untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan perangkat multitasking, fitur utama yang harus dimiliki

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Model Pagar Hebel yang Unik untuk Rumah Minimalis

Model pagar hebel dijadikan inspirasi pagar rumah yang menarik. Hebel sendiri merupakan bata ringan

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa menjadi komponen penting untuk mempercantik tampil

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia