Mencoba Sukses dengan Bisnis Cucian Mobil

Diperbarui oleh ∙ October 17, 2022 ∙ 6 menit membaca

Sejarah Negara Com – Semenjak kecil kita sering ‘didoktrin\\\’ supaya sekolah tinggi, menjadi karyawan negeri. Tidaklah aneh, jika jumlah enterpreneur di Indonesia relatif bergerak lamban dibandingkan negara lain. Walau sebenarnya, bergulat di dunia usaha demikian menarik. Satu diantaranya, usaha cucian mobil. Serius? Iya. Serius!

Dengan menekuni dunia usaha, kita tidak cuman berdikari dari sisi keuangan. Lebih dari itu, kita dapat berguna untuk seseorang, minimum sekitar lingkungan. Karena, buka usaha atau menjalankan bisnis, maknanya buka kesempatan terbentuknya lapangan pekerjaan baru. Asyik, kan?

Walau begitu, bukti di atas lapangan memperlihatkan keadaan kebalikannya. Jumlah pelaku bisnis Indonesia masih ada di tataran 0,3 %. Maknanya, jumlah penguasaha di Tanah Air masihlah jauh sekali jika menyaksikan rasio komunitas warga yang sejumlah sekitaran 250 juta jiwa.

Mengapa begitu? Banyak faktor tentu saja. Diantaranya, factor budaya keluarga dan lingkungan, modal, peluang, kreasi, dan lain-lain. Tetapi condong ada factor paling menguasai dari semua factor yang ada, yakni keberanian dan psikis.

Benar. Harus dianggap untuk banyak orang benar-benar susah untuk keluar di zone nyaman. Jadi karyawan negeri, pegawai atau bekerja dalam suatu perusahaan sudah jadikan kita malas keluar kenyamanan ini.

Upah teratur /bulan, tugas yang terang, keinginan karier, dan lain-lain. Penumpukan itu semua jadikan kita seakan malas keluar zone kenyamanan. Argumennya ingin usaha apa? Darimanakah modalnya? Bagaimana bila upayanya tidak laris, ingin makan apa?

Keluar zone nyaman, memanglah bukan kasus gampang. Persiapan dan penyesuaian psikis harus betul-betul dipersiapkan. Apa lagi jika sudah memiliki keluarga. Menimbang menjalankan bisnis atau buka usaha, seolah jadi momok mengerikan. Walau sebenarnya, belum dicoba. Iya, kan?

Bisnis Cucian Mobil

Baca juga: Bisnis Cuci Mobil, modal kecil untung sudah pasti

9 dari 10 Pintu Rezeki Diperoleh dengan Membuka Usaha

Untuk kaum muslim, pasti kita kerap dengar atau membaca salah satunya hadits yang menyentuh keutamaan buka usaha. Sebuah kisah mengatakan, rasul bersabda, sembilan dari 10 pintu rejeki ada pada berdagang, usaha atau buka usaha.

Bila diinterpetasikan, hadits ini menunjukkan dahsyatnya kesempatan buka usaha. Pikirkan, jika sekarang ini kita masih kerja (bukan dagang/usaha) sama seperti rejeki yang kita jemput lebih kecil dibandingkan berdagang. Karena, kita cuman merebutkan satu pintu rejeki.

Sembilan rejeki lain ada pada buka usaha. Walau rejeki sudah ditata, tetapi bukti menunjukkan banyak aktor-pelaku usaha lebih makmur dibandingkan karyawan. Walau tidak semua. Hal yang harus diingat, Allah Ta\\\’ala bisa jadi buka dan tutup keran pintu rejeki seorang.

Itu tergantung bagaimana usaha dan doa kita sejauh ini. Nach, seperti yang dinubuahkan dalam hadits di atas, bisa saja, usaha yang paling disarankan dengan buka usaha dibandingkan jadi karyawan. Tetapi tidak berarti bekerja jangan.

Apa saja kerjanya, semua baik, asal sumber dan langkah mendapatkannya halal dan sama sesuai etika agama dan umum. Buka usaha disarankan, tetapi jika triknya nakal, dengan menipu misalkan, pasti itu malah jadi jelek. Bahkan juga, dapat disebut buruk sekali.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Proyeksi Ciamik Bisnis Cucian Mobil

Lantas, bagi Anda yang sudah bersiap untuk menentukan pencarian nafkahnya dengan cara membuka usaha tapi masih bingung memilih, barangkali membuka bisnis cucian mobil, bisa menjadi salah satu alternatif yang patut dicoba. Alasannya?

  • Jumlah kendaraan mobil tiap tahun terus meningkat
  • Semakin banyak orang yang hidup dengan pola instan (maunya dilayani)
  • Bahan utama bisnis ini adalah air, yang mudah didapatkan
  • Tidak perlu pendidikan tinggi
  • Tidak perlu keahlian khusus
  • Bila tak ada modal bisa join atau pinjam modal
  • Meski semakin banyak yang membuka bisnis serupa tapi rasionya sangat kecil dibanding jumlah mobil yang ada
  • Setiap pemilik kendaraan senang dan butuh mobil yang bersih, sekalipun itu angkot
  • Sarana pencucian mobil mudah didapatkan dengan harga relatif tejangkau
  • Risiko bisnis ini relatif kecil dengan proyeksi keuntungan yang menggiurkan

Peluang-peluang ini masih bisa dikembangkan lagi. Meski tetap memiliki risiko kerugian, tapi tidak terlalu mengkhawatirkan dibanding bisnis lain. Apalagi, membersihkan mobil menjadi salah satu kebutuhan setiap pemilik kendaraan. Peluang ini akan selalu terbuka lebar.

Jika masih khawatir dengan bisnis model ini, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan saja. Tak perlu menjadikannya sebagai nafkah utama. Tentu ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan.

Menjadikan peluang ini sebagai usaha sampingan atau utama, itu pilihan. Satu hal yang perlu diingat, usaha ini memiliki target pasar yang jelas dan sangat menjanjikan. Bahkan, Anda tak perlu merekrut karyawan banyak. Dengan tenaga seadanya, usaha sudah bisa dijalankan.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Cafe

Persiapan

Nah, kalau tekad sudah bulat. Persiapkan semuanya dengan matang. Faktor mendasar dari bisnis cucian mobil yakni pemilihan tempat yang luas dan strategis, bisa dengan sewa atau sistem kerjasama juga sudah disiapkan, lantas, siapkan alat yang dibutuhkan. Seperti, kompresor, selang air, saluran air yang lancar, kain lap, sabun, dan segala alat utama yang dibutuhkan. Kemudian, buat rencana bisnis sederhana. Misalnya hal apa saja yang mau ‘dijual’, service memuaskan, harga miring atau lainnya.

Hal-hal seperti ini perlu direncanakan terlebih dahulu. Jangan lupa, siapkan juga strategi marketing atau promosi awal. Bisa dengan memberi tahu kerabat, tetangga dan seluruh jaringan. Menentukan nama dan tagline bisnis yang menggoda, seperti, “Cuci Bersih Cepat dapat Coklat”, dan semisalnya adalah hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan membuka usaha cucian mobil ini.

Maksimalkan alat promosi konvensional yang selalu jitu. Mulai brosur, pamflet, atau spanduk promosi, dan sebagainya. Pilih karyawan atau tenaga pekerja yang loyal. Bisa dimulai dari merekrut tetangga yang menganggur atau masih kuliah. Dari keluarga juga tak apa. Intinya, perekrutan awal paling tidak, mereka adalah orang-orang terdekat yang bisa dipercaya. Apalagi di awal-awal membuka usaha. Jika Anda masih bekerja di perusahaan lain, bisa minta bantuan istri atau siapapun untuk memantaunya.

Kalau bisa, rekrut salah satu tenaga pekerja yang punya pengalaman di usaha ini. Akan lebih baik lagi jika bisa mencari karyawan yang mengetahui mesin. Ini bisa menjadi nilai tersendiri di mata konsumen. Siapa tahu pula bisa menjalin kerjasama lain dengan mereka.

Persiapan-persiapan kecil dan besar semua perlu diperhitungkan. Dari hal sederhana sampai proyeksi eksekusi yang akan dilakukan untuk mencapai target yang telah ditentukan. Tapi, kebanyakan rencana juga kurang baik, kalau buntutnya tak jadi eksekusi.

Tak baik pula kalau terlalu lama membuat kalkulasi dan pertimbangan, sebab bisa menimbulkan keraguan. Bagi para pengusaha besar yang sukses, prinsip mereka eksekusi dulu baru evaluasi. Lebih banyak memutuskan dengan memaksimalkan kekuatan otak kanan.

Baca juga: Bisnis Butik Online yang menggiurkan, ini tips agar sukses

Segera Mulai

Jika sudah yakin dengan peluang usaha ini, segera buat time line sechedule atau kapan jadwal untuk segera mengeksekusinya. Perlu juga mempertimbangkan jadwal pelayanannya. Apakah buka mulai pagi, buka 24 jam, atau lainnya.

Jadikan kompetitor sebagai mitra agar hati selalu ceria. Sediakan fasilitas optimal bagi konsumen, mulai harga yang relatif murah, menyediakan tempat menunggu yang nyaman atau sekaligus buka warung kecil-kecilan untuk memanjakan kebutuhan konsumen saat menunggu.

Anda bisa mempelajari harga dan hal lainnya melalui observasi usaha serupa yang sudah ada. Modal, bisa dicari dengan meminjam atau kerjasama. Jika sudah yakin, Anda bisa pula membuat rancangan harga paketan. Ini sebagai bagian dari strategi merangkul konsumen baru. Dan, satu hal yang menjanjikan di bisnis cucian mobil ini adalah setiap musim penghujan selalu memanen hasil berlipat. Kenapa? Sebab musim ini banyak jalanan banjir dan becek. Apalagi di ibu kota dan kota-kota besar. Kendaraan pun akan mudah kotor, imbasnya, tempat cucian Anda pasti akan ramai dikunjungi.

Apakah Anda sudah siap menampung dan melayani mereka? Kalau begitu mari kita mulai berbisnis! Bisnis cucian mobil!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Hobi
Hobi 10 Tanda Busi Motor Harus Diganti

Busi motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus dalam keadaan baik. Kamu har

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia