Bisnis Cuci Mobil, modal kecil untung sudah pasti

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 16 September 2021 ∙ 9 menit membaca

Tahukah Anda bisnis cuci mobil dapat membuka peluang Anda menjadi kaya? Kendaraan terutama mobil, dewasa ini sudah menjadi alat bantu transportasi untuk mendukung berbagai kegiatan. Coba perhatikan jalanan, setiap detik jalan tidak pernah sepi dari mobil.

Bahkan pada jam-jam tertentu apalagi kaau pada saat masuk atau keluar jam kerja (pagi atau siang atau sore) terjadi penumpukan mobil di beberapa ruas jalan sehingga terjadi kemacetan. Kondisi kemacetan inilah yang membuat pengemudi merasa lelah untuk tidak melakukan kegiatan lain ketika sampai di rumah setelah seharian berjibaku dengan pekerjaan.

Sudah menjadi hasrat setiap orang tampil selalu modis dalam setiap penampilannya, bukan hanya dirinya semata, tapi juga tunggangannya, mobil. Ketika mobil seharian dipakai di jalan apalagi kalau jalan yang dilalui tidak mulus sudah barang tentu akan membuat mobil kotor.

Atau, ketika Anda pulang beraktivitas dalam keadaan hujan dan tentu hal ini membuat mobil Anda akan sangat kotor, karena terkena cipratan dari air pengendara lain atau dari jalan itu sendiri. Dan, ini menjadi masalah tersendiri bagi Anda yang tidak suka melihat mobilnya kotor. Salah satu caranya yaitu, mencuci mobil.

Bagi sebagian orang, mencuci mobil adalah sebuah pekerjaan membosankan dan hanya menghabiskan waktu saja. Sebagai jalan keluarnya, mereka menggunakan jasa cuci mobil untuk membersihkan dan mempercantik kembali mobilnya. Dan, ini dilirik oleh sebagian orang juga sebagai sebuah peluang untuk membentuk bisnis cuci mobil.

Bisnis Cuci Mobil

Baca juga: Mencoba Sukses dengan Bisnis Cucian Mobil

Mengapa Bisnis Cuci Mobil?

Bak jamur di musim hujan, pertumbuhan bisnis cuci mobil ini maju dengan sangat cepat seiring dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang ada. Tidaklah terlalu sulit untuk menemukan tempat pencucian mobil di sekitar kita. Mulai dari tempat pencucian mobil yang biasa saja dengan harga biasa jasa sampai ke tempat cuci mobil dengan berbagai layanan yang diberikan, tentu dengan harga yang tidak biasa.

Dari tempat pencucian mobil yang dilakukan oleh tenaga manusia sampai ke tempat pencucian mobil otomatis, semuanya dilakukan oleh mesin. Semuanya sama, tujuannya agar mobil Anda tampil cling kembali.

Bisnis cuci mobil merupakan salah satu usaha yang tidak memerlukan biaya yang tidak terlalu besar dan pengelolaannya yang tidak terlalu rumit. Sehingga, bisnis yang satu ini dapat dijadikan sebagai ladang pemasukan utama maupun sampingan penghasilan kita.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Tips Memulai Usaha Bisnis Cuci Mobil

Pada dasarnya, semua jenis bisnis terutama dalam bidang layanan konsumen adalah menjual jasa kepada orang. Tentu, dengan menjalankan teknik-teknik khusus agar jasa yang dijual dapat laku di tangan konsumen. Begitu pula dengan bisnis cuci mobil ini. Berapa banyak tempat yang menyediakan jasa cuci mobil ini di sekitar lingkungan Anda? Apakah perkembangan usahanya sama? Kira-kira apa yang membedakannya?

Sedikit pertanyaan itu dapat dijadikan acuan awal bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memulai terjun dalam bisnis cuci mobil tersebut. Tidak sedikit dari bisnis cuci mobil ini yang gulung tikar. Banyak sebab yang menjadikan hal tersebut bisa terjadi, antara lain tempat yang tidak strategis atau pelayanan yang kurang prima.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan perencanaan bagi Anda untuk memulai bisnis cuci mobil.

Modal Usaha Cuci Mobil untuk yang baru memulai

Mengawali usaha cucian mobil tidak segampang membalikan tangan. Yang bernama usaha sudah tentu membutuhkan modal, berbicara modal berbarti berbicara dana yang hendak di keluarkannya. Besaran modal yang diperlukan di tetapkan dari perlengkapan yang digunakan, makin hebat alat, karena itu makin besar juga modal yang dibutuhkan.

Bila anda ingin mengawali usaha ini. Karena itu anda membutuhkan alat dan piranti yang perlu ada. Salah satunya : Bak snow wash / Bak salju ( tentukan yang baik dengan bahan stainless), sampo wax ( untuk kombinasi salju), Compressor angin perannya untuk menghasilkkan semprotan dan dapat untuk keringkan mobil, yang paling akhir alat penyemprot dan pencuci mobil : Selang, lap chmamois/microfiber dan Yang lain.

Umumnya modal yang kita mengeluarkan sekitaran 7,5 jt – 8.5 jt an, belum terhitung ongkos tempat. Untuk perincian selengkapnya akan saya terangkan di bawah, baca sampai habis ya… agar memahami.

Pemilihan tempat cuci mobil yang strategis

Sebelum memulai usaha, pilihlah beberapa tempat yang bisa digunakan untuk melakukukan bisnis cuci mobil Anda. Pemilihan tempat usaha menjadi faktor penting dan menjadi salah satu penentu berkembang tidaknya bisnis cuci mobil Anda ke depannya.

Alangkah baiknya apabila Anda melakukan beberapa survai terlebih dahulu atau semacam uji kelayakan usaha untuk meminimalisir kerugian usaha di kemudian hari.

Beberapa uji kelayakan pada pemilihan tempat ini di antaranya:

  • Berapa banyak kendaraan yang melalui tempat yang akan Anda jadikan sebagai tempat pencucian Mobil?
  • Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitar tempat tersebut terutama kondisi sosial ekonomi penduduknya?
  • Untuk kalangan mana bisnis cuci mobil ini Anda peruntukkan?

Uji kelayakan seperti ini akan membantu Anda dalam perencanaan usaha sehingga Anda bisa merancang bisnis cuci mobil ini tepat modal dan tepat sasaran.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Cafe

Desain bangunan

Setelah Anda menentukan tempat yang bisa dijadikan sebagai usaha cuci mobil, langkah selanjutnya Anda harus membangun bangunan sebagai pendukung usaha ini. Untuk urusan tata letak bangunan ini, Anda bisa melibatkan seorang arsitek agar bangunan yang akan dibangun memiliki nilai bisnis sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik utama.

Tidak sedikit tempat cuci mobil yang memiliki bangunan seadanya dengan konsep bangunan yang tidak memiliki nilai komersial. Ditambah lagi, kurang atau tidak adanya fasilitas pendukung yang bisa membuat konsumen kerasan sambil menunggu mobilnya dicuci.

Tata letak bangunan ini menyangkut penempatan ruang cuci, ruang pengeringan, ruang tunggu bagi konsumen, kantor, gudang, tempat parkir, dan sebagainya. Pengaturan tata letak bangunan yang baik akan membantu Anda untuk memaksimalkan fungsi ruang yang ada. Selain itu, efisiensi penggunaan ruang ini juga akan mampu memiliki nilai komersial lebih yang akan mendukung berkembangnya bisnis cuci mobil Anda.

Pemilihan peralatan

Peralatan yang komplit menjadi salah satu jaminan dalam usaha pencucian mobil. Untuk itu, pemilihan peralatan harus dimasukkan dalam perencanaan usaha ini. Pemilihan peralatan yang tepat akan mampu menghemat biaya pengeluaran dengan tidak membeli peralatan yang tidak perlu atau belum perlu untuk digunakan pada awal pembukaan bisnis cuci mobil Anda.

Pilihlah peralatan yang sesuai dengan dana yang Anda miliki dan jangan lupa pilihlah peralatan-peralatan yang memiliki garansi sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh peralatan-peralatan yang digunakan yaitu hidrolik, vacum cleaner, water srayer dan lain-lain.

Pemilihan pegawai

Penentuan jumlah tenaga kerja yang dapat mendukung bisnis cuci mobil ini terkadang menjadi dilema tersendiri. Anda harus bisa mengukur sebesar apa bisnis cuci mobil yang Anda jalankan. Semakin banyak fasilitas yang Anda tawarkan pada bisnsi cuci mobil Anda maka semakin banyak jumlah pegawai yang harus Anda rekrut.

Anda harus bisa merekrut pegawai-pegawai yang memiliki mentalitas pekerja yang bisa menguntungkan, bukan hanya pada Anda sebagai owner tetapi juga kepada konsumen. Anda harus bisa menentukan Standard Operation Procedure (SOP) masing-masing pegawai untuk ruang lingkup pekerjaannya.

Sebaliknya, Anda juga harus bisa menentukan besarnya upah yang bisa Anda berikan kepada pegawai Anda. Hal ini penting sebagai jaminan bagi tenaga kerja agar mereka bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa perlu memikirkan mengenai kejelasan upahnya.

Keragaman produk jasa

Keragaman jenis produk yang ada akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mencobanya. Sekali konsumen mencoba dan puas maka dia akan mencoba produk lainnya. Ini artinya, keuntungan yang besar bagi bisnis Anda dan kepuasan konsumen menjadi tolak ukur keprofesionalan kita dalam berusaha.

Setelah berjalannya usaha cuci mobil ini, Anda harus bisa berinovasi dengan menjual berbagai jenis produk varian dari cuci mobil ini.

Penentuan harga

Bagi Anda yang baru terjun pada bisnis cuci mobil tentu akan bingung dan cenderung ragu-ragu untuk menentukan besaran harga yang akan dikenakan kepada konsumen atas jasa yang telah digunakan.

Ada pelayanan ada harga. Besarnya harga yang Anda tawarkan dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk menggunakan atau tidak jasa pencucian mobil Anda. Tidak sedikit para pemilik mobil yang enggan mencuci mobil atau perawatan mobil lainnya di tempat yang hargaya murah (pengecualian untuk konsumen menengah ke atas).

Mereka khawatir mobilnya akan dicuci sembarangan dengan tenaga yang tidak profesional karena tarifnya murah. Kekhawatiran mereka beralasan karena mereka menginginkan mobilnya bersih dan bagus. Apabila tidak sesuai dengan harapan, mereka akan kecewa dan tidak akan lagi menggunakan jasa pencucian di tempat cuci Anda. Dan, ini berarti pertanda buruk bagi usaha Anda. Apabila hal ini terus terusan terjadi, lambat laun usaha Anda gulung tikar!

Tentukanlah harga yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Jangan segan-segan untuk memberikan harga yang lebih mahal atas apa yang telah dilakukan. Tentu, penentuan harga ini setelah Anda melihat dan tahu bahwa produk-produk yang digunakan memang berkualitas dan dikerjakan dengan profesional pula.

Penentuan bahan dan obat

Di pasaran banyak beredar berbagai jenis bahan dan obat cuci mobil, mulai dari merk terkenal dengan harga mahal sampai merk lokal dengan harga murah. Sekali lagi, orientasi bisnis dan besaran modal yang Anda miliki akan menentukan pada besaran dan penentuan bahan dan obat yang akan digunakan pada operasi pengerjaannya nantinya.

Pemasaran

Untuk mengenalkan usaha pencucian mobil, Anda bisa menggunakan media-media informasi yang banyak digunakan. Salah satunya dengan memasang billboard yang mengenalkan tempat usaha Anda yang ditempatkan pada tempat-tempat strategis. Selain itu, Anda juga bisa menyebarkan pamflet-pamflet selebaran. Atau, apabila Anda memiliki bugjet yang lebih, Anda bisa beriklan di beberapa surat kabar atau media lainnya.

Selain dari teknik tersebut, pemasaran bisnis cuci mobil ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan sistem promo, sistem diskon, sistem paket, sistem member, sistem bonus, dan berbagai sistem lainnya.

Nah, beberapa tips di atas dapat Anda gunakan sebagai acuan awal dalam perencanaan ketika Anda ingin membuka usaha pada bisnis cuci mobil.

Baca juga: Bisnis Butik Online yang menggiurkan, ini tips agar sukses

Beberapa kiat Sukses Usaha Bersihkan Mobil

Di bawah ini ada beberapa kiat agar anda sukses di dunia bisnis cuci mobil:

  • Tentukan lokasi usaha yang vital yang banyak dilalui kendaraan motor dan dekat pada jalan raya.
  • Mencari karyawan yang jujur dan latih untuk dapat memahami mengenai kebersihan
  • Upah pegawai sama sesuai jumlah kendaraan yang di bersihkan
  • Aplikasikan mekanisme memberikan coupon bonus bersihkan gratis untuk konsumen setia yang sudah membersihkan mobil berulang-kali dalam periode waktu tertentu.
  • Ini penting, Jangan sampai sekali juga menyebalkan konsumen setia, kerjakan yang terbaik dan servis sempurna. Hingga mereka senang dan akan bercerita kepada orang lain, oke.
  • Tidak boleh menetapkan biaya cucian mobil yang tambah mahal dibanding dibandingkan dengan lainnya.
  • Berikan bonus pegawai yang bisa layani konsumen setia secara baik
  • Berikan harga yang kompetitif, mahal tetapi murah yang perlu servis dan kualitas bagus.
  • Selalu Penilaian hasilnya.

Kendala Usaha Cuci Mobil

Usaha ini tergantung dengan cuaca. Bila cuaca kerap hujan keadaan ini memberikan keuntungan dan ramai oleh customer yang hendak membersihkan motor/mobil. Kebalikannya bila kemarau telah datang, usaha ini kadang sepi dari customer. Disamping itu banyak kompetitor yang jalankan bisnis ini.

Berdasar data dari bps.go.id , data pemilikan kendaraan motor tipe penumpang pada tahun 2015 sejumlah 13.480.973 dan pada tahun 2016 banyaknya bertambah jadi 14.580.666, beda kenaikannya sekitaran 1.099.693 peningkatan cukup besar.

Nah, dengan makin bertambahnya jumlah kendaraan, buka kesempatan usaha baru dan makin janjikan khususnya pada tahun 2018 ini. Usaha dan Usaha Cuci mobil hidrolik maupun usaha cuci mobil salju, akan berkembang cepat di Indonesia, karena indonesia mempunyai 4 musim.

Baca juga: Beternak Burung LoveBird secara koloni dan prospek bisnisnya

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru! Harga Paving Block per M2 dan Jasa Pemasangannya!

Paving block merupakan suatu material bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau mater

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia