Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 17, 2022 ∙ 9 menit membaca

Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap makhluk untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Setiap orang perlu makan. Oleh karena itu, bisnis di bidang makanan seperti bisnis catering memang tidak ada matinya.

Lihat saja di sepanjang jalan atau pusat-pusat perbelanjaan, warung makan atau pedagang makanan kaki lima dapat dengan mudah ditemui. Bahkan, di samping atau di depan rumah kita pun ada penjual makanan.

Usaha dibidang makanan ini bisa dijadikan lahan bisnis menjanjikan. Salah satu usaha makanan dengan peluang besar yang menjanjikan adalah bisnis catering. Bisnis ini berkutat seputar pemenuhan kebutuhan makan perseorangan, rumahan, kantoran, resepsi pernikahan, pengajian, arisan, dan lain-lain.

Jika kamu berniat untuk membuka usaha bisnis catering, di sini Pinhome akan memberikan strategi jitu untuk memulai bisnismu agar sukses dan laku keras!

Cara Memulai Bisnis Catering

Memulai Bisnis Catering

Jika Pins merupakan orang yang pandai atau hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba usaha ini menjadi lahan bisnis menguntungkan. Membuka usaha ini tidak perlu memikirkan modal dan tempat usaha yang besar. Usaha ini dapat dimulai dari dapur rumahmu sendiri. Jika tidak memiliki modal lebih, mulailah dengan bisnis catering skala kecil.

Untuk memulai setiap usaha, diperlukan niat dan tekad yang kuat, egitu pula dengan bisnis catering. Jika sudah mantap, mulailah dengan catering skala kecil, seperti catering rumahan, arisan, dan pesta ulang tahun. Berapa banyak jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan modal dan tenagamu.

Jika sudah berjalan, usaha dapat ditingkatkan ke skala menengah atau lebih besar. Peningkatan ini tentu dibarengi dengan jumlah modal dan tenaga kerja. Namun, jika tidak suka memasak, kamu dapat bekerja sama dengan orang yang pandai memasak. Pins juga dapat menjalin kerja sama dengan pemasok bahan-bahan makanan, seperti penjual beras, penjual sayuran, penjual daging, dan penjual ikan.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Cafe

Tentukan Tipe Katering

Saat sebelum mengawali usaha catering, pastikan Pins harus tahu tipe katering apa yang hendak ditelateni dan ditawarkan. Ingat jumlahnya tipe usaha katering, karena itu untuk langkah pertama, seharusnya terpusat pada satu tipe lebih dulu. Apakah beberapa jenis usaha katering yang dapat Pins tentukan?

Jenis Catering

Inilah Tips Bisnis Catering Wedding yang Wajib Anda Ketahui! – Plaminan

Berikut ini adalah berbagai jenis usaha catering yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Katering Pesta

Sesuai namanya, usaha katering acara pesta ini memiliki arti kamu layani pesanan makanan khusus untuk pesta acara yang lumayan besar. Misalnya ialah acara pernikahan, acara pesta ulang tahun, dan sebagainya. Tipe usaha ini memerlukan rencana dan pengendalian yang masak. Bukan catering bertaraf kecil kembali, kamu harus menyiapkan masakan dengan jumlah besar untuk sajian prasmanan atau ala-ala carte.

2. Katering Perusahaan atau Kantoran

Target dari usaha ini ialah satu perusahaan dengan pegawai dengan jumlah besar. Umumnya perusahaan memerlukan katering yang berupa prasmanan untuk disajikan di kantor atau di beberapa pabrik. Ada pula beberapa kantor yang memerlukan katering dengan jatah besar untuk keperluan rapat dan gathering antara cabang.

3. Katering untuk Sekolahan

Hal sebagai rintangan dalam jalankan bisnis katering untuk anak sekolahan ialah tipe makanan yang disajikan. Ingat anak-anak sekolah tentu memerlukan nutrisi dan gizi yang bagus, tentu saja kamu sebagai penyuplai katering harus juga menyiapkan makanan yang bergizi.

Tetapi sebagai keuntungan, kamu tak perlu repot mengaryakan pegawai. Kenapa? Karena umumnya makanan dikirimkan berbentuk box dan yang bekerja untuk mempersiapkannya ialah faksi sekolah.

4. Katering Rumahan

Memiliki kemauan pasarkan katering berbentuk nasi box ke beberapa rumah untuk acara tertentu? Kamu dapat mengawali usaha katering rumahan. Modal yang dikeluarkan tidak terlampau besar. Tetapi, tipe katering ini umumnya memiliki sifat ‘musiman\\\\\\\\\\\\\\\’, hingga bisa jadi omset yang didapatkan tidak terlampau besar. Dari semua tipe katering tersebut, kamu dapat samakan dengan keperluan konsumen setiamu.

Baca juga: Bisnis Butik Online yang menggiurkan, ini tips agar sukses

Menentukan Nama Brand

Tentu saja dalam tiap usaha tentu memerlukan nama merek, tidak kecuali pada usaha katering yang kamu jalani. Tetapkan nama merek sesudah kamu percaya pilih tipe katering mana yang hendak ditelateni.

Pilih nama merek yang gampang dikenang, terkait dengan katering, bermakna, bagus, dan tentunya idak boleh salah. Penyeleksian nama merek yang bagus dapat datangkan peruntungan lho! Janganlah lupa menyiapkan simbol, karena ada nama merek dan simbol, usaha yang kamu jalani akan kelihatan semakin kompeten.

Sedapat mungkin simbol atau merek yang telah dibikin diciptakan dan jadi cap makanan. Kamu dapat baca contoh cap makanan untuk memberinya rekomendasi cap makanan yang memikat.

Cari Vendor Murah dan Berkualitas

Harga bahan baku makanan di toko satu sama yang lain kemungkinan tidak berbeda jauh. Tetapi, bila kamu punya niat mengawali usaha katering, otomatis kamu harus menyiapkan bahan baku dengan jumlah banyak bukan? Karena ketidaksamaan kecil itu nanti akan menekan modal jadi lebih sedikit.

Pilih toko yang sediakan vendor termurah. Bukan hanya hanya itu, tentukan yang berkualitas. Janganlah sampai vendor itu jual bahan baku yang tidak fresh bahkan juga busuk. Seharusnya, Pins segera beli ke arah tempat ‘kulakan\\\\\\\\\\\\\\\’ bahan baku, tidak boleh membeli di pasar atau toko kelontong. Dengan demikian, Pins tentu mendapatkan harga yang cukup miring.

Mempersiapkan Modal Usaha

Karena kamu telah menyiapkan usaha katering ini dengan cukup masak, sekarang waktunya untuk menyiapkan modal usaha. Modal usaha tentu saja ikuti tipe usaha katering yang telah kamu tentukan. Makin banyak modal yang kamu keluarkan, tentu saja makin banyak pula keuntungan yang nanti akan didapatkan.

Samakan modal dan kekuatanmu dan jangan memaksa. Bila memang rasio usaha katering masih juga dalam rasio usaha rumahan, sebaiknya pakai modal yang tidak besar. Kamu dapat sedikit demi sedikit bangun usaha dan modalmu.

Tetapi ingat, kamu harus juga betul dalam menimbang modal yang dipakai dan keuntungan yang didapat, kamu dapat baca panduan mengurus keuangan usaha untuk memberinya deskripsi bagaimana pengendalian keuangan usahamu.

Lakukan Promo

Salah satunya panduan mengawali bisnis catering yang terpenting ialah lakukan promo. Bagaimana beberapa orang akan pesan jasa kateringmu bila mereka bahkan juga tidak paham berkenaan beberapa menu yang dijajakan? Mulai kerjakan promo sesuai sasaran pasar yang telah diperkirakan dari sejak awalnya. Bila kamu pilih tipe katering untuk perusahaan, kerjakan promo di perusahaan.

Bila kamu pilih tipe katering rumahan, kamu mulai bisa mempromokannya ke tetangga kompleks rumah. Tidak seperti zaman dahulu, di mana promo cuman memercayakan ‘mulut ke mulut\\\\\\\\\\\\\\\’ saja. Saat ini kamu dapat memasarkannya di internet dengan pendekatan digital pemasaran.

Kamu mulai bisa pasarkan lewat web, sosial media, dan iklan digital. Makin jauh capaian promo, makin besar kesempatanmu untuk memperoleh customer. Ingat, bila promo lewat cara online, buat daganganmu sangat menarik, entahlah dari photo, paket, pokoknya buat isinya menarik.

Perannya akan mengganti nomormu jadi sebuah link. Jadi kelak konsumenmu tidak perlu menulis nomor WhatsApp, hanya perlu klik link saja.

Memberikan Servis yang Maksimal

Tidak boleh cuman produk upayanya saja yang dioptimalkan, tetapi kamu sebagai pebisnis harus juga selalu memberinya servis yang maksimal. Bila kamu mengaryakan pegawai, berilah pelatihan lebih dulu. Janganlah sampai pegawai-karyawan yang diambil tidak memberinya servis yang baik pada customer.

Servis yang jelek seperti pegawai yang kurang ramah, makanan pesanan salah, katering datang tidak on time, pasti membuat beberapa customer berpikiran berulang-kali untuk memakai jasamu kembali.

Pembukuan Keuangan

Sesudah usaha katering berjalan, janganlah sampai lupa untuk lakukan pembukuan periodik. Ini penting. Dengan lakukan pembukuan, kamu dapat ketahui untung-rugi dari usaha. Tiap transaksi bisnis yang sudah dilakukan dapat terdaftar secara baik, hingga mempermudah saat kamu lakukan auditing perusahaan.

Tidak boleh bingung, sekarang ini banyak pebisnis muda yang kerap meremehkan pembukuan, hasilnya pendataan keuangan tidak terdaftar secara baik, itu dapat merusak usaha yang ditelateni. Kembali lagi, di jaman yang serba digital ini, kamu tak perlu lakukan pembukuan lewat cara manual.

Dengan mempelajari beberapa panduan mengawali usaha katering di atas, seharusnya kamu tak perlu ragu kembali untuk mengawali usaha katering. Untuk taktik awalnya, ialah rencana yang masak, dituruti dengan servis optimal untuk beberapa customer, dan tidak boleh lupakan pembukuan yang penting.

Memperhatikan Rasa Makanan

Tentu saja Pins ingin usaha katering ini selalu jalan bukan? Apa lagi bila ada berlangganan dari klien-klien yang awalnya sudah pesan lebih dahulu. Bukan hanya tambahan omset, tetapi Pins akan mendapatkan jaringan usaha yang lumayan luas. Untuk merealisasikan hal itu, tentu saja Pins harus memerhatikan kualitas dari makanan yang ditawarkan.

Minimum, rasa makanan yang dihidangkan sebaiknya nikmat, bergizi, dan sesuai harga yang dijajakan. Seharusnya rasa makanan katering yang ditawarkan memiliki cita-rasa yang unik. Di mana hal itu menjadi kekhasan tertentu untuk usaha katering yang kamu jalani.

Baca juga: Beternak Burung LoveBird secara koloni dan prospek bisnisnya

Sukses dalam Bisnis Catering

Setiap orang yang memulai usaha pasti ingin sukses menjalankan usahanya. Kesuksesan dalam sebuah usaha, di samping berdoa, juga dibarengi kerja keras, pengelolaan yang baik, dan strategi usaha yang jitu. Dalam usaha catering, yang perlu diperhatikan adalah menu dan rasa. Pemilihan menu yang tepat dan rasa yang enak menjadi salah satu bagian dari strategi usaha catering.

Jika menu dan rasa yang enak, orang pun tidak akan rugi mengeluarkan uang banyak untuk berlangganan cateringmu. Apalagi, bahan-bahan yang digunakan terjaga kesegaran dan kebersihannya. Pins dapat membuat menu khas dari bisnis catering yang dapat diunggulkan.

Di samping menu, harga pun menjadi pertimbangan untuk menarik pelanggan. Tidak ada salahnya, jika di awal usaha kamu memberikan harga sedikit lebih murah untuk menarik pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan menu catering, kamu dapat menaikkan harga kembali pada posisi normal, bahkan sedikit lebih mahal. Penentuan harga disesuaikan dengan biaya pembelian bahan-bahan dan biaya produksi.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting dalam usaha ini adalah promosi dan pemasaran. Kamu dapat mempromosikan bisnis catering kepada kenalan, tetangga, atau orang lain. Media promosi dapat dilakukan melalui selebaran atau brosur yang disebar ke berbagai komplek perumahan atau perkantoran. Bahkan, pada saat acara arisan atau pengajian.

Kamu juga tidak perlu khawatir masalah pengiriman catering jika belum memiliki karyawan. Saudara atau kerabatmu bisa diajak kerja sama untuk bagian pengiriman dengan sistem upah mingguan atau bulanan.

Ada banyak cara menuju sebuah kesuksesan. Tinggal bagaimana kamu melaluinya setahap demi setahap dengan penuh semangat, disiplin, kerja keras, dan doa. Kesuksesan tidak diukur dari hasil yang diperoleh, tetapi diukur dari proses demi proses yang telah dilakukan.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia