Bisnis Butik Online yang menggiurkan, ini tips agar sukses

Diperbarui oleh ∙ October 17, 2022 ∙ 12 menit membaca

Sejarah Negara Com – Bisnis butik online semakin marak. Perhatikanlah dinding Facebook, biasanya ada saja beberapa teman yang menawarkan pakaian, tas, sepatu, pernak-pernik aksesori. Yang paling banyak memang menawarkan pakaian dengan berbagai bentuk desain, warna, bahan, dan harga yang menarik untuk disimak. Bisnis pakaian ini selalu saja menawan hati karena mungkin para konsumennya tidak ada matinya mencari barang baru.

Bisnis termasuk salah satu jalan yang paling baik untuk diambil sebagai mesin pencetak uang. Sebagai kunci utama, membawa hobi Anda masuk ke dalamnya akan membantu menikmati pekerjaan tersebut. Untuk memulainya, maka dapat dilakukan bisnis dengan modal sendiri, jual online atau jual secara langsung.

Ada banyak cara yang dapat dipilih dalam melakukan bisnis. Jika Anda termasuk orang yang sangat mencintai dunia fashion, maka membuka usaha bisnis butik termasuk salah satu contohnya. Bisnis ini mempunyai prospek yang tak akan pernah habis seperti halnya bisnis makanan.

Bisnis Butik Online

Bisnis Butik bukan hanya untuk wanita

Yang melakukan bisnis butik secara online ini tidak hanya kaum wanita. Para bapak banyak juga yang melakukannya. Malah gaya berjualannya lebih trendi dan lebih taktis. Kata-kata yang digunakan dalam menawarkan barang tidak seperti memelas atau mengiba-iba. Mereka lebih menggunakan kacamata bisnis yang sesungguhnya. Misalnya, tidak ada ajakan untuk ‘mampir’ melihat-lihat. Yang mereka lakukan adalah dengan mengurai apa saja kelebihan dari barang yang dijajakan.

Tidak lupa ada nomor telepon atau PIN BB yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Barang yang diperdagangkan tidak sebatas pakaian wanita. Semua jenis pakaian mulai dari untuk anak-anak, remaja, hingga untuk orang tua. Para model yang ditampilkan juga tidak harus model yang telah punya nama. Asalkan pakaian yang melekat di tubuh model terlihat pas, maka pakaian itu pun akan mendapatkan perhatian.

Bagi orangtua yang telah berumur juga mendapatkan tempat khusus dengan memberikan jenis pakaian yang pantas mereka kenakan. Biasanya, pakaian ini lebih ke selera yang tidak norak walaupun tetap pantas dikenakan oleh orang yang telah terlihat dewasa. Nama yang digunakan untuk setiap pakaian yang dipajang juga menarik. Disamping nama, ada juga kode yang akan memudahkan para calon pembeli memesan pakaian yang diinginkannya.

Terkadang, penawaran secara online ini berlanjut ke kopi darat. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang tidak puas bila hanya melihat dari layar komputer. Mereka perlu memegang dan merasakan pakaian yang akan dibelinya. Para penjual pakaian ini memang sangat kreatif. Berbagai cara yang unik mereka lakukan. Bahkan ada yang membuat sistem keanggotaan agar para pelanggan mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Dengan sistem keanggotaan ini, para anggota bisa mendapatkan katalog butik secara berkala. Bila mereka tertarik, mereka bisa langsung menghubungi pihak butik online tersebut. Demi menjaga kualitas, tidak jarang ada butik yang hanya memberikan bahan pakaian bermutu. Mutu ini tentu saja diikuti dengan harga yang tidak murah. Apalagi kalau pakaian laki-laki yang berupa jas atau taxedo. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Para pedagang online ini memang harus selalu mengikuti tren yang sedang marak. Bila perlu mereka menjadi pencipta tren sehingga akan diikuti oleh yang lain. Tidak mudah memang menjadi yang terdepan. Terutama bagi para pedagang busana muslim. Ketika mereka merancang sebuah pakaian, yang dipikirkan tidak hanya warna, bahan, ukuran, dan bentuk, tetapi juga apakah pakaian itu tetap memenuhi apa yang telah ditetapkan oleh agama.

Sayangnya, tidak banyak pembuat pakaian muslim yang istiqomah dalam hal ini. Mereka bahkan cukup berani dengan membuat tren pakaian muslim yang tetap dikategorikan telanjang. Misalnya, bahan spandex yang kalau dikenakan akan mengecap ke tubuh sehingga lekuk tubuh wanita malah akan menonjol. Jilbab pun begitu.

Model jilbab yang dikenakan malah tidak menutupi dada. Bahan yang dipakai juga tipis. Malah ada yang dimasukan ke dalam pakaian sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai jilbab. Jilbab itu harus menutup dada dan longgar. Sebenarnya, jilbab inii tidak perlu banyak dibuat kreasi karena fungsinya untuk membuat wanita tampak bersahaja bukannya malah sangat menarik perhatian.

Kalau pemakaian jilbab itu malah menarik perhatian dengan dibuat tinggi berjambul serta dililitkan sedemikian rupa, hal ini malah menonjolkan kecantikan wanita. Wanita muslim itu harus dijaga kecantikannya agar tidak mengundang hal-hal yang negatif. Faktor ini ternyata banyak diabaikan oleh para penjual busana online. Mereka berlomba membuat tutorial cara mengenakan penutup kepala yang tidak bisa dikatakan sebagai jilbab.

Baca juga: Mencari Bisnis Baru yang lebih Profitable

Tetap Waspada

Butik online ini memang sedang mendapatkan tempat yang cukup tinggi. Tetapi ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Berita tentang pembeli yang kecewa karena ternyata pakaian yang akan dibelinya dijual oleh butik online palsu, mau tidak mau membuat beberapa orang mengurungkan niatnya membeli pakaian secara online. Selain itu, kejadian beberapa butik online yang ditipu oleh para pembelinya juga agak mengendurkan semangat para pelaku bisnis pakaian online.

Untuk itulah, baik para pembeli maupun penjual perlu waspada. Butik online serius atau yang asli biasanya akan sering melakukan aktivitas. Hal ini ditandai dengan seringnya memberikan gambar pakaian baru atau memberikan unggahan status yang sesuai dengan apa yang dijual. Kalau sebuah butik online jarang beraktivitas, maka hal ini perlu dipertanyakan.

Seperti juga toko yang ada di mal-mal, mereka akan buka setiap hari selama beberapa jam. Begitu juga dengan toko atau butik pakaian online. Seharusnya, aktivitas ini terjaga pada jam-jam tertentu sehingga para pembeli bisa menghubungi dengan mudah.

Untuk para penjual online, mereka perlu memikirkan teknik pembayaran. Walaupun ada yang menginginkan bayaran beberapa persen sebelum barang dikirim, ada baiknya memang menunggu hingga barang lunas dibayar, baru dikirim. Walaupun terkadang sistem ini kurang diminati pembeli, demi menjaga keberlangsungan toko online tersebut, maka terkadang hal ini perlu ditempuh. Berbeda kalau pembeli itu telah melakukan transaksi berkali-kali dan telah terjalin rasa saling percaya.

Transaksi ini biasanya dilanjutkan dengan komunikasi melalui BBM, telepon atau SMS. Rasa saling percaya ini sangat penting. Apalagi kalau ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan. Bila hal ini merupakan kesalahan dari pemilik butik, seharusnya ongkos kirim ditanggung oleh pemilik barang. Sayangnya, terkadang malah pembeli tidak bisa berbuat apa-apa karena barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar.

Ongkos kirim berkilonya biasanya 17 ribu rupiah. Untuk satu kilo ada 6-7 barang kalau bahannya ringan seperti jenis sifon. Kalau bahannya berjenis spandex, biasanya satu kilo hanya berisi 3 buah jenis pakaian saja. Bagi yang ingin menjual lagi barang yang dibelinya secara online, harus memikirkan biaya pengiriman dan berapa harga barang yang sama di pasaran bukan online.

Persaingan di dunia penjualan pakaian ini memang sangat tinggi. Kalau para penjual tidak kreatif, mereka bisa tergerus. Hampir setiap saat ada saja barang baru. Untuk itulah perlu membuat sketsa yang bagus sebelum melemparnya ke pasaran. Modal uang yang cukup banyak saja masih belum cukup. Kepiawaian mengambil celah berpromosi dengan fasilitas yang ada, merupakan hal yang sangat penting.

Bila telah mendapatkan pasar yang baik, pasar ini perlu dijaga. Jangan sampai pasar menjadi kecewa ketika banyak pakaian yang tidak seperti ditampilkan oleh para model di layar komputer. Mereka perlu mengamati selera pasar juga dan tidak membuat banyak stok agar tidak merugi.

Janis Butik yang perlu anda ketahui

Bila Anda mempunyai modal yang lumayan besar besar, Anda menjadi penjual grosir baju. Dengan jadi penjual grosiran, Anda jadi orang pertama kali yang beli dari produsen dan menjualnya lagi dalam jumlah yang banyak juga. Keuntungannya, Anda dapat memperoleh barang pada harga yang paling murah karena langsung dari sumber pertama. Kebalikannya, bila modal ada tidak demikian besar, Anda menjadi penjual ketengan.

Cara awalan yang perlu Anda kerjakan dengan tentukan tipe butik yang ingin Anda urus. Apa Anda ingin jual baju khusus pria, wanita atau remaja? Atau Anda akan jual baju, kaos, jersey bola? Semua tipe baju ini dapat Anda tentukan seperti keinginan Anda.

Sesudah butik Anda berkembang, Anda mulai bisa menambah tipe produk sebagai simpatisan produk khusus yang Anda jual, misalkan seperti Anda yang jual baju, jual dompet, sepatu, tas atau topi yang pas dipakai sebagai simpatisan produk khusus butik Anda.

Meskipun ada banyak yang berasumsi bila butik itu cuman jual satu tipe produk, tetapi Anda menjadi berbeda dari lainnya dengan jual beragam produk sekalian yang pas dipakai untuk siapa saja.

Baca juga: Beternak Burung LoveBird secara koloni dan prospek bisnisnya

Tips Mendirikan Bisnis Butik

Bingung bagaimana memulai sebuah bisnis? Anda termasuk penyuka dunia fashion? Apakah keputusan membuka bisnis jenis butik adalah hal terbaik?

Untuk langkah pertama, tentukan objek yang akan dijadikan bisnis. Jika terfokus pada dunia fashion, persempit kembali objeknya, apakah berupa aksesoris atau pakaian. Setelah itu carilah supplier dengan mengontak asosiasi nasional distributor untuk mendapatkan supplier yang dapat menjual produk Anda dengan benar.

Setelah Anda mendapatkan data beberapa supplier, segeralah kontak mereka untuk menawarkan produk dan menanyakan apakah mereka bersedia bekerja sama selanjutnya. Menurut salah seorang ahlli fashion-dikutip dari Stylecareer.com-Jennie S Bev, menyatakan bahwa setiap pengusaha yang mendirikan butik hendaknya membatasi jumlah supplier hingga menjadi satu.

Hal ini dilakukan agar mempermudah proses pemesanan. Selain itu, kita sebaiknya memilih supplier yang memberikan tawaran biaya per unit dengan harga rendah. Tujuannya untuk membantu bisnis dalam meraih keuntungan setiap itemnya.

Langkah selanjutnya adalah menentukan dan menemukan lokasi untuk usaha butik Anda. Jika online, silakan membuat konsep marketingnya. Tidak lupa juga untuk selalu mempelajari karakter/ target pembeli. Jika berbentuk tempat, maka pilihlah tempat dengan harga sewa murah untuk setiap bulannya.

Cari tahu pesaing dalam lingkup bisnis Anda, sebagai bahan pertimbangan menganalisa poin-poin dari rival bisnis. Misalnya, apakah mereka memberikan penawaran khusus, atau apa saja produk-produk yang menjadi best seller mereka, dan lain sebagainya. Sebagai permulaan, ajak anggota keluarga Anda untuk membantu membangun bisnis tersebut. Ini dilakukan juga agar meminimalisir pengeluaran. Jadi, Anda bisa terfokus pada bisnis bukan masalah karyawan.

Untuk masalah promosi, sebagai permulaan yang cepat, Anda bisa membuat iklan singkat di media sosial pribadi, atau mungkin berbayar. Selain iklan online, ada baiknya membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan Anda (rumah, kampus, dan tempat lainnya). Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan. Semoga berhasil!

Baca juga: Boneka Barbie, Bisnis Menggiurkan yang terus berlanjut

Berapa Modal Usaha Butik?

Jika sudah dipastikan akan membuka usaha bisnis butik ini, maka giliran Anda memikirkan modal yang harus dikeluarkan demi terwujudnya sebuah bisnis idaman. Inilah perkiraan modal yang harus dikeluarkan saat pertama kali mendirikan bisnis butik. Rincian di bawah ini tentunya tergantung tingkat perekonomian setiap daerah yang tentunya berbeda-beda, ini hanya sebagai gambaran saja.

  • Sewa tempat Rp. 25.000.000/tahun
  • Etalase Rp. 5.000.000
  • Stok pakaian Rp. 7.000.000-Rp. 10.000.000
  • Listrik Rp. 150.000/bln
  • Gaji karyawan Rp. 700.000-Rp.1.000.000/bln
  • Biaya perawatan gedung Rp. 325.000/bln
  • Lain-lain Rp. 1.000.000

Mengingat pakaian merupakan kebutuhan pokok, maka pangsa pasarnya sangatlah luas. Jadi, jangan khawatir berapa lama modal akan kembali. Dalam berbisnis, menikmati situasi adalah penting. Tapi, karena pangsa pasarnya luas, pesaing juga tidak akan pernah sepi, akan ada nama-nama baru. Karenanya, kita sendiri harus memiliki sketsa strategi yang handal. Strategi ini dapat berupa jenis produk, segmentasi pasar, variasi produk, sistem pemasaran, dan juga harga.

Target pembeli juga merupakan strategi jitu dalam mengembangkan jumlah traffic. Setiap pangsa memiliki strategi berbeda pula, maka tak ada hasil pasti dalam setiap perkiraan yang dibuat. Ini semua merupakan beberapa faktor penentu bagaimana sebuah usaha akan berkembang.

Tidak menutup kemungkinan juga akan adanya hal-hal yang tidak sesuai rencana, berupa kendala-kendala kecil hingga besar sebagai bumbu dalam bisnis. Tak pernah ada yang tahu, maka dari itu persiapkan biaya luar dugaan untuk mengatasi terjadinya kerugian. Buatlah target penjualan, karena ini adalah penguat bisnis baru didirikan.

Setelah dianalisa dari sisi potensi dan resiko, kita sudah tahu bahwa usaha ini merupakan investasi real. Break event point yang dihitung akan bergantung pada hasil proyeksi penjualan per bulannya. Selanjutnya, jangan melupakan pekan mode pembangun bisnis sebagai upaya selanjutnya mempersiapkan diri membuka bisnis jenis butik.

Jakarta Fashion Week merupakan salah satu ajang fashion yang dipertontonkan oleh khalayak dan media. Acara ini selalu menghadirkan karya fashion dari banyak desainer dengan kreativitasnya masing-masing. Bukan hanya dalam negeri, bahkan desainer luar negeri juga tak jarang ikut meramaikan dunia fashion tanah air kita ini sehingga semakin berwarna.

Oleh kelompok Femina Group (kelompok media), pecan mode dijadikan sebagai ajang yang mengarah kepada bisnis. Wujudnya adalah dengan diadakannya sebuah buyer’s room. Tempat ini disediakan sebagai penyambung antara desainer dan para pembeli (agensi mode, pengelola dept.store,dan agensi mode).

Jakarta Fashion Week juga selalu berusaha mendatangkan pengelola pusat dari bisnis mode tersebut, antara lain butik online seperti Zalora Indonesia. Adapun kedatangannya tidak hanya diharapkan sebagai sponsor, tetapi ikut berperan sebagai media bisnis untuk para desainer.

Banyak desainer yang mengaharapkan bahwa ajang-ajang seperti ini dapat memberikan kemudahan bagi mereka dengan pihak ritel dan bank. Bagi mereka dengan cara seperti ini mereka telah mendapatkan paket yang baik.

Selain itu, tidak luput juga dari bidikan adalah, media online. Apalagi di era digital seperti ini, jangkauan pasar akan semalin luas. Disinilah para desainer dituntut untuk dapat selalu membaca selera pasar. Mereka diharuskan juga menjadi pengelola yang pandai, agar proses produksi dapat saling berkesinambungan. Dari ajang ini pula para desainer muda dapat pembinaan dengan mendatangkan Center for Fashion Enterprise, diarahkan bagaimana cara berbisnis dalam lingkup global hingga mendunia.

Tips sukses bisnis butik online

Untuk menjadi seorang yang sukses dalam bisnis butik online berikut tips yang bisa anda coba:

1. Tidak boleh kebanyakan mikir

Jadi orang tentu bisa banyak hal yang dipikir saat ingin mengawali sebuah usaha, tetapi rupanya menurut Kallista saat mengawali sebuah usaha bagusnya tidak boleh sangsi dalam mengawali suatu hal.sebuah hal.

Kerjakan apa yang ingin kamu mulai, tidak boleh kebanyakan pikirkan beragam peluang, karena kamu tidak akan tahu apa yang bisa terjadi saat sebelum kamu mengawalinya.

2. Turuti arus

Tujuannya kamu perlu ikuti apa yang menurutmu bagus untuk usahamu, tidak boleh terlampau dengarkan apa opini seseorang mengenai produk yang ingin kamu jual.

Bila menurutmu produk itu akan laris di pasar, pasti sesuai bagaimana harapanmu.

Tetapi, bila tidak kamu bisa mendapatkan pelajaran dan ada banyak alternative lain untuk produk itu, dengan membuat potongan harga dan promosi misalkan.

3. Inovatif

Karena dunia bisni online capaiannya luas, sebagai fashionpreuneur kamu harus semakin banyak gagasan inovatif untuk koleksi yang ingin kamu jual.

Makin memikat gagasan perancangan koleksimu, karena itu orang semakin lebih berminat untuk beli koleksi baju di butikmu.

4. Membaca tren mode secara baik

Janganlah sampai koleksi yang kamu jual ketinggalan oleh mode dari merek lain, kamu perlu menyaksikan beragam ide dari merek luar supaya makin menarik perhatian.

Banyak-banyak menyaksikan ide dari internet mengenai tren mode yang ada, ingat tidak boleh kebanyakan saat produksi supaya barangmu laris terjual semua, karena tren pasti berubah-ubah tiap musim.

6. Lihat pesaing

Karena jumlahnya tandingan di usaha online, kamu harus lihat bagaimana harga produk yang dipasarkan oleh pesaingmu.

Janganlah sampai harga yang kamu jual tidak logis dibanding pada harga yang dipasarkan oleh merek lain.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Provinsi Sulawesi

Telah hadir rumah subsidi di provinsi Sulawesi. Menjawab impian kamu yang ingin punya rumah dengan

Rumah
Rumah Rumah Subsidi di Sumatera Utara

Rumah subsidi di Sumatera Utara adalah solusinya!. Bagi Pins yang berpenghasilan menengah ke bawah

Lifestyle
Lifestyle 7 Contoh Surat Peminjaman Barang dan Tempat

Ingin meminjam barang namun diminta suratnya? Di artikel yang membahas contoh surat peminjaman bara

Gadget
Gadget 11 Rekomendasi HP Samsung 5 Jutaan Terbaik Untuk Budget Cukup!

Pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan pertumbuhan smartphone canggih. Samsung merupakan per

Finansial
Finansial Ada Konsultan Take Over di Pinhome, Info Ini Cuma Buat Kamu. Simak Yuk!

#WaktunyaBeliRumah - Pins, pernahkah kamu mendengar istilah Take Over? Istilah ini sering digunakan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia