Biografi Taufik Hidayat

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 10 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Biografi Taufik Hidayat – Siapa yang tak kenal dengan Taufik Hidayat? Yup, pemain bulu tangkis terbaik Indonesia ini sudah menorehkan banyak sekali prestasi untuk Tanah Air. Tak heran bila banyak orang yang ingin tahu soal biografi atau latar belakang kehidupannya.

Nah dalam artikel ini, Anda akan mengetahui profil maupun biografi Taufik Hidayat secara lengkap, mulai dari kehidupan pribadinya, hingga prestasi yang pernah diraih.

Baca juga: Pemain Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Profil & Biografi Lengkap Taufik Hidayat

profil dan biografi taufik hidayat
Sumber: wikipedia

1. Kehidupan Pribadi Taufik Hidayat

Taufik hidayat adalah atlet bulu tangkis terbaik kebanggaan Indonesia yang berhasil mendapatkan prestasi dunia.

Ia adalah seorang anak dari pasangan Aris Haris dan Enok Dartilah, dan menikah dengan Ami Gumelar, putri dari Linda Amalia Sari dan Agum Gumelar.

Dari pernikahannya itu, Taufik Hidayat dikaruniai seorang putri bernama Natarina Alika Hidayat. Putrinya ini lahir epat sebelum ia berangkat menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk mengikuti Kejuaraan Dunia.

Lalu tanggal di bulan Juni tahun 2010, Taufik kembali dikaruniai anak kedua yang kemudian di beri nama Naytama Prawira Hidayat.

Pada tanggal 30 Januari 2009, Taufik mundur menjadi Pelatnas Cipayung dan setelahnya diangkat menjadi pemain profesional. Di bulan Novermber tahun 2012, ia mendirikan pusat pelatihan bulu tangkis bernama Taufik Hidayat Arena [ THA ]. Lokasinya berada di Ciracas, Jakarta Timur.

2. Keunggulan Taufik Hidayat

Taufik Hidayat merupakan salah satu pemain yang memiliki skill smash tercepat di dunia. Pada Kejuaraan Dunia tahun 2006 di Madrid, ia telah mencetak rekor smash tercepat dengan capaian 305 km/jam.

Selain itu, ia juga berhasil melancarakan pukulan smash Backhand tercepat di dunia. Ketika itu kecepatan yang dihasilkannya adalah 206 km/jam. Bisa dibilang, teknik dasar bulu tangkisnya ini belum bisa diikuti oleh generasi-generasi setelahnya.

Tak hanya unggul dalam pukulan smash, Taufik Hidayat juga memiliki skill melakukan pukulan drop shot yang tak banyak bisa dilakuka atlet bulu tangkis lainnya.

Baca juga: Pola Permainan Bulu Tangkis (Penyerangan dan Pertahanan)

3. Prestasi Taufik Hidayat

Inilah sederet prestasi yang telah diraih oleh Taufik Hidayat:

  • Pada tahun 1998 taufik hidayat berhasil menjadi juara Brunei Open. Kemudian disusul tahun 1999 ia telah berhasil menjadi juara Indonesia Open dan Juara SEA.
  • Pada tahun 2000, Taufik Hidayat telah berhasil kembali menjadi juara Indonesia Open, Malaysia Open dan juga telah berhasil menjadi juara di Asia.
  • Pada tahun 2001, ia telah mendapatkan juara Singapore Open. Kemudian disusul tahun 2002 menjadi juara Sanyo-BNI Maybank Indonesi Open dan juga menjadi juara di Asian Games.
  • Pada tahun 2003, Taufik Hidayat telah berhasil menjadi juara Sanyo-BNI Maybank Indonesia Open. Kemudian tahun 2004, ia kembali meraih juara Indonesia Open, Juara Kejuaraan Asia dan berhasil meraih juara Olimpiade.
  • Pada tahun 2005, Taufik Hidayat telah berhasil meraih juara Singapore Open dan meraih juara di Kejuaraan Dunia.
  • Pada tahun 2006, Taufik Hidayat telah berhasil mendapatkan juara Indonesia Open dan Juara Asian Games. Kemudian pada tahun 2007, ia kembali meraih juara Kejuaraan Asia dan Juara di SEA Games.
  • Pada tahun 2008, Taufik Hidayat telah berhasil menjuarai Macau Open dan tahun 2009 ia mendapatan juara US Open dan India Open.

4. Prestasi Taufik Hidayat dari 2010 -2012

  • Pada tahun 2010, Taufik Hidayat telah berhasil  menjadi juara Canada Open, Indonesia GP Gold dan meraih juara French Open SS.
  • Pada tahun 2011, Taufik Hidayat telah meraih banyak prestasi. Mulai dari masuk dalam semifinal VICTOR-BWF Superseries Finals. Kemudian ia juga menjadi Runner-Up PROTON MALAYSIA OPEN SUPER SERIES.
  • Pada tahun 2011 juga, Taufik Hidayat masuk dalam semifinal Victor Korea Open Super Series Premier. Kemudian masuk semifinal Yonex-Sunrise India Open Superseries.
  • Pada tahun 2011 juga Taufik Hidayat telah berhasil masuk perempat final Indonesia Open Superceries Premier. Di tahun ini juga ia telah berhasil meraih juara India Open Grand Prix Gold.
  • Pada tahun 2012 Taufik Hidayat telah berhasil masuk dalam semifinal Maybank Malaysia Open yang di presented oleh PROTON. Ia juga telah masuk dalam semi final Swiss Open.

5. Kehidupan di Luar Bulu Tangkis

Taufik Hidayat adalah orang yang terkenal di dunia karena prestasinya dalam cabang olahraga bulu tangkis. Akan tetapi, dengan prestasi yang ia raih banyak wanita yang menyukai dirinya tersebut. Taufik Hidayat sering disebut sebagai seorang playboy.

Sebelum ia menikah bersama Ami Gumelar, banyak wanita yang telah ia kencani. Beberapa diantaranya pun merupakan kalangan artis, seperti Nola AB Theere, Deswita Maharani dan Linda Rahma.

Bahkan sempat muncul isu dimana terdapat seorang perempuan bernama Fanny yang mengaku dirinya pernah dihamili oleh Taufik Hidayat. Fanny dihamili oleh Taufik Hidayat ketika ia masih sekolah. Anak yang lahir dari Fanny ini diberi nama Excel Revian Agachia.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Nah itulah dia sederet kisah atau biografi Taufik Hidayat yang di sampaikan melalui artikel ini. Mudah-mudahan bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Salam olahraga.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: indosport.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia