Pinhome

Biografi Lionel Messi

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 9 August 2021 ∙ 9 menit membaca

Profil & Biografi Lionel Messi – Lionel Messi merupakan salah satu pemain sepak bola dunia yang berasal dari Argentina. Ia lahir di Rosario pada 24 Juni 1987 dan kini ini tengah bergabung di salah satu klub terbesar Eropa, yaitu Barcelona FC.

Lionel Messi berhasil mencatat banyak prestasi sebanyak 34 gelar selama ia berkarir di Barcelona. Ada berbagai gelar bergengsi yang ia raih, seperti 10 gelar La Liga dan 4 gelar Liga Champions dan 6 gelar Ballon d’Or/FIFA Ballon d’Or untuk penghargaan pribadi atau pemain terbaik dunia.

Nah, jika Anda penasaran ingin tahu tentang sosok Lionel Messi dan bagaimana perjalanan karirnya di bidang sepak bola, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Profil dan Biografi Lionel Messi

biografi lionel messi
Sumber: thedispatch.in

Dalam sepanjang sejarah Barcelona, Lionel Messi menjadi salah satu pemain dengan pencetak gol terbanyak. Itu sebabnya ia dianggap sebagai pemain terbaik Dunia FIFA dan Ballon d’OR pada usianya yang ke 21.

Ia memenangi Ballon d’OR pada tahun 2009. Lalu pada tahun 2010 dan 2011 ia mendapatkan penghargaan pertama FIFA Ballon d’ OR.

Pemain keempat yang telah menjuarai tiga Ballon d’Or adalah Messi. Ia juga merupakan pemain kedua yang telah mendapatkan Ballon d’Or dua kali berturut-turut.

Klub yang telah di bawanya menjuarai beberapa kejuaraan seperti:

  • Dua Copa Del Rey
  • Lima La Liga
  • Tiga Champions UEFA
  • Satu Supercopa de Espana
  • Dua Piala Super Erop
  • Dua Piala Dunia Klub

Ia telah mencetak rekor Liga Champions UEFA pada tahun 2012. Selain itu ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Pada salah satu musim Liga Champions, ia pernah menyamai rekor 14 gol Jose Alfani. Pada tahun 2011 dan 2012, dirinya menjadi pencetak rekor gol terbanyak dengan total 73 gol. Lalu di musim yang sama, ia menjadi pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim dengan menyumbangkan 50 gol.

Baca juga: Sejarah Barcelona FC dan Awal Berdirinya

1. Kehidupan Awal Lionel Messi

Messi lahir dari pasangan Jorge Horscio yang bekerja di pabrik besi dan ibunya bernama Maria Cuccittini, yang merupakan seorang pembersih paruh waktu di Rosario, Provinsi Santa Fe.

Kalau dilihat dari keturunan ayahnya, ia berasal dari Ancona, salah satu kota di Italia. Dimana pada tahun 1883 leluhurnya Angelo Messi hijrah ke Argentina.

Ia memiliki 4 saudara, 2 kaka laki-laki yaitu Rodrigo dan Matias dan satu perempuan, Mara sol. Messi mulai bermain sepak bola di usia ke 5 tahun dengan bergabung di Klub Grandoli, yakni sebuah klub lokal yang di latih oleh ayahnya sendiri.

Lalu Messi bergabung dengan Newell’s Old Boys yang berbasis di kampung halamanya pada tahun 1995 di Rosaria.

Messi didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan pada usianya yang ke sebelas. Karena perkembangannya dalam bermain sepak bola, time elite River Plate berminat utuk merekrutnya.

Namun mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk pengobatan Messi, yang dimana pengeluaran perbulannya mencapai 900 dolar.

Direktur olahraga FC Barcelona, Carles Rexach telah menemukan bakat yang dimiliki Messi karena ia memiliki kerabat dekat di Lieida.

Dan kebetulan waktu itu ayahnya menjadi pengatur uji coba bersama tim tersebut. Pada saat itu Rexach menawarkan kontrak kepada Messi tanpa membawa kertas di tanganya.

Namun, Barcelona menawarkan kepada Messi untuk membiayai pengobatan penyakitnya kalau seandainya ia siap untuk tinggal di Spanyol. Pada akhirnya Messi dan ayahnya menyetujui penawaran tersebut, lalu ia pun pindah ke Barcelona dan masuk dalam akademi muda klub.

Baca juga: Profil & Biografi Neymar Lengkap dari Awal Karir

2. Karir Sepakbola

A. Barcelona

Pertama kali Messi main di Barcelona adalah untuk tim junior Barca, Infantil B dan Cadete B dan A dari tahun 2000 sampai 2003.

Saat bergbung di lima tim yang berbeda, ia menjadi pencetak rekor terbanyak pada tahun 2003-2004, kemudian pada Juvenil B ia meraih satu kali gol. Sejak itu, ia dipromosikan untuk bergabung ke Juvenil A.

Kemudian di Tercera Division ia tampil untuk FC Barcelona, pada 29 November 2003. Lalu di Segunda Division B pada 6 Maret 2004 ia tampil untuk FC Barcelona B.

Sepanjang musim ia bermain untuk tim-tim tersebut. Bahkan Messi tampil secara resmi untuk pertama kali untuk tim utama sebelum debut-debut tersebut pada 16 november 2003 di usianya yang ke 16 tahun.

Frsnky Rijkaard member kesempatan debut pertama La Liga untuk Messi sebelum setahun setelah debutnya ketika melawan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004. Ia menjadi pemain termuda ketiga untuk bermain di Barca dan di La Liga, sebelum akhirnya Bojan Krkic mematahkan rekor tersebut pda september 2007.

Pada 1 Mei 2005 ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi Albecete Balompie, saat itu usia Messi 15 tahun, 10 bulan, dan 7 hari, dalam sejarah Barcelona ialah menjadi pencetak gol termuda sebelum dipatahkan oleh Krkic pada 2007, yang mencetak gol dari hasil assit Messi.

Mengenai mantan pelatihnya Messi berkata ‘’ saya tak akan pernah meluapakan fakta bahwa dia yang memualai karir saya, yang memberi saya kepercayaan diri saat saya baru berusia 16 tahun dan 17 tahun’’ selama musim itu juga, ia telah bermain dengan mencetak 6 gol dari 17 laga untuk FC Barcelona B.

Baca juga: 17+ Peraturan Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

B. Musim 2005-2008

Barcelona mengumumkan pembaruan kontrak terhadap Messi pada 16 September, sebagai bagian dari anggota tim utama hingga tahun 2014.

Pada 26 september 2005, Messi mendapat kewarganegaraan Spanyol dan mendapat kesempatan bertanding di La Liga. Pada Liga Champions UEFA ia pertama kalinya tampail pada 27 september saat ia melawan klub Italia, Udinese Calcio.

Karena gaya bermainnya yang memikat, akhirnya para suporter Barcelona di Camp Nou memberikan penghormatan setelah ia dicadangkan. Pada laga tersebut, Messi berhasil mencetak gol dari 17 penampilan Liga, dan satu gol saat Liga Champions.

Baca juga: Pola Permainan Sepak Bola (Penyerangan & Pertahanan)

C. Musim 2006-2007

Messi sukses menjadi pemain regular di tim utama pada musim berikutnya, dalam 26 laga dan sukses mencetak 14 gol. Saat laga melawan Real Zaragoza pada tanggal 12 november, tulang matatarsainya sempat cedera sehingga membuatnya tak bisa bertanding selama 3 bulan.

Messi mencetak hat-trick pada tanggal 10 Maret, dan ini juga merupakan awal bersinarnya dalam lapangan yang menyelamatkan Barelona dengan total 10 pemain.

Baca juga: 6 Jenis Formasi Sepakbola Terbaik yang Digunakan Tim Besar

D. Musim 2007-2008

Messi bermain di laga resmi ke-100 untuk Barcelona melawan Valencia CF pada 27 Februari. Dalam World XI Player Award oleh FIFPro, Messi dinominasikan sebagai kategori penyerang.

Dalam berita di surat kabar Spanyol, hasil survery pemungutan suara menunjukan bahwa Messi layak dijadikan sebagai pemain terbaik dunia dengan 77 persen suara.

El Mundo Deportuive dan Sport kolumnis koran berbasis Barcelona mengatakan bahwa seharusnya Ballon d’Or diberikan kepada Messi, sebuah ide yang di dukung oleh Franz Beckenbauer.

E. Musim 2008-2009

Selama pertandingan Liga Champions melawan Shakhtar Donetsk tanggal 1 Oktober 2008, dalam kurun waktu tujuh menit terakhir, Messi berhasil mencetak 2 gol, setelah Thierry Hensy diganti olehnya.

Setelah itu Barca melawan Atletico Madri, dimana pertandingan ini sering disebut dengan pertandingan persahabatan antara Messi dan teman baik negaranya, yaitu Sergio Aguero.

Pada pertandingan tersebut, Barca menang dengan skor 6-1 dengan Messi menyumbang satu gol. Dalam penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2008, ia masuk peringkat ke dua dengan 678 poin.

Saat Copa del Rey melawan Atletico Madrid tahun 2009, messi mencetak hat-trick dengan akhir pertandingan dimenangkan oleh Barcelona dengan sor 3-1.

Pada 1 February 2009 messi juga mencetak gol ganda lain yang juga penting dimana ia menjadi pemain pengganti di babak kedua dan membawa Barcelona menang atas Racing Santander dengan skor 1-2, setelah sebelumya tertinggal 1-0, dari dua golnya adalah gol liga ke 5000 bagi Barcelona.

Pada tanggal 27 Mei Messi membantu Barcelona dalam memenangkan Liga Champions dengan  mencetak gol kedua di menit ke 70 dan memberikan 2 gol untuk Barceloa, dalam Liga Champions ia menjadi pencetak gol terbanyak, sekaligus termuda dalam sejarah turnamen tersebut.

Selain Liga Champions, ia juga memenangkan UEFA Club Forward Year dan UEFA Pemain terbaik Klub. Barcelona telah memenangkan copa del Rey, La Liga dan Liga champions dalam saua musim, dan akhirnya Barcelona disebut sebagai klub spanyol terbaik dan menjadi pertama dalam sejarah yang memenangka treble winner.

Baca juga: Profil dan Biografi Cristiano Ronaldo Terlengkap

F. Musim 2009-2010

Manajer Narcelona Josep Guardiola menegaskan bahwa Messi pemain terbaik dunia yang pernah ia lihat setelah ia memengkan Piala Super UEFA 2009.

Messi mendatangani tanda tangan baru dengan Barcelona pada tanggal 18 sepetember dengan klausul buy-out mencapai 250.000.000 Euro, menjadikan Messi dan Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain dengan bayaran termahal sepanjang La Liga dan pertahunnya mendapatkan 9.500.000 Euro.

Setelah memperpanjang kontraknya, empt hari kemudian ia mencetak dua gol dan memberikan assit yang baik sehingga Barca menang dan skor menjadi 4-1 atas Racing Santander.

Pada tanggal 1 Desember 2009 ia dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or dan mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Untuk pertama kalinya sepanjang musim, Messi telah mencetak 4 gol sekaligus dalam satu pertandingan pada tanggal 9 April 2010, Barca menang atas Arsenal dengan skor 4-1 di Liga Champions.

Dan dengan cetakan gol inilah Mesi telah melewati pemain Barcelona Rivaldo sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang waktu.

Baca juga: Ini Dia Profil & Biografi Pele, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia

H. Karir Internasional

Bagian terakhir mengenai biografi Lionel Messi ialah karir Internasionalnya, yaitu saat membela Tim Nasional Argentina.

Ia memulai debut untuk Argentia pada Juli 2004, pada saat melawan Paraguay di pertandingan persahabatan U-2-. Ia menjadi bagian dari tim pemuda yang memenangkan kejuaraan Dunia FIFA 2005 pada tahun 2005.

Pada saat itu ia telah memenangkan Golden Shoe dan Golden Ball dengan membawa 6 gol dalam turnamen tersebut.

Dalam kualifikasi piala dunia tanggal 28 Maret 2009 melawan Vanezuela, untuk pertama kalinya Messi menngunakan nomor punggung 10 untuk Argentina.

Diego Maradona sebagai manajer Argentina ini adalah pertandingan pertama resmi yang ia dapatkan. Pada pertandingan ini argentina menang 4-0 dengan Messi sebagai gol pembuka.

Pada menit terakhir melawan Brasil, Messi mencetak gol pada tanggal 17 November 2010 yang membuat Argentina kembali memenangkan pertandingan. Ia mendapatkan skor 1-0 dalam laga pertandingan persahabatan yang diselenggarakan di Doha.

Nah itulah sekilas tentang biografi Lionel Messi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda para penggemarnya. Salam olahraga!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: artoflights.org

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia