Pinhome

Profil dan Biografi Cristiano Ronaldo Terlengkap

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 10 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Siapa yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo? Yup, bisa dibilang Cristiano Ronaldo saat ini dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia.

Bagaimana tidak? Ia diketahui memiliki sederet prestasi termasuk saat ia pindah ke Real Madrid dan menjadi salah satu pemain termahal di dunia.

Bahkan, dalam suatu kesempatan anak dari seorang legenda sepak bola Johan Criyuft berkata, bahwa Ronaldo akan menjadi seorang legenda. Hal tersebut disampaikan seperti pada kutipan berikut ini.

Dalam dunia sepakbola banyak sekali pemain, tapi sangat sedikit yang namanya abadi. Saya bisa mengatakan bahwa seperti ayah, Cristiano akan selalu diingat

Jika Anda adalah salah satu penggemarnya, maka ulasan tentang profil dan biografi Cristiano Ronaldo di artikel ini patut Anda baca hingga tuntas. Yuk, cekidot!

Baca juga: 21 Peraturan Permainan Sepak Bola, Apa Saja?

Profil dan Biografi Cristiano Ronaldo

profil dan biografi cristian ronaldo
Sumber: biografiku.com
Nama Lengkap:Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Tempat, Tanggal Lahir:Funchal, Madeira, Portugal 5 Pebruari 1985
Nama Ayah:Jose Dinis Aveiro
Nama Ibu:Maria Dolores dos Santos
Pasangan:Georgina Rodríguez
Klub Sepak Bola: Sporting [2002-2003] Manchaster United [2003-2009] Real Madrid [2009-2018] Juventus [2018 – ]

Salah satu pemain terkenal di dunia dalam dunia sepak bola adalah Cristiano Ronaldo. Nama panjangnya adalah Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro yang lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada tanggal 5 februari 1985.

Cristiano Ronaldo merupakan anak dari seorang tuakng kebun bernama Jose Dinis Aveiro, dan ibnya adalah seorang tukang masak bernama Maria Dolores dos Santos.

Ronaldo sendiri merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara. Ia memiliki 2 orang kayak, yang pertama adalah kakak perempuan, Liliana Catia dan Elma, dan satu lagi adalah kakak laki-laki yang bernama Hugo.

Yang membuat Ronaldi kecil tertarik dengan olahraga sepak bola adalah karena pekerjaan sampingan ayahnya yang menjadi asisten perlengkapan klub bola. Bisa dikatakan jika dirinya sudah menjadi penggila sepak bola sejak usianya yang ke sepuluh tahun.

Baca juga: Pemain Bola Basket Terbaik Indonesia, Skill Mumpuni

1. Awal Karir Ronaldo

Dalam kesehariannya, Ronaldo sering menghabiskan waktu bermain bola dan sekolah. Di usianya yang ke 16 tahun, Cristiano Ronaldo bergabung dengan Club The Sporting Academia. 

Awal karir Cristiano Ronaldo adalah saat bergabung di do Sporting Lisbon, tim akademi pertamanya itu. Ia pernah mencetak dua gol di pertandingan pertamanya pada saat pertandingan tim ke 17.

Saat menjamu di Manchester United di stadion Estadio Jose Alvalade, Ronaldo tampil sangat memukau sehingga membuat pelatih Manchster [MU] kala itu, Alex Ferguson, menjadi terkesan. Hingga akhirnya Ferguson menawarkan kepada Ronaldo untuk bergabung dalam klubnya.

2. Cristiano Ronaldo Pindah Ke Manchaster United

Di usia yang ke 18 tahun, Ronaldo sudah resmi menjadi pemain dari tim Red Devils pada musim 2003. Bayarannya pada saat itu adalah 12,24 pounds atau sekitar Rp 225 Milyar. 

Ronaldo tampil di MU dengan nomor punggung 7 sehingga sampai sekarang nomor 7 selalu melekat dengan namanya. Liga pertama di MU terjadi ketika melawan Bolton di Preimier League dengan skor 4-0.

Pada tahun 2006, Ronaldo tampil begitu memukau. Ia berhasil menorehkan 20 gol dan dapat membawa Manchster United menjuarai Premier League.

Cristiano Ronaldo atau yang akrab disapa CR7 ini juga banyak mendapatkan gelar dan prestasi selama musim 2006-2009 seperti:

  • PFA Players’ Player of the Year [2006]
  • PFA Young Player of the Year [2006]
  • Barclays Player of the Month [2006]
  • Ballon d’Or [2008]
  • FIFA World Player of the Year Award [2009]
  • Da ia juga meraih penghargaan European Golden Shoe [ sepatu emas ] pada tahun 2007.

Walaupun di Manchester United ia mendapatkapn banyak prestasi, tetapi Ronaldo mengungkapkan kalo ia berkeinginan untuk pindah dari klub tersebut. Sehingga Manchester United pun harus merelakan kepergian CR7 ini dengan tawaran sebesar 80 juta pounds (Rp 1,4 triliun) ke Real Madrid pada Juni 2009.

#3. Cristiano Ronaldo Pinndah Ke Real Madrid

Tak sedikit fans Ronaldo yang menyesali kepergiannya dari Manchester United. Namun biar begitu, Ronaldo tidak pernah menghilangkan jejak karirnya dan tetap berterima kasih kepada Alex Ferguson atas jasanya selama ini. 

‘’Dia adalah ayahku di olahraga, salah satu faktor penting dan sangat berpengaruh dalam karir hidupku’’, ungkapnya.

Pada 6 juli 2009, Cristiano Ronaldo diperkenalkan kepada khalayak publik spanyol di Santiago Bernabeu. Pendukung Los Blancos yang jumlahnya 80 ribu kala itu begitu antusias menyambut kedatangan pemain baru dengan nomor punggung 9 ini.

Baca juga: Sejarah Awal Berdiri Klub Barcelona FC

Tanggal 21 juli 2009 merupakan debut pertama Ronaldo di Madrid yang ketika itu sedang melawan Shamrock Rovers.

Pemain ini telah berhasil mencetak 4 skor secara berturut-turut dan menjadi satu-satunya pemain yang baru bisa melakukan secara bertubi-tubi.

Dan karena prestasi itu lah yang membawanya mendapatkan penghargaan kembali sepatu emas European Golden Shoe 2010. Dan selain dari penghargaan di atas, dia juga mendapatkan nominasi penghargaan lainnya seperti

  • Ballon d’Or Award [2009]
  • UEFA Best Player in European Award [2010-2011]
  • La Liga top scorer 2010 dan Copa del Rey top skorer 2010

Baca juga: Latihan Fisik Sepak Bola (Tips Menjadi Pemain Profesional)

4. Ronaldo Ingin Hengkang Dari Real Madrid

Biografi Cristiano Ronaldo memang selalu menarik untuk dibahas. Setelah menciptakan banyak prestasi di Real Madrid, dirinya memutuskan untuk kembali hengkang pada tahun 2012. Selain dari pada fans Madrid yang dirasakan oleh Ronaldo tidak mendukungnya, Ronaldo juga khawatir kepada salah satu sapaan Alex Ferguson yang keadaannya tidak sehat. 

‘’Aku merindukannya, dia [Fergie] seorang yang luar biasa’’ kata Ronaldo. ‘’Berapa usianya? 70, hal itu tidak baik untuk jantungnya’’.

Dengan adanya pernyatannya itu, Ronaldo memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, MU. Namun CR7 memperpanjang kontraknya sebagai striker di Real Madrid sampai akhir 2018 pada bulan september 2013.

Baca juga: 6 Jenis Formasi Sepakbola Terbaik yang Digunakan Tim Besar

5. Terkenal Sebagai Bintang Iklan

Selain terkenal sebagai pemain sepakbola terbaik, Cristiano Ronaldo juga berkarir sebagai bintang iklan. Pakaian dalam pria dan jeans merek kenamaan  seperti Emperio Armani pun pernah dibintangi olehnya. Ia juga sempat menjadi iklan dari berbagai merek terkenal di dunia seperti:

  • Castrol
  • Banco Espirito Santo
  • Coca-Cola
  • Jacob dan CO
  • Motorola
  • KFC

6. Ronaldo Memiliki Catatan Kriminal

Selain prestasi yang dimilikinya, ternyata Ronaldo juga pernah memiliki catatan kriminal. Salah satu kasus yang pernah di alaminya adalah kasus pemerkosaan di tahun 2005 di sebuah hotel di London.

Yang membuat Ronaldo melakukan tindak pemerkosaan adalah karena diduga ia sedang meminum alkohol yang berlebihan sehingga membuatnya kasar terhadap wanita yang dimana wanita tersebut belum diketahui identitasnya. 

Selain dari kasus diatas, publik pun sempat dibuat heboh oleh salah satu pernyataan Ronaldo bahwa ia telah menjadi ayah tanpa menikah dulu. Ia menyampaikan ke publik bahwa anak yang dimilikinya adalah anak laki-laki yang ia beri nama Cristian JR. Anaknya itu lhiar pada 17 Juni 2010.

Saat Ronaldo mengumumkan hal tersebut, publik sibuk mencari siapa ibu dari bayi tesebut. Spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyatakan bahwa anak tersebut dihasilkan dari seorang pramuniaga dalam hubungan one-night-stand (cinta satu malam).

Namun ada juga berpendapat bahwa bayi tersebut  adalah hasil dari pemerkosaan Ronaldo saat di London dan ia memutuskan untuk bertanggung jawab atas kejadian tersebut. 

7. Kehidupan di Luar Lapangan

Sejak dulu, Cristiano Ronaldo terkenal dengan kepiawaiannya dalam mendapatkan wanita-wanita cantik.

Inilah dia deretan beberapa wanita yang pernah menjadi kekasihnya:  

  • Merche Romero [2005-2006]
  • Gemma Atkinson[2007]
  • Alice Goodwin [2008]
  • Raffaella Fico [2009]
  • Nereida Gallardo
  • Paris Hilton.

Tetapi, sejak tahun 2010 sampai saat ini yaitu 2013, Ronaldo telah menjalin asmara dengan seorang model yang begitu cantik bernama Irina Shayk. Pada tanggal 14 Februari tahun 2011 pasangan beda usia satu tahun ini pun telah resmi bertunangan.

8. Pendapatan dan Kekayaan Cristiano  Ronaldo

Dikutip dari majalah Forbes, pada tahun 2017 saja Cristiano Ronaldo memiliki penghasilan sekitar 93 juta dollar.

58 juta dollar diantaranya merupakan bonus yang dibayarkan oleh Real Madrid kepadnya. Lalu ditambah beberapa sumber penghasilan lainnya, seperti menjadi bintang iklan dan bisnis. 

Nah itu saja profil dan  biografi Cristiano Ronaldo. Semoga semangatnya yang tinggi dalam menjadi atlit terbaik bisa menginspirasi Anda, ya! 

Baca juga: Sejarah Awal Berdiri Klub Arsenal (THE GUNNERS)

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia