Bigrafi Mark Zuckerberg dan Sejarah Facebook

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ October 17, 2022 ∙ 5 menit membaca

Untuk Pins mungkin sudah sering mendengar nama besar pendiri dan penemu Meta atau Facebook, yang tak lain adalah Mark Zuckerberg. Nama Mark Zuckerberg ini kerap menjadi perhatian banyak masyarakat karena penemuannya yang sangat hebat. Ingin tahun seperti apa biografi Mark Zuckerberg? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Biografi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dilahirkan di kota White Plains, New York – USA, pada tanggal 14 Mei 1984. Pemuda dengan nama asli Mark Eliot Zuckerber terkenal karena telah menciptakan situs jejaring sosial bernama Facebook.

Mark memiliki hobi mengotak-atik komputer dan mencoba berbagai program serta membuatnya sendiri. Kedua orang tuanya sangat mendukung bakat yang dimiliki oleh Mark, bahkan mereka membelikan komputer sejak Mark berusia 8 tahun.

Bakat Mark dalam programer komputer terlihat ketika ia telah membuat plugin ketika masih sekolah di Phillips Exeter Academy, dia dan rekannya, D\\\’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp.

Awal Pembuatan Facebook

biografi mark zuckerberg
(andi-techno.blogspot.com)

Setelah menyelesaikan pendidikanya di Phillips Exeter Academy Mark melanjutkan ke Harverd University. Ketika di Harverd inilah Mark menemukan ide untuk membuat situs jejaring sosial Facebook.

Mark menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa secara online karena di universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang berisi foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Tapi setiap kali dia menawarkan diri untuk membuat direktori itu, Harvard menolaknya. \\\”Mereka mengatakan punya alasan tersendiri mengapa tidak mengumpulkan informasi mahasiswa di Harvard. Meski selalu ditolak tapi mark pantang menyerah, dia selalu mencari cara untuk mewujudkan keinginannya.

Setelah 2 tahun menempuh ilmu di Harvard, Mark menyabotase data mahasiswa yang ada di Harvard dan memasukanya ke web yang telah dia buat. Sehingga foto-foto mahasiswa Harvard muncul di webnya. Untuk menarik agar para mahasiswa mengunjungi websitenya, dia meminta menuliskan nama dari foto-foto mahasiswa yang paling hot.

Umpan dari Mark ternyata berhasil, dalam tempo yang relatif singkat websitenya telah di kunjungi lebih dari 400 pengunjung, dan lebih dari 22.000 foto telah mereka buka. Pihak Harvard mengetahui apa yang dilakukan Mark, mereka langsung memutus sambungan internet yang ada disana.

Akhirnya Mark pun diperkarakan karena telah mengambil data dari Harvard tanpa ijin. Dan Anak muda berambut pirang inipun meminta maaf kepada teman-temannya yang fotonya terpampang di Facemash. Alih-alih kapok dengan apa yang telah dia perbuat, dia malah membuat website baru dengan nama Facebok (www.thefacebook.com).

Facebook diluncurkan pada tahun 2004, website ini adalah penyempurnaan dari Facemash. Sasaran masih tetap sama yaitu sebagi ajang pertemuan online sesama mahasiswa Harvard. Ternyata respon yang di dapat lebih dari apa yang Mark bayangkan, Facebook dengan cepat menyebar keseluruh dunia.

Dalam waktu satu tahun pengguna Facebook sudah mencapai 1 juta pengguna. Banyaknya aplikasi yang ada di dalamnya membuat Facebook memiliki daya tarik tersendiri dari pada media sosial sebelumnya. Karena semakin berkembangnya Facebook membuat kesibukan Mark semakin banyak, akhirnya Mark memutuskan untuk drop out dari Harvard dan fokus untuk mengembangkan Facebook.

Baca juga: Kisah Pengusaha Muda Sukses

Kekayaan Mark Zuckerberg dari Saham Facebook

Mark Zuckerberg
(CNBC Indonesia)

Semakin bertambahnya pengguna Facebook yang memcapai jutaan itu membuat Mark seperti memiliki tambang emas. Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Facebook, semakin bertambah juga dana yang diperlukan untuk mengelolanya. Untuk mengatasi kekurangan dana itu Mark mengandeng beberapa perusahaan untuk mendanai pengembangan Facebook.

Pada 2007 Microsoft mulai melirik Facebook, mereka melakukan pendekatan dan menawari Facebook untuk membeli 5% saham Facebook sebesar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai tersebut disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook telah mencapai US$ 6 miliar sampai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun sampai Rp 90 triliun. Namun akhirnya Microsoft memutuskan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta.

Setelah itu tawaran banyak sekali tawaran untuk membeli saham Facebook. Melesatnya bisnis Facebook membuat Mark memiliki jumlah kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes merilis jumlah kekayaan Mark mencapai US$ 1,5 miliar atau sebesar Rp 13,5 triliun. Majalah Forbes juga menobatkan Mark sebagai The Youngest `Self-made\\\’ Billionaire on the Planet.

Prestasi yang di dapat oleh Mark dalam mengembangkan Facebook tidak benar-benar mulus, hambatan dan juga rintangan banyak menghampirinya ketika mengembangkan Facebook. Sejumlah perkara pernah menghampirinya termasuk dari rekannya di Harvard yang menyatakan rancangan Facebook sebenarnya merupakan tiruan dari ConnectU.

Namun Mark tetap bergeming bahwa Facebook adalah hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008. Kontroversi juga mengiringi Facebook di negara-negara seperti Arab Saudi, Myanmar, Bhutan, Syria, Iran, yang menyebutkan bahwa Facebook mempromosikan serangan terhadap pemerintahanya. Sehingga Facebook susah diakses di negara-negara tersebut.

Ditengah kontroversi yang mengguncangnya Facebook menjadi media sosial yang digandrungi oleh kalangan muda di berbagai belahan dunia. Ditengah kekayaan dan kepopuleran yang di dapat Mark tetap tampil sederhana. Dia masih tinggal di apartemen sewaan yang kamarnya hanya tersedia meja dan kursi.

Kasurnya pun tegeletak di lantai. Ketika berangkat ke kantornya pun Mark lebih sering berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Saat ini Facebok menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 900 juta pengguna.

Demikianlah ulasan tentang biografi Mark Zuckerberg dan sejakar lengkap berdit=rinya Facebook yang kini berganti nama menjadi Meta. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasanmu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Menghapus Watermark Pada Foto dan Video

Ada banyak aplikasi menghapus watermark untuk menghapus atau menghilangkan watermark dari foto dan

Properti
Properti Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari

Gadget
Gadget 5 Cara Cek Baterai Health Samsung dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung membekali gawai rilisan terbarunya dengan kapasitas yang bes

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan

Mengumpulkan uang berjumlah Rp4 jutaan untuk membeli handphone memang terasa banyak dan berat. Deng

Gadget
Gadget 8 Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Secara Otodidak

Sebagai salah satu brand gawai pintar ternama di dunia, produk dari Xiaomi juga tak luput dari erro

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia