Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Bingung Mengisi Perabotan Rumah Tangga di Rumah Barumu? Ini Jawabannya!

Tips Properti

Bingung Mengisi Perabotan Rumah Tangga di Rumah Barumu? Ini Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Setiap rumah baru pastinya membutuhkan perabotan rumah tangga yang tepat dan lengkap. Tapi, tentu saja Pins tidak harus membeli semua alat rumah tangga dalam sekali beli. Tak ada salahnya menyicil beli alat rumah tangga sesuai yang dibutuhkan.

Ketika kita baru menempati rumah impian, rasa di hati pasti masih berbunga-bunga. Rasanya ingin buru-buru mengisinya dengan perabotan rumah tangga dan pernak-pernik sesuai impian kita selama ini. Eits, tunggu dulu, Pins! Jangan sampai cash flow kamu bocor. Supaya tidak bingung, simak dulu tips dari Pinhome untuk memilih perabotan rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhamu.

1. Utamakan memilih perabotan rumah tangga berdasarkan kualitas bahannya
Walaupun godaan diskon dan berbagai promo seringkali bikin kita ngiler, tapi tetap pastikan barang-barang tersebut berkualitas baik, Pins! Masalahnya, barang yang berkualitas kurang bagus bakal cepat rusak dan akan membuat pengeluaranmu membengkak. Meskipun harganya murah, Pins akan sering membeli barang baru dan mengeluarkan uang yang tak perlu. Karenanya, sangat penting untuk Pins selalu memperhatikan kualitas setiap perabotan rumah tangga yang akan dibeli. Cobalah mencari barang dengan kualitas terbaik yang masih sesuai dengan budget kamu, ya!

2. Beli alat rumah tangga seefisien mungkin
Seiring bertambah canggihnya inovasi dalam industri, maka desain, cara kerja dan fungsi setiap barang rumah tangga pun bisa berubah. Akan jauh lebih baik kalau Pins melakukan penelitian soal ini dan mencari perabotan rumah tangga yang lebih efisien.

perabotan rumah tangga
Selain hemat energi, lampu LED kini warnanya dapat diatur sesuai mood yang Pins inginkan untuk ruangan tersebut (Unsplash)

Contoh mudahnya adalah lampu bohlam. Bukankah lebih baik membeli lampu LED dengan daya watt yang lebih kecil namun lebih efisien? Walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun jangka pemakaiannya akan lebih tahan lama sehingga Pins tak perlu sering mengganti lampu. Jangan lupa untuk membandingkan tidak hanya dari sisi harga, namun juga kegunaan barang tersebut dan berbagai fungsi lainnya.

3. Utamakan kegunaan dan fungsi dari setiap barang yang dibeli
Saat pindah ke rumah baru, mungkin Pins sudah menyiapkan uang lebih untuk membeli perabotan rumah tangga. Nah, supaya pengeluaranmu tetap terkontrol, ada baiknya Pins menyusun skala prioritas barang yang harus dibeli. Jika memungkinkan, belilah barang yang serba guna agar bisa menghemat pengeluaran dan anggaran belanja.

4. Jangan lupa membeli tangga
Tangga merupakan salah satu alat rumah tangga penting yang sering dilupakan. Mungkin memang perannya bisa diganti oleh meja atau kursi. Namun, selain hal tersebut beresiko, seringkali kita butuh pijakan lebih tinggi untuk mengatasi masalah-masalah di dalam rumah. Sebaiknya luangkan sebagian budget-mu untuk membeli tangga yang kokoh ya, Pins!

perabotan rumah tangga
Sering dilupakan, tangga ternyata adalah perabotan rumah tangga yang penting buat kita, Pins! (Unsplash)

Oh ya, ternyata ada juga kriteria tertentu untuk memilih tangga, lho, Pins!

– Perhatikan material & sistem pengunciannya
Demi menjamin keamanannya, kita perlu memilih tangga aluminium yang memiliki sistem penguncian yang baik.
– Sesuaikan ketinggian yang diinginkan
Tangga aluminium dengan dua atau tiga anak tangga jadi pilihan yang populer karena paling aman, stabil dan paling seimbang untuk dinaiki. Biasanya kestabilan tangga ini ditentukan oleh posisi dari anak tangga paling atas, sebaiknya ia tidak terlalu jauh letaknya dari letak anak tangga yang paling dasar. Nah, kalau ternyata langit-langit rumah Pins termasuk tinggi, ada baiknya Pins memilih tangga aluminium lipat dengan anak tangga lebih banyak; namun tetap dekat dengan anak tangga paling dasar.
–  Sesuaikan berat dan ukuran serta penyimpanannya
Sebelum membeli, pastikan tangga yang kamu pilih dapat mudah digunakan. Tak hanya dalam pemakaian saja, tetapi juga mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana-mana. Jadi, ada baiknya memilih tangga aluminium yang berbahan ringan
– Memiliki bantalan pada bagian kaki-kakinya
Bantalan pada bagian kaki-kaki tangga membuat tangga aluminium tidak mudah tergelincir. Selain itu, bantalan ini juga berguna untuk menjaga lantai ruangan bebas goresan karena seringkali ada bekas goresan yang tertinggal jika terjadi gesekan antara tangga aluminium lipat dan lantai saat akan dinaiki atau digeser.


Nah, setelah belajar hal-hal yang penting, kini saatnya Pins untuk mengetahui pengaturan finansial saat membeli perabotan rumah tangga dengan menentukan skala prioritas dari peralatan rumah tangga, contohnya sebagai berikut:

1. Kebutuhan di ruang tamu
Ruang tamu menjadi tempat yang paling awal dimasuki oleh penghuni rumah ataupun pengunjung. Jadi, kita harus menyiapkan berbagai perabotan yang bisa mengakomodir kebutuhan penting mereka selama bertamu, seperti meja dan kursi. Meski sederhana, paling tidak meja dan kursi tersebut bisa digunakan sebagai tempat duduk yang nyaman.

perabotan rumah tangga
Meski sederhana, pengaturan perabotan yang baik dapat menghadirkan suasana ruang tamu yang hangat dan nyaman (Unsplash)

2. Nyaman bersantai di ruang keluarga
Di ruangan ini, para anggota keluarga bebas menonton televisi, mengobrol, bersantai ataupun sekedar bercengkrama. Jadi, sebaiknya Pins menyediakan televisi untuk hiburan, karpet sebagai tempat istirahat bersantai dan kipas angin untuk mengalirkan udara sejuk ke dalam rumah.

3. Lelap tertidur di kamar tidur
Sebagai salah satu ruangan yang penting, Pins benar-benar harus memperhatikan kualitas dari perabotan tempat tidur ini, ya! Pastikan hanya menggunakan kasur berkualitas yang cocok dengan kebutuhanmu, seprai bantal dan guling yang bisa membuat tidur semakin nyaman, lemari untuk menyimpan pakaian dan berbagai benda dan dokumen penting.

Baca juga: Seperti Apa Sih Kamar Tidur yang Baik Itu? Yuk Tengok Penjelasannya!

4. Memasak di dapur
Demi menghidangkan makanan dan minuman yang nikmat, Pins perlu membeli kompor gas yang sebaiknya memiliki paling tidak 2 tungku, kulkas, alat penanak nasi yang tepat, peralatan memasak seperti wajan, panci hingga pisau dan juga peralatan makan seperti piring, sendok serta gelas.

Bagaimana, Pins? Saran-saran ini masih bisa dilakukan dengan mudah dong? Ingat selalu tips ini sebelum Pins berbelanja perabotan rumah tangga, ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel