BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Deretan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Tidak Licin
0
0

16 Deretan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Tidak Licin

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 7, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Keramik kamar manditop-right-banner

Berbeda halnya dengan lantai kamar tidur maupun ruang tamu, keramik lantai kamar mandi biasanya didesain agar tidak licin untuk menghindari resiko tergelincir saat mandi. Kamu bisa menentukan keramik lantai kamar mandi yang tidak licin berdasarkan material, tekstur, dan motifnya. Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam memilih keramik lantai kamar mandi yang tidak licin. Hal ini tentu akan beresiko besar untuk kedepannya. Simak artikel ini untuk mengetahui keramik lantai kamar mandi yang tidak licin!

Kamu dapat menemukan rumah idaman yang cocok dengan keinginan kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Apabila kamu berkeinginan untuk membangun dengan desain milikmu sendiri, kamu dapat memanfaatkan Program KPR Bank dengan mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok Dengan Baik dan Mudah!

Deretan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Tidak Licin

Keramik lantai kamar mandi umumnya mempunyai permukaan yang lebih kasar dibandingkan keramik untuk ruangan lain. Hal ini mempunyai tujuan tersendiri. Mengingat kamar mandi berfungsi untuk aktivitas membersihkan diri dan akan bersahabat dengan air, maka lantai sengaja dibuat kasar agar tidak licin.

Ini juga yang diaplikasikan ke area wudhu atau keramik garasi mobil

Keramik lantai kamar mandi yang tidak licin bisa melindungi penghuni agar tidak tergelincir. Tentu hal ini akan membuat kamu dan anggota keluarga di rumah merasa aman. Seringkali air yang mengalir pun masih bisa membuat keramik kamar mandi terasa licin.

Bayangkan apa jadinya jika lantai kamar mandi menggunakan kamar mandi seperti di area ruang tamu. Hal ini tentu akan membahayakan, bukan Pins? Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini deretan keramik kamar mandi yang tidak licin untukmu:

1. Keramik Lantai Kamar Mandi Granit

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pixabay

Batu granit merupakan salah satu material keramik kamar mandi yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ini bukan hanya karena keramik granit menawarkan kesan elegan dan mewah saja. Melainkan, granit juga dinilai memiliki tekstur lantai yang tidak licin.

Menariknya lagi, keramik kamar mandi granit juga terbilang tahan lama karena pori-porinya yang lebih sedikit, sehingga tidak mudah berkerak.

2. Keramik Lantai Kamar Mandi Batu Alam

Source : Pinterest

Batu alam memang selalu menjadi material populer dalam hal desain interior rumah. Selain sering digunakan untuk keramik dinding taman dan teras rumah, keramik batu alam juga kerap digunakan sebagai keramik lantai kamar mandi yang tidak licin.

Keramik batu alam memiliki permukaan yang cenderung kasar dan timbul. Hal ini akan membuat keramik kesat saat terkena air. Artinya, air tidak akan membuat permukaan licin seperti ketika berada di keramik untuk ruang tamu.

Permukaan keramik lantai kamar mandi batu alam memberikan pijakan yang nyaman untuk kaki yang basah. Jadi ketika kamu mandi pun, lantai tidak akan terasa licin. 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Dan Dinding Kamar Mandi

3. Keramik Lantai Kamar Mandi Koral

Source : Pinterest

Keramik lantai kamar mandi yang tidak licin selanjutnya adalah batu koral. Sama halnya dengan keramik batu alam, jenis keramik ini juga mempunyai permukaan yang timbul. Hal ini menyebabkan keramik lantai kamar mandi jenis koral memberikan tekstur permukaan yang kasar.

Dengan begitu, ini bisa melindungi kamu saat memijakkan kaki di atas lantai kamar mandi. Untuk tetap menjaga permukaan agar tetap kesat dan tidak liciin, kamu harus rajin menggosok lantai kamar mandi dan mengeringkannya setiap selesai mandi.

Untuk perlindungan lebih maksimal, kamu bisa memberikan sekat di area shower, supaya air tidak membasahi lokasi lain di dalam kamar mandi. 

4. Keramik Lantai Kamar Mandi Moroccan

Source : Pinterest

Bagi kamu yang menyukai interior properti dengan gaya Maroko, maka kamu bisa memilih lantai kamar mandi seperti di atas. Jenis keramik lantai kamar mandi yang tidak licin seperti di atas bisa memberikan dua fungsi sekaligus lho, Pins.

Pertama adalah fungsi penggunaan, di mana lantai kamar mandi tidak akan licin. Sementara kedua adalah fungsi estetika, di mana keramik moroccan bisa memperindah kamar mandi milikmu. Kamu bisa memilih warna keramik moroccan yang sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga: Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong!

 5. Keramik Lantai Kamar Mandi Caspari

Source : Pinterest

Selanjutnya ada keramik caspari. Jenis keramik ini termasuk salah satu lantai kamar mandi yang tidak licin. Model dan visualnya cukup minimalis dan sederhana, sehingga cocok untuk kamu yang menyukai konsep desain kamar mandi minimalis.

Menariknya lagi, cara merawat keramik jenis ini sangatlah mudah, Pins. Kamu hanya perlu menyikat dan juga mengelap dengan kain kering setelah digunakan. Tujuannya untuk menghindari munculnya lumut atau membersihkan permukaan lantai dari air yang menggenang. 

6. Keramik Lantai Kamar Mandi Motif Garis

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pixabay

Selanjutnya ada motif lantai kamar mandi bergaris. Tujuan dari garis-garis yang membentuk pola di atas adalah untuk menciptakan tekstur. Tekstur yang timbul tersebut akan membantu kamu memiliki pijakan di lantai kamar mandi.

Jadi motif atau pola garis yang dibentuk itu mempunyai fungsi yang sudah disesuaikan ya, Pins. Untuk menjaga permukaan agar tetap kesat dan kering, pastikan kamu menyikat dan membersihkan sisi-sisi garis putih di antara keramik. Biasanya kotoran atau lumut akan muncul di bagian tersebut. 

Baca juga: Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

7. Keramik Lantai Kamar Mandi Hexagonal

Source : Pinterest

Hampir sama seperti keramik lantai kamar mandi motif garis, pola hexagonal juga mempunyai tujuan yang sama. Pola tersebut dibentuk dan dibuat timbul agar penghuni rumah bisa memiliki pijakan yang kuat saat masuk ke area basah.

Pins, keramik lantai kamar mandi bentuk hexagonal ini cocok sekali untuk kamu yang suka dengan interior simpel namun tetap stylish. Kamu juga bisa menyesuaikan warna keramik ini dengan apa yang kamu inginkan. Agar warna permukaan keramik tetap cemerlang, kamu juga harus membersihkannya secara rutin ya, Pins!

8. Keramik Lantai Kamar Mandi Pecahan atuan

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pixabay

Pins, tampaknya keramik dengan jenis batuan mempunyai pamor yang baik di mata penghuni rumah. Apalagi bagi kamu yang sedang membutuhkan keramik lantai kamar mandi yang tidak licin. Keramik dengan bentuk abstrak yang tidak teratur di atas bisa menjadi lantai sekaligus ornamen cantik yang menghias kamar mandi, lho!

Serpihan batu yang kemudian dijadikan permukaan lantai seperti di atas memberikan keunikan tersendiri ya, Pins. Tapi tenang saja, karena lantai di atas tidak tajam dan tidak akan menyakiti telapak kaki kamu. Permukaan keramik sudah dihaluskan sehingga walaupun bertekstur kasar namun aman untuk kaki kamu.

Baca juga: Tips Memilih Model Keramik Minimalis

9. Keramik Lantai Kamar Mandi Berbahan Karet

Source : Pinterest

Seperti yang kita ketahui, material karet biasanya bersifat tidak menyerap air dan tidak licin. Jika kamu bosan dengan beragam keramik lantai, mungkin lantai karet atau rubber floor ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamar mandi di rumahmu. Dengan menggunakan lantai karet pada kamar mandi, kamu tak perlu khawatir akan tergelincir lagi.

10. Keramik Lantai Kamar Mandi Berbahan Matte

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Freepik

Selain karet, masih banyak lagi material keramik kamar mandi yang tidak licin. Salah satunya adalah keramik lantai kamar mandi berbahan matte. Keramik lantai yang satu ini juga cukup populer berkat materialnya yang tidak licin.

Selain untuk desain kamar mandi modern, keramik lantai berbahan matte ini juga kerap digunakan untuk berbagai ruangan. Mulai dari garasi mobil, ruangan laundry, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 10 Desain Ventilasi Kamar Mandi Anti Pengap

11. Keramik Lantai Kamar Mandi Mozaik

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pinterest

Pastinya, Pins sudah tidak asing lagi dengan motif keramik kamar mandi yang satu ini bukan? Motif mozaik biasanya digunakan sebagai lantai dasar pada kolam renang. Motif keramik yang satu ini memiliki ciri khas berbetuk kotak-kotak kecil yang tersusun sangat rapat.

Sehingga menciptakan tekstur lantai yang sedikit kasar dan tidak licin. Jadi, kamu tak perlu heran lagi jika menemukan banyak pilihan keramik mozaik untuk desain kolam renang yang cantik.

12. Keramik Lantai Kamar Mandi Vinyl

Source : Freepik

Lantai vinyl memang selalu memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun. Tak hanya bisa digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur saja. Lantai vinyl juga bisa digunakan pada ruang kamar mandi di rumahmu.

Namun, kamu perlu menggunakan lantai vinyl khusus kamar mandi. Pasalnya, lantai vinyl khusus kamar mandi memang didesain dengan tekstur yang agak kasar agar tidak licin. Tentunya lantai vinyl ini bisa menjadi alternatif pengganti keramik lantai kamar mandi yang tidak licin.

Baca juga: 10 Model Pemasangan Glass Block Kamar Mandi

13. Keramik Lantai Kamar Mandi Motif Zebra

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pinterest

Keramik motif zebra memiliki pola garis-garis yang dapat membuat air mengalir dengan baik. Selain itu, motif keramik kamar mandi zebra ini juga mampu memberikan kesan mewah dan elegan pada kamar mandi. Kamu bisa mengkombinasikan warna lain yang sesuai seleramu untuk menerapkan keramik motif zebra di kamar mandi.

14. Keramik Lantai Kamar Mandi Motif Retro

Source : Pinterest

Salah satu keramik lantai kamar mandi yang tidak licin adalah motif retro. Ada banyak keramik motif retro yang bisa kamu pilih sebagai lantai kamar mandi. Kamu hanya perlu menyesuaikan keramik retro tersebut dengan interior kamar mandi, dekorasi, dan seleramu.

Baca juga: 15 Pilihan Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

15. Keramik Lantai Kamar Mandi Anti Slip

keramik lantai kamar mandi yang tidak licin
Source : Pinterest

Hampir sama dengan lantai karet, lantai kamar mandi anti slip ini juga bisa kamu pilih sebagai keramik lantai kamar mandi yang tidak licin. Berbeda dari keramik lantai lainnya, lantai anti slip ini merupakan lapisan luar untuk lantai kamar mandi.

Lantai ini memiliki beberapa lubang untuk jalur keluar air. Sehingga, kamu tak perlu khawatir lantai kamar mandi menjadi licin karena basah. Menariknya lagi, lantai anti slip ini juga bisa dilepas pasan dan mudah dibersihkan.

16. Keramik Lantai Kamar Mandi Simpel

Source : Pinterest

Terakhir adalah keramik lantai kamar mandi motif simpel. Motif kotak-kotak kecil seperti pada gambar di atas cukup umum digunakan pada kamar mandi. Baik itu pada rumah, apartemen, hingga tempat umum.

Pasalnya, motif kotak simpel ini terbukti tidak membuat lantai kamar mandi licin. Selain itu, keramik yang satu ini juga bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau dibandingkan jenis keramik lantai lainnya.

Itulah deretan keramik lantai kamar mandi terbaik yang bisa menjadi inspirasimu. Bagaimana Pins, menarik sekali bukan referensi keramik lantai kamar mandi yang tidak licin di atas? Semoga informasinya berguna ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download