Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

Tips Properti

Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Memilih model keramik kamar mandi bisa dibilang sedikit tricky ya, Pins. Mungkin selama ini kita merasa cukup saat menyesuaikan warna keramik kamar mandi dengan warna cat kamar mandi. Padahal, setiap model dan bahan dari keramik kamar mandi mempunyai maksud dan fungsinya masing – masing. Pemilihan bahan dan model yang tepat tentunya akan membawa look dan fungsi terbaik dari kamar mandi kita.

Pins, biasanya pertimbangan-pertimbangan apa sih yang dipikirkan saat akan membeli model keramik kamar mandi yang pas untuk rumahmu?

“Hmmm… sepertinya yang warna putih ini lucu ya, kamar mandi kita kayanya akan terlihat lebih terang”

“Apa jadi warna – warni colorful saja ya? Supaya fun suasananya begitu masuk kamar mandi”

Pikiran dan pertimbangan seperti ini kah yang sering terlintas di benak hati? Kalo iya, yuk kita belajar bareng, Pins! Ada hal penting lain yang harus dijadikan pertimbangan lho, yaitu bahan material yang digunakan. Setiap bahan material mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk kamar mandi kita. Ayo, ambil pulpen dan notes, catat beberapa poin penting ini, ya!

1.Vinyl

Pins menginginkan lantai kamar mandi yang murah dan praktis? Bahan vinyl bisa kita jadikan pilihan favorit nih. Lantai dengan berbahan vinyl bisa dengan mudah dipakai untuk ruang master bathroom ke ruang berhias tanpa ragu. Selain aman karena tidak mudah licin, lantai berbahan vinyl juga sangat nyaman dan tahan lama. Selain serba guna, lantai berbahan vinyl juga mempunyai nilai estetik yang tinggi dan sangat mudah dipasang. Belum lagi bahan vinyl mempunyai daya serap air yang sangat tinggi dan mudah dipotong dengan pisau sehingga kita pun bisa memasang dan memodifikasinya sendiri jika diperlukan.

Lantai vinyl bisa menjadi pilihan lantai yang pas dengan budget murah (Unsplash)

2.Porselen

Model porselen bisa dibilang jadi pilihan paling favorit bagi keluarga Indonesia ya. Tak heran sih, selain sangat mudah dibersihkan, lantai porselen juga mudah dikombinasikan dengan ide-ide yang kita miliki. Tapi, lantai porselen sebenarnya kurang nyaman untuk kaki kita. Kadang, ia bisa jadi terasa dingin dan kalau kita malas sedikit saja untuk membersihkannya, lantai kamar mandi akan mudah licin dan lumayan membahayakan kita. Namun, sisi positif dari porselen masih banyak, seperti ia sangat tidak mudah rusak karena tahan goresan dan tahan akan berbagai macam cuaca.

Lantai porselen jadi pilihan yang fleksibel untuk Pins yang punya banyak ide kreatif (Unsplash)

3.Kaca

Lantai dengan berbahan kaca bisa dibilang sangat memanjakan mata kalau dilihat dari segi estetiknya, Pins. Selain itu, melapisi lantai kamar mandi dengan kaca akan membuatnya lebih bertekstur. Lantai kaca bertekstur motif kotak-kotak kecil akan memberikan fungsi anti licin yang sangat pas jika ditempatkan di kamar mandi basah.

4.Batu-batuan

Bebatuan alam seperti marmer, granit hingga batu kapur sangat cocok digunakan jika Pins menginginkan kamar mandi dengan kesan elegan. Bebatuan alami ini juga tersedia dengan berbagai warna membumi seperti krem, biru, merah, hijau dan emas. Hal yang menyenangkan dari batu-batuan alami adalah, kesemuanya mempunyai tekstur yang berbeda – beda dari setiap unitnya. Jadi, pas banget jika kamu ingin mempunyai ruang kamar mandi yang elegan namun tetap terkesan hidup atau berseni. Namun sayangnya, bebatuan alami ini membutuhkan penanganan yang lumayan karena harus sering-sering dibersihkan Pins. Selain itu, Pins membutuhkan alokasi dana yang lumayan karena lantai dengan bebatuan alami ini biasanya dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi.

5.Linoleum

Nah, ini dia bahan material yang sangat ramah lingkungan, Pins. Terbuat dari berbagai bahan alami seperti pohon rami hingga batu kapur, linoleum sangat pas jika digunakan sebagai pilihan favorit lantai di rumah, termasuk untuk ruangan kamar mandi kamu. Hal yang lebih kerennya lagi, bahan linoleum juga bisa menangkal debu dan kotoran dan warnanya sangat tahan lama. Linoleum pun sangat mudah dipasang di kamar mandi kamu dan harganya pun masih ramah di kantong. Tapi ingat, karena bahan linoleum ini terbuat dari bahan-bahan alami, kemungkinan untuk tumbuh mikro organisme akan tetap ada, jadi Pins tetap harus membersihkannya dengan teratur ya.

Jika dikombinasikan dengan baik, lantai linoleum dapat menjadi aksen yang menarik untuk kamar mandimu (Pexels)

Memilih bahan yang tepat untuk lantai kamar mandi kita bisa dibilang gampang-gampang susah karena biasanya kita akan leibh memilih bahan yang paling familiar dan sering digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Keputusan ini tidak salah namun ada baiknya juga kan kalo kita mengeksplor pilihan lain yang siapa tahu membawa suasana baru ke kamar mandi kita.

Setelah tahu bahan-bahan apa saja yang pas untuk lantai kamar mandi kita, sekarang ada baiknya Pins juga tahu cara memilih keramik kamar mandi yang pas.

1.Seimbangkan proporsi ukuran keramik

Dari mulai kepingan batu alam hingga keramik standar yang sering kali kita gunakan, selalu ingat untuk menyesuaikannya dengan proporsi kamar mandi yang ada di dalam rumah. Jika Pins memiliki kamar mandi yang luar, kurangi penggunaan keramik berukuran kecil. Kalau hati dan pilihan Pins sudah terpikat dengan pola keramik kecil ataupun ingin membuat pola mozaik, sediakan sebagian tempat pada kamar mandimu saja sehingga terasa seperti dekorasi yang pas. Sedangkan untuk kamar mandi berukuran kecil, Pins bisa lebih mengeksplor ukuran keramik yang akan digunakan. Tapi tetap diingat, menggunakan keramik dengan ukuran yang besar bisa jadi pemborosan karena ada banyak bagian keramik yang nantinya akan terpotong dan terbuang, Pins.

Dalam mengatur keramik kamar mandi, kerapihan menjadi salah satu faktor utama! (Unsplash)

2.Terlalu banyak warna kadang jadi boomerang

Ingin suasana yang ceria dan colorful untuk kamar mandi? Boleh saja. Namun perlu diingat, jika Pins menghendaki keramik kamar mandi minimalis dan elegan, pilihlah warna keramik yang senada. Jika Pins ingin menggunakan warna-warna yang kontras antara satu keramik dengan yang lainnya, maksimalkan penggunaan warna netral seperti hitam dan putih.

Kendati warna-warni, pastikan Pins memilih kombinasi warna senada dengan satu warna berani yang menjadi aksen (Unsplash)

3.Pilih tekstur keramik yang tepat

Berbeda dengan ruang lainnya di dalam rumah, keadaan kamar mandi sebagian besar akan basah dan lembab. Karenanya, Pins harus memperhatikan tekstur yang ada pada keramik yang dipilih. Sebaiknya, pilihlah keramik dengan tekstur yang kasar dan berukuran sedang karena tidak akan terasa licin sekaligus memberikan efek kasar pada keramik lantai dalam keadaan basah. Meski indah, hindari keramik dengan permukaan glossy dan licin karena akan membuatmu mudah terpeleset dan jadi lebih berbahaya.
Ada baiknya juga untuk membuat ruang shower tertutup dengan shower curtain atau kaca agar air tidak terciprat ke mana-mana. Meskipun sebaiknya kamar mandi memiliki tekstur keramik yang kasar, hal ini berlaku pada bagian lantai saja. Untuk bagian dinding, Pins bisa membebaskan imajinasi, bisa memilih keramik licin, doff dan sah-sah saja bermain dengan lebih banyak tekstur.

Hal yang perlu diingat, jika Pins memiliki dinding yang tak rata atau bergelombang. Pastikan Pins memilih posisi penempatan lemari gantung dan kaca pembatas yang pas karena keramik yang bertekstur dan bergelombang akan sangat berpengaruh pada kekuatan pemasangannya.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel