4 Macam Bidang Bimbingan Konseling dan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 9 February 2022 ∙ 3 menit membaca

Bidang Bimbingan Konseling

Bimbingan dan konseling sebagai kata yang terintegrasi dari kemajemukan bimbingan konseling (BK) sesunggunya memiliki paran dan posisi penting di lembaga pendidikan. Seperti halnya sekolah sebagai pendidikan formal maupun pesantren sebagai pendidikan non formal. Alasannya karena bimbingan konseling menjadi sebagai pendamping peserta didik (murid) untuk mendapatkan pengajaran dan perkembangan intelektual secara optimal.

Adapun sebagai upaya lebih lanjut pada dasarnya bimbingan dan arti konseling memiliki berbagai bidang yang harus dipahami, agar sekiranya fungsi bimbingan konseling dapat berjalan dengan baik, bidang bimbingan konseling dapat diartikan sebagai ruang lingkup materi yang berkaitan terhadap bimbingan konseling. Ruang lingkup tersebut sangatlah penting dilakukan agar penjalanan bimbingan konseling mencapai suatu kesuksesaan, sebagaimana yang diharapkan.

Bimbingan Konseling

Menjadi pengakuan ataupun tidak, di lembaga pedidikan. Seperti di sekolah hanyalah bimbingan mengenai bimbingan akademik, sosial-pribadi, dan bidang karir. Sedangkan untuk bimbingan dalam hubungan sosial keluarga dilakukan oleh para konselor untuk seseorang yang memang sudah dewasa atau sudah siap untuk dan akan melangkungan pernikahan.

Macam Bidang Bimbingan Konseling

Berikut adalah penjelasan menganai berbagai bidang yang harus ada dalam suatu arti bimbingan konseling, yaitu;

  1. Bimbingan Akademik

Bidang bimbingan konseling yang pertama berkaitan dengan akademik, konselor atau guru BK berusaha untuk membantu para individu atau klien dalam menghadapi masalah-masalah akademik.

Contohnya saja untuk bidang bimbingan akademik ini adalah pengenalan kurikulum kepada peserta didik, pemilihan jurusan atau konsetrasi jurusan yang sesuai dengan karakteritik peserta didik, cara belajaryang baik bagi paserta didik, dan lain sebaginya.

  1. Bimbingan Sosial Pribadi

Bidang bimbingan sosial pribadi merupakan bimbingan yang dilakukan tenaga pendidik untuk apat membantu para peserta didik, dalam upaya memecahkan masalah yang dialami oleh peserta didik.

Misalnya untuk bimbingan sosial pribadi adalah masalah terhadap sesama teman, tenaga pengajar, staf, dan lain sebaginya. Pemahaman sifat yang dilakukan oleh tenaga pendidik ini secara tidak langsung akan menunjukan kemampuan diri penyesuaian diri peserta didik dengan lingkungan pendidikan dan juga dengan masyarakat dimana meraka tinggal.

  1. Bimbingan Karir

Bimbingan karir dalam bimbingan konseling dilakukan agar dapat membantu individu atau peserta didik dalam melakukan perencanaan, pengembangan, dan pemecahan masalah-masalah karir yang dialaminya.

Misalnya seperti pemahaman terhadap jabatan dan tugas-tugas kerja kepada individu yang bersangkutan, atau pemahaman kondisi dan juga kemampuan pemahaman terhadap dirinya sendiri, sehingga ditemukan passion yang tepat.

  1. Bimbingan Keluarga

Bimbingan keluraga menjadi bididang dalam bimbingan konseling yang harus ada, sebab bidang keluarga ini menjadi upaya konselor untuk memberikan bantuan kepada para individu sebagai seorang pemimpin atau anggota keluarga, agar kedepan individu tersebut mampu untuk menciptakan keluarga yang utuh dan harmonis.

Bentuk Bidang Bimbingan Konseling Islam

Sebagai pelengkap lebih lanjut tentang materi di atas, tulisan ini juga akan mencoba memberikan pemahaman menganai bidang bimbingan konseling Islam. Sebagai yang diutarakan oleh Marsudi. S (2004) menyebutkan bidang bimbingan konseling Islam adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Pribadi
  2. Bidang Sosial
  3. Bidang Pribadi
  4. Bidang Karir

4 Bidang bimbingan konseling Islam tersebut, Marsudi. S menyebutkan terdiri dari sub unsur bidang bimbingan, jenis layakan, dan kegiatan pendukung.

Demikianlah ulasan mengenai bidang-bidang bimbingan konseling, baik secara umum ataupun bimbingan konseling Islam. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengatahuanmu. Trimakasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia