Pinhome

Finansial

Biaya Bangun Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Biaya bangun rumah minimalis memang lebih murah dari rumah yang besar dan mewah. Keterbatasan lahan serta dana merupakan salah satu penyebab kita membangun rumah minimalis. Walaupun bukan itu saja yang merupakan faktor penyebab membangun rumah minimalis tetapi setidaknya kita dapat mengetahui perkiraan jumlah biaya yang disiapkan.

Menyiapkan budget untuk biaya bangun rumah minimalis memang sangat penting. Hal ini untuk menghindari pembengkakan biaya karena rumah kurang terkonsep. Dengan rumah yang terkonsep baik biaya, lahan, desain maupun pembangunanya maka hasilnya akan sesuai dengan harapan. Pembengkakan biaya yang dikhawatirkan tidak perlu terjadi.

Biaya Bangun Rumah Minimalis

Berikut beberapa perkiraan biaya untuk rumah minimalis.

biaya bangun rumah

1. Jasa tukang

Kita perlu memikirkan berapa tukang yang akan dipekerjakan untuk membangun rumah. Tukang biasanya juga disertai asisten yang membantu dalam menangani pekerjaannya. Biaya kepala tukang pada umumnya sekarang sekitar Rp. 100.000,00 hingga Rp. 150.000,00. Sedangkan untuk asisten tukang berkisar antara Rp. 75.000,00 hingga Rp. 100.000,00.

Untuk jumlah pekerja serta berapa lama rumah dapat selesai dikerjakan dapat dibicarakan dengan kepala tukang yang bersangkutan. Semakin banyak jumlah pekerja maka rumah juga akan menjadi cepat selesai.

2. Luas bangunan

Untuk menyiapkan perkiraan bangunan supaya dapat menghemat uang dapat dilakukan dengan membangun 2 lantai. Biasanya harga disesuaikan dengan dari luas bangunan dikali harga pembangunan per meter persegi.
Dengan hitungan itu maka dana yang kita kumpulkan untuk biaya bangun rumah dapat tepat. Sebagai contoh misal rumah mempunyai luas 49m2. Sedangkan harga per meer misalnya saja Rp. 2.000.000 maka hasilnya Rp. 98.000.000,00. Sehingga kita memerlukan biaya skitar Rp. 98.000.000,00.

3. Biaya tak terduga

Tidak hanya biaya yang telah disebutkan di atas. Biaya tak terduga di sini juga dibutuhkan. Untuk biaya yang tidak terduga kita perlu menambahkan 10% dari biaya membangun rumah secara keseluruhan.
Biaya tidak terduga tersebut sangat diperlukan apabila terdapat biaya lain-lain yang diperlukan dalam proses pembangunan rumah. Biaya tak terduga sudah umum dilakukan sebagian besar orang karena merupakan uang untuk berjaga-jaga apabila ada tambahan kebutuhan yang lain.

Pentingnya Mengetahui Biaya Bangun Rumah Minimalis

Mengetahui biaya untuk membangun rumah minimalis memang penting. Dengan mengetahui perincian secara global yang telah disebutkan di atas maka kita dapat memperkirakan besarnya dana yang dibutuhkan. Selain itu bentuk dan jumlah lantai pada rumah minimalis juga perlu diperhatikan untuk menyesuaikan budget yang tersedia.

Walaupun rumah berbentuk minimalis namun kenyamanan suatu rumah merupakan hal yang sangat penting. Rumah yang nyaman tidak selalu harus mewah. Dengan perencanaan anggaran yang tepat dan terkonsep maka rumah akan menjadi sesuai harapan dan nyaman. Demikian beberapa ulasan tentang biaya bangun rumah minimalis semoga dapat bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel