Kamus Istilah Properti

Mozaik

istilah properti

Mozaik

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah mozaik merupakan suatu seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat.

Kepingan tersebut dapat berupa kaca, keramik, kayu dan sebagainya. Apa yang dimaksud dengan mozaik tersebut menyadarkan kita bahwa pola yang terbentuk dari ragam kepingan kaca seperti yang berada di Gereja Katedra.

Pinhome – Salah satu rangkaian dari jenis seni dekorasi menjadikan mozaik dikenal masyarakat luas dengan seni memadupadankan pola pada kaca. Hal tersebut dikarenakan mayoritas para pekerja seni menggunakan media kaca pada pola mozaik.

Padahal masih banyak pula media yang dapat dipakai untuk pembuatan mozaik seperti batu, keramik, potongan ubin, kayu, hingga potongan kertas. Apa sekarang Pins mulai memahami apa yang dimaksud dengan mozaik?

Bagian seni dekorasi mozaik memang sangat menarik dilihat dan juga dipelajari. Sebagai masyarakat awam yang tidak mengetahui teknik seni ini, tentu Pins pun ingin mengetahui sebenarnya bagaimana cara membuat sebuah karya seni ini bukan?

Apa yang dimaksud dengan lukisan mozaik semua tersaji dalam artikel di bawah ini.

Baca juga: Biophilic Design

Apa Itu Mozaik?

apa yang dimaksud dengan mozaik
(pinterest.com)

Dikutip dari salah satu buku karya Soemarjadi,1992 yang berjudul Pendidikan Keterampilan, dikatakan bahwa mozaik sudah ada pada zaman Bizantium Romawi di Benua Eropa berbentuk karya gambar atau desain yang dibuat dari susunan kepingan bebatuan, kaca maupun porselin.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini seni tersebut sudah memiliki keragaman jenis yang lebih luas. Seperti lukisan dinding, kerajinan tangan kaligrafi, dekorasi dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sampai disitu, seni ini pun sudah masuk dalam pembelajaran terapan di sekolah. Hal ini menjadikan mozaik menjadi sarana praktis para siswa untuk mengembangkan dan mengasah kreativitas.

Nah Pins, setelah mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan lukisan mozaik, kini saatnya Pins mencoba sendiri membuat karya seni mozaik yang mudah.

Baca juga: Coastal

Cara Membuat Lukisan Mozaik yang Simpel

Berikut ini ada beberapa langkah membuat lukisan mozaiksederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Siapkan Bahan Untuk Membuat Mozaik

apa yang dimaksud dengan mozaik
(id.wikihow.com)

Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mozaik, sebagai berikut:

  • Pecahan Ubin/ keramik
  • Alas
  • Palu
  • Pensil/Pulpen
  • Semen, air, wadah dan sendok semen (tersedia dalam kemasan)
  • Nat, air, wadah, dan sendok nat (tersedia dalam kemasan)
  • Semprotan Pernis
  • Sponge dan air hangat

Pilihlah Alas yang Tepat Untuk Membuat Mozaik

(id.wikihow.com)

Pilih alas yang tepat untuk membuat karya mozaik seperti, tripleks, papan atau barang lainnya yang datar dan tidak terpakai lagi.

Gambar Pola Pada Alas yang Telah Disiapkan

apa yang dimaksud dengan mozaik
(id.wikihow.com)

Bila alas telah disiapkan, mulailah untuk menggambar suatu pola atau bentuk sesuai dengan yang Pins inginkan. Apa yang dimaksud dengan lukisan mozaik dapat Pins mulai dari membuat pola menarik yang jarang ditemui.

Aplikasikan Bahan Pada Pola, Kemudian Rekatkan

apa yang dimaksud dengan mozaik
(id.wikihow.com)

Selanjutnya, aplikasikan bahan pecahan ubin pada pola yang telah Pins gambar dan rekatkan dengan adonan semen. Adonan semen dibuat untuk menempel ubin pada bidang datar yang telah disiapkan.

Pastikan seluruh bagian kaca sudah menempel ya Pins! Setelahnya keringkan sesuai petunjuk pada kemasan semen. Waktunya berbeda-beda ada yang satu hari hingga dua hari lamanya.

Siapkan Adonan Nat dan Tumpahkan Ke Seluruh Bagian

apa yang dimaksud dengan mozaik
(id.wikihow.com)

Setelah semua merekat dan mengering, siapkan adonan nat di mangkok yang telah disediakan. Adonan nat dapat ditemukan di pasaran berupa kemasan. Balurkan pada seluruh permukaan keramik sampai tidak ada celah lagi di dalam keramik. Tujuannya adalah membuat pecahan ubin lebih merata dan merekat sempurna. 

Selain itu, adonan nat pun bisa dicampur dengan pewarna khusus agar menghasilkan warna sesuai keinginan Pins. Untuk menghasilkan mozaik yang menarik, Pins bisa mencampurnya dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning ataupun hijau.

Hal terpenting adalah tetap mengacu kepada warna dasar dari keramik ya Pins agar tetap terlihat selaras dan indah.

Baca juga: Kaca Patri

Langkah Akhir, Lapisi Mozaik dengan Vernis

(id.wikihow.com)

Selanjutnya, setelah semua mozaik tertutup oleh nat dan diamkan kurang lebih 30 menit, mozaik sudah siap digunakan. Sentuhan terakhir yaitu menambahkan semprotan pernis untuk melapisi mozaik dan membuatnya mengkilap.

Sekarang, Pins sudah mengerti apa yang dimaksud dengan lukisan mozaik dan bisa memajangnya di rumah menjadi salah satu dekorasi dinding. Tunggu apalagi?

Contoh Karya Seni Mozaik

Berikut ini terdapat contoh-contoh karya seni mozaik yang bisa Anda gunakan sebagai referensi prakarya pribadi.

Dari Potongan Kertas Lipat

apa yang dimaksud dengan mozaik
(sharingconten.com)

Dari Potongan Kertas Bekas

(pelajarindo.com)

Dari Potongan Keramik

(kibrispdr.org)

Dari Potongan Kayu

(aliexpress.com)

Dari Potongan Kaca

apa yang dimaksud dengan mozaik
(republika.com)

Itulah penjelasan menarik mengenai apa yang dimaksud dengan mozaik, cara membuatnya, beserta contoh karya seni mozaik. Ragam jenis mozaik bisa anda coba dengan tema yang sesuai dengan selera. Semoga dapat membantu Pins membuat karya seni mozaik sendiri di rumah ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko