Sekilas sejarah berdirinya negara Inggris

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ October 17, 2022 ∙ 3 menit membaca

Inggris atau dalam bahasa Inggris disebut England. merupakan negara bagian dari Britania Raya. Di bagian utara, negara ini berbatasan langsung dengan Skotlandia, dan di sebelah barat dengan Wales, Di barat laut terdapat Laut Irlandia, barat daya Laut Keltik, dan sebelah timur terdapat Laut Utara dan selatan terdapat Selat Inggris yang merupakan pemisah antara Inggris dengan benua Eropa. Inggris merupakan negara kepulauan, yang mencakup lebih dari 100 pulau kecil, misalnya Isles of Scilly dan Isle of Wight.

Negara Inggris merupakan negara bagian paling besar dan memiliki penduduk terpadat. penduduknya membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara atau dalam bahasa Inggris disebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Secara umum Inggris seringkali digunakan untuk menyebut keseluruhan negara ini.

Dalam sejarah, wilayah Inggris pertama kali dihuni oleh manusia modern pada manusia periode Paleolitikum. Nama England berasal dari kata Angles, yang merupakan salah satu suku Jermanik yang tinggal menetap pada abad ke-5 dan ke-6. Tahun 927 Masehi, dan sejak Zaman Penjelajahan abad 15 Inggris menjadi negara yang bersatu.

Inggris memiliki pengaruh budaya dan hukum yang kuat di berbagai belahan dunia. Lihat saja, bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, Gereja Anglikan, dan hukum Inggris menjadi dasar sistem hukum umum bagi negara di seluruh dunia, dan sistem parlementer juga banyak diadopsi oleh negara lain di dunia.

Revolusi Industri Inggris sejak abad ke-18 menjadikan negara ini sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Sejarah berdirinya negara Inggris
Sejarah berdirinya negara Inggris

Imperium Britania

Imperium Britania atau kekaisaran Inggris tahun 1897 merupakan imperium paling luas di dalam sejarah dunia dan merupakan suatu periode tertentu yang pernah menjadi kekuatan utama di dunia. Imperium ini produk dari era penemuan Eropa, dimulai dengan penjelajahan maritim global negara-negara Liberia akhir abad 15 dan menandai era kerajaan global Eropa.

Tahun 1921, Imperium Britania mencakup populasi sekitar 458.000.000 orang, sekitar 1/4 populasi dunia, yang membentang seluas 36 juta km² lebih.

Meskipun daerah-daerah tersebut telah berkembang menjadi negara Persemakmuran, namun pengaruh Britania selalu melekat kuat di seluruh belahan dunia, seperti praktik ekonomi, hukum, sistem pemerintahan, masyarakat, maupun olahraga.

Latar belakang Imperium Britania

Imperium Britania seberang lautan berdasar pada kebijakan maritim yang dirintis oleh Raja Inggris Henry VII (1485 – 1509). Ia membangun jaringan komersial perdagangan wol yang dipromosikan pada masa pemerintahan Raja Richard III yang memerintah sebelumnya, membentuk sistem pelaut pedagang modern, yang mengembangkan industri pembangunan kapal Inggris dan pelayarannya.

Berbagai perusahaan yang telah di miliki kerajaan Britania misalnya, Massachusetts Bay Company dan Perusahaan Hindia Timur Britania. Henry VII mensponsori pelayaran para pelaut Italia mariner John Cabot tahun 1496 dan 1497, yang membangun koloni seberang lautan Inggris pertama yang merupakan sebuah pemukiman penangkapan ikan di Newfoundland. Tanggal 14 Pebruari 1949 Inggris mulai bergabung dengan IMO.

Artikel Terkait

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia