Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal dengan Istilah Apa dalam Islam?

Lifestyle

Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal dengan Istilah Apa dalam Islam?

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 1 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri dan mencapai rida Allah SWT. Salah satunya yakni dengan dengan berbakti kepada orang tua. Dalam agama Islam, berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah birrul walidain. Amalan ini bisa menjadi salah satu jembatan untuk menuju surga-Nya. Terlebih, birrul walidain ini tidak memiliki batas waktu. Jadi, Pins dapat mengamalkannya terus-menerus sampai akhir hayat. 

Pinhome – Setelah mengetahui bahwa berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah birrul walidain, kini saatnya kamu memaknai lebih jauh tentang berbakti. Berikut ini ada bacaan surah dan hadis yang menerapkan kemulian bagi hamba yang berbakti kepada orang tua. Selain itu, ada pula wujud amalan-amalan sebagai bentuk bakti kepada orang tua. Yuk, langsung simak saja!

Perintah Berbakti kepada Orang Tua

(NU Online)

Allah SWT memerintah kita sebagai umatnya untuk selalu berbakati kepada orang tua. Perintah Allah SWT tersebut, tercantum dalam surah Al-Israa’ ayat 23-24. Berikut bacaanya: 

Allah Ta’ala berfirman: وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Arab latin: Wa qaḍā rabbuka allā ta’budū illā iyyāhu wa bil-wālidaini iḥsānā, immā yabluganna ‘indakal-kibara aḥaduhumā au kilāhumā fa lā taqul lahumā uffiw wa lā tan-har-humā wa qulu lahumā qaulan karīmā

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Selain surah Al-Isra ayat 23-24, perintah dan pentingnya berbakti kepada orang tua juga dijelaskan dalam surah An-Nisa ayat 36:

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Arab latin: wa’budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā

Artinya: “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan, berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

Bentuk Bakti Anak kepada Orang Tua

berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah
(Pexels)

Bentuk bakti anak kepada orang tua sebetulnya cukup banyak. Misalnya saja dengan membantu meringankan pekerjaan rumah mereka. 

Di bawah ini ada beberapa contoh bentuk bakti kepada orang tua yang dapat kamu lakukan. Walau sepele, tapi bisa menjadi jalanmu untuk menuju ke surga-Nya. 

  1. Bertutur kata dengan sopan dan tidak mengeluarkan umpatan dan pernyataan yang menyakiti hati orang tua. Selain itu, jangan pula meninggikan suara ketika berbicara dengan orang tua. 
  2. Saat memandang orang tua, usahakan untuk ceria dan penuh kasih. Jangan beri pandangan yang tajam, bermuka masam, atau tidak menyenangkan. 
  3. Layani orang tua dengan penuh kasih dan kesabaran. Tak lupa, bantu pula segela urusan-urusan mereka. 
  4. Menjawab panggilan orang tua dengan segera. 
  5. Jangan berdebat atau menyalahkan mereka jika ada suatu hal yang tidak berjalan dengan lancar. Lebih baik, jelaskan dengan penuh adab dan sabar. 
  6. Saat orang tua masuk rumah, segera bangkit lalu sambut dengan penuh sukacita. Jangan lupa, cium pula tangan mereka. 
  7. Jangan mengganggu orang tua saat mereka beristirahat. 
  8. Jangan berbohong atau melakukan hal buruk lainnya yang merugikan orang tua. 
  9. Jangan pelit saat menafkahi orang tua. 
  10. Jika kamu tinggal terpisah, usahakan untuk sering mengunjungi orang tua. Bila tidak memungkinkan, hubungi mereka sesering mungkin melalui telepon. 

Baca Juga: Keadaan Psikologis Yang Biasanya Terjadi Pada Anak Broken Home

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah
(Pixabay)

Selain sebagai amalan menuju surga, berbakti kepada orang tua juga memiliki beberapa keutamaan. Berikut di antaranya:

1. Rida Allah SWT bergantung pada restu dan doa orang tua

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa rida Allah SWT selalu bergantung dengan rida orang tua. Jika orang tua murka, Allah SWT pun tidak akan merestui jalannya. 

Untuk itu, sebagai seorang muslim, Pins mestinya selalu menuruti dan mengikuti anjuran orang tua. Setiap melakukan aktivitas, jangan lupa untuk meminta doa dan restu orang tua, agar Allah SWT pun merestui jalan yang dipilih.

2. Berbakati kepada orang tua sama dengan jihad

Dalam hadis Muttafaqun Alaih, Rasulullah mengatakan bahwa perintah berbakti kepada orang tua ini sama pentingnya dengan berjihad. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan amalan-amalannya agar makin dekat dengan surga-Nya. 

3. Dimudahkan segala urusannya 

Seorang anak yang berbakti kepada orang tua, akan mendapatkan kebaikan dan kemudahan dalam perkaranya. Selain itu, kamu juga akan diberikan rezeki dan berkah yang berlimpah oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, teruslah berbuat baik kepada orang tua, agar segala urusanmu semakin lancar dan diberkahi Allah SWT.

Dengan berbakti kepada orang tua, maka Pins akan semakin dekat dengan rida dan surga-Nya. Amalan-amalan untuk menunjukkan bakti kepada orang tua sangatlah banyak, jadi Pins bisa mengumpulkan pahala tersebut dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel