Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk di Aquarium

Lifestyle

Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk di Aquarium

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 14 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Memiliki akuarium atau kolam ikan dengan berbagai ikan hias di dalamnya, tentu dapat membuat rumah menjadi semakin cantik dan menarik. Selain itu, dengan kehadiran akuarium dan ikan di dalamnya dapat membuat rumah terasa lebih alami. Sayangnya memelihara ikan bisa dibilang susah-susah gampang. 

Pinhome – Ya, memelihara ikan memang memerlukan perhatian dan ketelitian lebih agar ikan yang dipelihara dapat terawat dengan baik. Karena terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memelihara ikan di rumah, seperti pencahayaan, kebersihan air, makanan dan masih banyak lagi. 

Jika Pins tertarik untuk memelihara ikan hias aquarium, yuk simak cara memeliharanya dan daftar ikan air tawar yang cocok untuk dipelihara di akuarium pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 10 Desain Cantik Kolam Ikan Minimalis Untuk Mempermanis Tampilan Rumah

Ikan Molly

(Pinterest)

Jenis ikan hias yang pertama adalah ikan molly. Ikan yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta ikan. Ikan ini terdiri dari banyak jenis dengan bentuk yang cantik dan unik. 

Baca Juga: Apa Makanan Ikan Yang Aman Untuk Peliharaan Anda?

Selain karena bentuknya, perawatan ikan yang mudah membuat ikan ini cukup digemari dan dijadikan sebagai ikan untuk dipelihara di akuarium rumah. Bahkan kabar baiknya ikan ini bisa bertahan hidup meski tidak terdapat pompa oksigen sama sekali. 

Cukup mudah bukan? Jadi, bagi Pins yang masih kebingungan untuk mencari ikan yang bisa dijadikan penghuni akuarium di rumah, ikan molly adalah salah satu pilihan yang tepat.

Ikan Cupang

(Pinterest)

Siapa sih yang tidak familiar dengan ikan yang satu ini? Ya, ikan cupang memang telah menjadi buah bibir sejak lama. Hanya saja akhir-akhir ini, namanya semakin naik ke permukaan, terutama di kalangan pecinta ikan. Ikan cupang memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik dan unik. 

Tidak heran banyak orang yang jatuh hati dengan ikan yang satu ini. Selain itu perawatan ikan cupang sangatlah mudah. Anda tidak membutuhkan akuarium berukuran besar untuk memelihara ikan yang satu ini. Makanan ikan ini pun tidak sulit, Pins hanya perlu memberikan jentik nyamuk, cacing dara atau cacing rambut. 

Bahkan ikan ini dapat bertahan hidup tanpa pompa oksigen. Hanya saja, ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang cukup agresif. Jadi jika Pins tertarik untuk memelihara ikan yang satu ini, Pins perlu memisahkannya dengan ikan-ikan lain.

Ikan Manfish

(Pinterest)

Rekomendasi pilihan ikan aquarium yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan manfish. Ikan yang satu ini sangat cocok jika Pins ingin letakkan di akuarium. Warna dan bentuknya yang sangat cantik akan membuat akuarium Anda semakin menarik perhatian. Meski begitu, ikan jenis ini tidak mahal lho! Melainkan sering dijual dengan harga yang relatif murah di pasaran.

Ikan Guppy

(Pinterest)

Jenis ikan air tawar yang bisa menjadi pilihan Anda untuk dirawat di akuarium rumah selanjutnya adalah ikan guppy. Jenis ikan ini adalah salah satu ikan yang sangat mudah dipelihara. Ukurannya sendiri cukup kecil, yaitu berkisar antara 2-5 cm. 

Warnanya yang unik dan sangat menarik perhatian membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan yang satu ini. Selain itu, jika ikan guppy sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, ikan yang satu ini akan mudah berkembang biak.

Ikan Mas Koki

(Pinterest)

Rekomendasi jenis ikan aquarium selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah ikan mas koki. Ikan yang satu ini berasal dari China namun cukup populer di Jepang. Tidak hanya di Jepang, ikan mas koki juga sangat populer di Indonesia. 

Ikan yang satu ini memiliki tubuh dengan perut gendut serta ekor dan sirip yang panjang. Selain itu tubuhnya yang berwarna oranye keemasan membuat ikan ini sangat diminati di pasaran. 

Ikan ini cukup berbeda, karena tidak bisa hidup dengan ikan lain. Berbeda dengan ikan cupang dan molly, ikan mas koki juga memerlukan pompa oksigen.

Tips Merawat Ikan Hias

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam merawat ikan terdapat banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Sehingga merawatnya pun dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut tips merawat ikan yang benar.

Pilih Ikan yang Mudah Dirawat

Tips pertama dalam merawat ikan untuk pemula adalah pilihlah ikan yang mudah dirawat. Jika perawatan ikan tidak begitu banyak dan cukup mudah, tentu akan semakin mudah dan menyenangkan bagi Anda dalam memelihara ikan yang satu ini. 

Terlebih jika ikan tidak memerlukan perlakuan khusus seperti pemberian cahaya, tidak memerlukan pompa oksigen dan jenis makanan yang mudah ditemukan. Hal-hal ini akan sangat mempermudah Anda sebagai pemula dalam memelihara ikan di rumah.

Pilih Yang Harganya yang Terjangkau

Tips kedua yang dapat Anda gunakan dalam memelihara ikan adalah memilih ikan dengan harga yang terjangkau. Jika Anda seorang pemula, tentu Anda akan mengalami kendala saat merawat ikan. Bahkan jika fatal, bisa-bisa ikan yang Anda pelihara mati. Oleh karena itu untuk meminimalisir kerugian, Pins dapat memulai merawatnya dengan harga yang terjangkau.

Bersihkan Akuarium Secara Rutin

Berbeda dengan tempat-tempat lain, akuarium biasanya akan lebih cepat kotor. Sehingga penting bagi Pins untuk membersihkan akuarium secara rutin. Hal ini agar ikan terhindar dari penyakit dan membuat akuarium tetap cantik. Jangan lupa untuk membersihkan saringan pompa oksigen agar ikan-ikan Anda tetap sehat.

Itulah informasi mengenai apa saja ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan tips memeliharanya. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor:

Tags :

Bagikan Artikel