Berapa gaji kurir J&T Express?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Berapa besar sih gaji kurir J&T? Tertarik untuk menjadi karyawan J&T Express bagian kurir? Menjadi kurir J&T menjadi pilihan banyak orang. Dengan berkembangnya layanan ekspedisi J&T, kurir yang diperlukan pun bertambah. Dengan banyaknya kurir, pengiriman barang bisa semakin cepat. Keberadaan kurir sangat penting dalam bisnis ini.

Lalu berapa sih kisaran gaji kurir J&T? Kalau di JNE daerah saya, status kurir JNE bukanlah karyawan, melainkan freelance. Kurir JNE tidak mendapatkan gaji. Adapun penghasilannya berdasarkan paket yang dikirimkan. Misal, per paket Rp1.000, tinggal kalikan saja dengan jumlah paket yang dibawa dalam sehari.

Berbeda dengan JNE, kurir J&T mendapatkan gaji dari perusahaan. Besarnya gaji tergantung upah minimum yang berlaku di daerah tempat kurir bekerja. Namun, kurir J&T bukan hanya mendapatkan gaji pokok saja, tetapi ada tambahan lainnya. Ada komisi per paket yang berhasil dikirimkan. Jadi, selain gaji pokok, kurir J&T mendapatkan penghasilan dari paket yang berhasil diantarkan.

Adapun besarnya komisi per paket kalau dulu Rp1.000. Jika sehari ada 50 paket, berarti kurir J&T bisa mendapatkan tambahan Rp50.000. Bahkan bisa-bisa komisi dari pengiriman paket ini lebih besar dari gaji pokok. Kurir J&T bisa mendapatkan di atas Rp 3 juta per bulan.

Di J&T ada layanan jemput paket. Dengan begini, pelanggan tak perlu repot-repot datang ke kantor J&T, tapi bisa minta kurir jemput paket. Kurir J&T juga mendapatkan komisi per pick up barang. Jadi, selain mendapatkan komisi dari delivery barang ke penerima paket, kurir J&T juga mendapatkan komisi dari jemput paket.

Selain gaji dan komisi dari delivery, kurir juga mendapatkan uang bensin. Wah, enak ya jadi kurir J&T, bisa mendapatkan gaji dan komisi.

Tapi, ada risikonya. Jika ada masalah dengan paket, kurir bisa kenda denda. Misal, kurir mengirimkan barang dengan tujuan ke luar pulau. Ternyata, barang tersebut tidak lolos scan bandara, sehingga barang tidak dikirimkan. Barang akan dikembalikan ke drop point J&T tempat di mana barang tersebut diproses. Kurir yang memproses barang tersebut bisa kena denda hingga 10 kali lipat dari ongkos kirim. Misal, ongkos kirim Rp50.000, denda 10 kali lipatnya berarti jadi Rp500.000.

Selain itu, kalau misalnya ada masalah sama paket, misal setelah pengecekan resi, status barang delivered, tapi penerima barang merasa belum menerima, lalu komplain ke CS J&T, kurir bisa kena denda. Namun, paktik ini umum dilakukan. Banyak komplain tentang paket yang statusnya delivered tapi kenyataannya barang belum diantarkan ke penerima.

Lalu apa sih syarat untuk bisa bergabung menjadi kurir J&T? Bagi kalian yang punya pengalaman bekerja sebagai pengantar paket, tentu merupakan nilai plus bagi yang ingin bekerja sebagai kurir J&T. Namun, yang belum punya pengalaman menjadi kurir juga bisa mendaftar. Tapi itu tergantung pada J&T yang buka lowongan, apakah yang dicari kurir yang sudah berpengalaman atau yang belum berpengalaman juga bisa mendaftar.

Demikian informasi tentang gaji karyawan J&T. Memang kurir J&T tak cuma mendapatkan gaji saja, tetapi juga mendapatkan komisi delivery dan pick up barang. Namun, berlaku juga denda jika terjadi masalah tertentu pada paket.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia