Berapa gaji admin CS olshop (toko online)?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Ingin tahu berapa gaji admin olshop? Anda pemilik toko online dan sedang memerlukan Admin untuk keberlangsungan online shop dan bingung mau kasih gaji berapa? Atau Anda ingin bekerja sebagai admin toko online? Apa sih tugasnya?

Memiliki toko online bisa diurus seorang diri, mulai dari promosi produk, menjawab chat dari calon pembeli, hingga packing barang untuk dikirim ke layanan ekspedisi. Kalau pesanan masih sedikit, memang gampang kalau semuanya di-handle sendiri. Tapi ketika pesanan sudah mulai banyak, chat yang masuk juga semakin banyak, maka akan sangat merepotkan jika semuanya diurus sendiri.

Ketika toko online sudah mulai ramai, akan lebih efektif jika mempekerjakan orang menjadi admin atau CS olshop. Bagian packing juga perlu bantuan orang. Pemilik toko online tinggal memikirkan strategi bagaimana meningkatkan penjualan. Kalau pesanan semakin banyak, tapi semuanya masih diurus sendiri, maka waktu terbuang buat membalas chat calon pembeli dan packing produk.

Tugas Admin / CS toko online
Maka dari itu, supaya lebih efektif, maka sebaiknya pekerjakan CS atau admin yang bertugas untuk melayani chat dari calon pembeli. Admin harus diedukasi bagaimana cara melayani calon pembeli dengan benar. Orang yang tanya-tanya belum tentu langsung membeli. Admin / CS online shop harus pandai-pandai membujuk agar orang tersebut mau membeli. Kalau cara menjawabnya dengan jutek, calon pembeli pun enggan.

Intinya tugas admin online shop adalah melayani calon pembeli, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli. Jika orang itu berniat membeli, maka tugas admin adalah mengarahkan ke proses selanjutnya, seperti meminta agar calon pembeli itu menyebutkan nama dan alamat lengkapnya. Admin kemudian memberikan informasi ongkos kirim dan total berapa yang harus dibayar, lalu memberikan pilihan pembayaran, entah itu lewat transfer, COD, atau lainnya tergantung metode pembayaran yang diterima di toko online.

Berapa gaji admin toko online?
Untuk standar gaji pekerja di Indonesia ada yang namanya UMR. Gaji CS olshop bisa sesuai UMR atau di bawah itu, tergantung dari kebijakan pemilik toko online. Tapi, kalau standar gaji UMR terlalu tinggi bagi pemilik olshop, tak apa kalu pemilik toko online menggaji admin di bawah UMR.

Kalau mau cari admin yang mau digaji tidak terlalu tinggi, sebaiknya pilih yang tingkat pendidikannya juga tidak terlalu tinggi. Jadi admin online shop tidak harus lulusan S1, tapi lulusan SMA, bahkan SMP juga sudah cukup.

Adapun untuk besarnya gaji juga tergantung kesepakatan. Namun, ada baiknya gaji tidak terlalu tinggi tetapi ada bonus per penjualan sehingga admin lebih semangat dalam bekerja.

Misal, gaji pokok admin online shop 1 juta per bulan, tetapi ada bonus penjualan tergantung besarnya penjualan dalam sebulan. Bahkan bonus bisa lebih besar dari gaji pokok. Hal ini bisa mmebuat CS olshop lebih semangat dalam bekerja.

Kalau untuk toko online besar, memang sanggup memberikan gaji besar, sesuai UMR, bahkan bahkan lebih. Namun, bagi pemilik toko online kecil, untuk menggaji karyawan, tentu harus memperhatikan sebesar apa keuntungan olshop miliknya. Jangan sampai keuntungan cuma habis buat gaji karyawan.

Tidak harus mempekerjakan admin
Jika masih sanggup diurus sendiri, apalagi jualan di marketplace, maka sebaiknya tidak perlu mempekerjakan admin. Kalau jualan di markeplace, Shopee misalnya, kalau orderan masih belasan per hari, saya rasa untuk membalas chat bisa di-handle sendiri.

Kalau di Shopee itu tingkat konversinya tinggi. Kalau sudah tanya-tanya via chat, kemungkinan besar mau beli. Bahkan banyak juga yang tanpa tanya-tanya langsung checkout.

Berbeda kalau jualan via media sosial, banyak yang tanya, tapi sebagian besar tidak beli. Kalau dari 10 chat yang masuk ada 1 yang beli, maka itu sudah lumayan. Katakanlah dari 10 chat, ada 1 pembeli. Berarti agar bisa mendapatkan minimal 10 penjualan sehari, setidaknya harus ada 100 chat yang masuk dalam sehari. Jika ini di-handle sendiri, tanpa bantuan CS, akan sangat merepotkan.

Jadi, perlu tidaknya CS juga tergantung di mana Anda berpromosi.

Intinya, kalau masih bisa di-handle sendiri, maka sebaiknya di-handle sendiri. Uang yang harusnya untuk bayar CS bisa digunakan untuk biaya promosi. Tapi, kalau tidak sanggup diurus sendiri, maka tak ada salahnya mempekerjakan CS, dan juga mempekerjakan orang untuk packing barang.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia