Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Beragam Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja di Perusahaan

Lifestyle

Beragam Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja di Perusahaan

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 18 June 2021 ∙ 4 menit membaca

Bekerja di tempat yang nyaman dan menyenangkan tentu menjadi keinginan semua orang. Sayangnya realita terkadang tidak berjalan sesuai harapan. Banyak sekali orang yang melakukan pengunduran diri karena merasa lingkungan kerja yang kurang nyaman atau telah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik sesuai dengan keinginan. 

Meski begitu, sebagai karyawan yang pernah bekerja di suatu institusi, Anda tentu perlu menyampaikan pengunduran diri kepada atasan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bagaimana cara menulis surat pengunduran diri. 

Jika Pins sedang dalam kondisi ini, yuk simak fungsi dan contoh surat pengunduran diri yang bisa ditiru saat Anda ingin mengundurkan diri dari kantor.

Fungsi Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
(Merah Putih)

Surat pengunduran diri memang terlihat kecil dan sepele, namun fungsinya cukup besar lho! Surat ini berfungsi sebagai pernyataan formal bahwa Anda telah mengundurkan diri sebagai karyawan di suatu institusi. Biasanya surat pengunduran diri menjadi salah satu persyaratan formal institusi jika karyawannya ingin mengundurkan diri. 

Surat pengunduran diri ini berfungsi untuk memberi tahu institusi tempat Anda bekerja bahwa Anda akan mengundurkan diri. Dengan pemberitahuan ini, institusi jadi memiliki waktu untuk mencari karyawan baru untuk menggantikan posisi Anda. Selain itu, fungsi surat ini juga menunjukan tanggung jawab dan profesionalisme Anda terhadap institusi. Sehingga meski Anda telah meninggalkan institusi, reputasi Anda tetap baik di mata institusi.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Surat Pengunduran Diri

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis surat pengunduran diri untuk institusi, antara lain :

  • Tulis penerima surat. Dalam menulis surat pengunduran diri untuk institusi, Pins harus mencantumkan nama penerima surat beserta jabatannya. Biasanya surat ini ditujukan untuk atasan Anda dalam bekerja.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam menulis surat ini, Pins harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakan kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele. Pastikan isi surat singkat, padat dan jelas agar orang yang membacanya mudah memahami maksud dan tujuan Pins dalam mengundurkan diri.
  • Awali isi surat dengan salam dan pemberitahuan mengenai pengunduran diri Anda.
  • Cantumkan identitas Anda di kantor. Saat menyatakan pengunduran diri, sebaiknya cantumkan nama lengkap dan jabatan Anda di kantor agar atasan mudah mengenali Anda.
  • Jelaskan alasan pengunduran diri. Buatlah alasan dalam surat singkat dan jelas agar atasan memahami alasan pengunduran diri Anda dengan mudah.
  • Beri penutup dan salam. Pada akhir surat, berikan penutup dengan menyampaikan rasa terima kasih dan harapan Anda terhadap institusi. Jangan lupa untuk memberikan salah pada penutup surat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat surat pengunduran diri untuk institusi tempat Anda bekerja. Jika Pins juga dalam kondisi ingin mengundurkan diri dari tempat kerja, berikut contoh surat pengunduran diri kerja yang dapat Anda tiru untuk mengajukan pengunduran diri ke kantor.

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Indonesia

Surat Pengunduran Diri
Jakarta, 15 Juni 2021

Kepada Yth.Manajer Marketing
PT. Batu Emas
Di tempat.

Dengan hormat,

yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : Assyifa
Jabatan : Marketing Staff

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan staf marketing PT. Batu Emas, terhitung pada tanggal 15 Juli 2021.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu karena telah memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk bekerja bersama dengan tim ini. Saya juga berterima kasih atas dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah diberikan selama saya bekerja.

Mohon maaf apabila saya tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan. Semoga perusahaan ini semakin maju di masa yang akan datang.

Demikian surat pengunduran ini saya buat atas keinginan diri sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain.


Hormat saya,
Assyifa.

Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Resignation Letter
Jakarta, June 15th 2021

To: Mrs. Reza Januar
Marketing Manager of PT. Batu Emas
Jl. Surama No.14, Jakarta

Dear, Mr. Reza,

I would like to inform you that I am resigning from my position as marketing Staff PT. Batu Emas. 

Thank you for the support and the opportunities you gave me during these last 2 years. I have truly enjoyed my tenure with PT. Batu Emas. I’m also grateful for the encouragement you’ve given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

I apologize profusely for not being a part of this company because things wouldn’t work the way I wanted to.

Hopefully this company can be further developed.

This resignation letter I made with full awareness also of my own desires without coercion from anyone.


Sincerely,
Assyifa.

Itulah beberapa informasi tentang fungsi, hal-hal yang perlu diperhatikan serta contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang dapat Anda tiru ketika ingin mengajukan pengunduran diri di kantor. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan sopan dalam pembuatan surat pengunduran diri. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel