Pinhome

  • Blog
  • KPR / KPA
  • Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?

KPR / KPA

Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pins, beli rumah itu butuh perhitungan yang super teliti, termasuk dalam menentukan bagaimana kita memulai proses pembiayaan. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan: mending membayar DP besar atau cicilan besar, ya?

Pinhome – Kalau kata orang-orang, rumah itu harus bisa bikin nyaman. Ternyata hal ini gak cuma berlaku di desain rumah dan penataan interior saja, lho! Susah payah membayar cicilan rumah akibat salah perhitungan di awal juga bisa bikin rumah jadi terasa gak nyaman. Ada dua jalan yang bisa Pins tempuh. Pins bisa memilih beli rumah dengan membayar uang muka atau down payment (DP) dengan jumlah yang lebih besar di awal, atau uang mukanya pas dengan aturan, tapi cicilan per bulannya lebih mahal. Sebelum terlambat, Pins harus memutuskan, nih, enaknya jadi #TimDPBesar atau #TimCicilanBesar.

DP Besar: Nabung DP dahulu, bayar cicilan mudah kemudian

Umumnya, bank mematok harga uang muka atau DP KPR senilai 5% hingga 30% dari harga total penjualan rumah. Namun jika Pins menyanggupi, bisa saja DP dibayar hingga 50% Dengan demikian, Pins hanya tinggal membayar cicilan senilai 50% dari harga rumah dan mengambil masa angsuran lebih cepat. Hutang semakin cepat lunas, dan Pins tak perlu khawatir akan fluktuasi nilai suku bunga karena nominal cicilan lebih ringan. Selain itu, jumlah uang muka juga menjadi pertimbangan bank untuk pengajuan KPR.

Namun, ada juga tantangan tersendiri untuk metode pembayaran seperti ini. Untuk mempersiapkan DP yang besar, tentu Pins perlu menabung lebih lama. Semakin lama Pins menabung, semakin lama pula Pins memiliki rumah. Padahal, seperti yang kita tahu, harga properti tiap tahun semakin naik. Pertanyaannya tinggal mau sampai kapan menunda punya rumah?

Cicilan Besar: Sedikit demi sedikit, lama-lama bisa jadi rumah!

Untuk Pins yang sudah kebelet pengin memiliki rumah, DP kecil bisa menjadi opsi. Apalagi, per Desember 2019 kemarin, Bank Indonesia mempermudah peraturan uang muka menjadi 1% dari harga total untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dan 10-15% untuk di luar golongan tersebut. Bahkan, untuk kepemilikan pertama, ada beberapa bank yang memiliki promo DP 0%! Itu berarti, sekarang siapa pun bisa memiliki rumah. Pins yang sedang menabung pun tak perlu menunda terlalu lama memiliki hunian pribadi.

Kelemahan metode pembayaran ini tentunya pada cicilan. Semakin besar cicilan kita, semakin besar kemungkinan pengeluaran per bulan hanya terpusat pada rumah saja. Belum lagi ditambah dengan naik-turunnya suku bunga secara periodik. Kita bisa saja mengajukan tenor yang lebih lama, tapi itu berarti hutang kita akan selesai lebih lama. Selain itu, pengajuan KPR kita akan lebih lama jika memilih membayar DP lebih kecil karena bank akan melakukan tahapan pemeriksaan lebih lama juga.

Baca juga Tips Beli Rumah Pertama Bagi Para Millenials

Pins, sebenarnya keputusan membayar DP besar atau cicilan besar sepenuhnya tergantung dengan kemampuan kita dalam hal keuangan. Hitung baik-baik besarnya tabungan atau cicilan yang bisa Pins lakukan dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Seperti yang sudah disebut di atas, membeli rumah merupakan sebuah komitmen. Mau tidak mau investasi ini akan mempengaruhi kondisi keuanganmu.

Keputusan DP besar atau cicilan besar sudah ribet, urusan yang lain jangan dibikin ribet juga! Coba cek Pinhome sekarang juga! Di Pinhome, kita bisa menemukan solusi untuk seluruh urusan transaksi properti. Mulai dari pemilihan rumah, kontak dengan pihak bank, notaris, maupun kontraktor, hingga penandatanganan akad, semua akan didampingi oleh konsultan yang terlatih dan terpercaya!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel