Belajar Bahasa Spanyol dan strategi Kursus

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 21 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Sejarah Negara Com – Apakah Anda tertarik belajar bahasa Spanyol? Jika dibandingkan dengan Inggris atau Perancis, bahasa Spanyol tentu kurang begitu populer dan jarang digunakan dalam kancah komunikasi serta pergaulan internasional.

Namun untuk daerah atau negara-negara yang berada di wilayah Amerika Selatan, bahasa ini banyak digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahkan, ada beberapa negara yang menjadikannya sebagai bahasa nasional mereka.

Hal ini tidaklah aneh karena kebanyakan negara di daerah tersebut pada zaman dulu adalah wilayah koloni atau jajahan bangsa Spanyol. Maka tidak mengherankan jika bahasa tersebut punya pengaruh yang cukup besar bagi bangsa-bangsa di daerah ini.

Di negara Amerika Serikat sendiri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, juga punya wilayah yang sebagian besar penduduknya merupakan keturunan dari bangsa Spanyol. Sehingga dalam percakapan sehari-hari, mereka selalu menggunakan bahasa ini.

Jadi, bukan merupakan hal yang aneh atau sia-sia jika ada di antara kita yang tertarik untuk belajar bahasa negara matador ini. Apalagi, bahasa ini juga punya cerita sejarah yang cukup panjang dan punya ciri khas tersendiri yang tidak dipunyai oleh bahasa asing yang lain.

Baca juga: Belajar Bahasa Prancis: Mudah dan asyiknya

Sejarah Singkat Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol merupakan bagian dari aksen bahasa Latin yang mengalami perkembangan sekitar sepuluh abad yang lalu di daerah Semenanjung Liberia. Saat ini, daerah tersebut merupakan wilayah Spanyol bagian utara. Dalam perkembangan selanjutnya, penggunaan bahasa ini terus menyebar hingga ke wilayah Mediterania.

Setelah bangsa Spanyol melakukan ekspansi dan memperluas wilayah jajahan, bahasa ini juga terbawa hingga ke Benua Amerika, sehingga makin banyak penggunanya. Saat ini, ada dua puluh satu negara yang resmi menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi nasionalnya.

Selain itu, PBB atau Persatuan Bangsa-Bangsa juga menggunakan bahasa Spanyol sebagai salah satu dari enam bahasa resmi yang digunakan.

Baca juga: Belajar Bahasa Mandarin: Apa yang dipelajari dan cara menguasainya

Strategi Kursus dan Belajar Bahasa Spanyol

Strategi mencari tempat kursus untuk belajar Bahasa Spanyol pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan mencari tempat kursus bahasa lain seperti Inggris, Perancis, Jepang, Mandarin, dan lain-lain. Yang jelas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan dan tempat kursus yang digunakan sebagai media untuk belajar.

Jadi, jangan sekadar melihat gedungnya yang megah dan dengan tampilan yang bagus saja. Bisa saja penggunaan gedung tersebut hanya trik dari pengelola tempat kursus untuk mendapatkan siswa sebanyak mungkin dengan tujuan untuk mencari laba yang sebesar-besarnya. Strategi yang pantas dicoba antara lain sebagai berikut.

1. Lokasi

Carilah tempat kursus yang mudah dijangkau dan berada di tempat yang dilalui oleh kendaraan atau transportasi umum, terutama sekali jika kita tidak punya kendaraan pribadi.

Tentu kita tidak mau kehabisan tenaga gara-gara tempat kursus tersebut berada di wilayah terpencil, sehingga kita harus berjalan kaki ke tempat kursus tersebut. Bisa-bisa, kita tidak bisa berkonsentrasi untuk belajar karena cape dan terlalu banyak berjalan.

2. Kualitas guru atau pengajar

Salah satu faktor utama keberhasilan dalam mempelajari suatu ilmu termasuk bahasa adalah kualitas pengajarnya. Carilah tempat kursus yang pengajarnya tidak sekadar pandai menggunakan Bahasa Spanyol saja, namun juga dapat memberi sistem pengajaran yang menyenangkan serta mudah dipahami.

Lebih bagus lagi jika tempat kursus tersebut juga menyediakan pengajar asing yang menggunakan bahasa Spanyol dalam percakapan sehari-hari. Sehingga, kita bisa praktik berbicara secara langsung kepada mereka yang lebih memahami penggunaan bahasa ini, termasuk logat, tata bahasa, dan aksen serta pronunciation atau percakapan.

3. Fasilitas

Jangan memilih tempat kursus bahasa Spanyol yang fasilitasnya sangat terbatas. Sebab, untuk mempelajari suatu bahasa, hal yang dibutuhkan bukan sekadar buku saja. Namun, kita juga perlu belajar untuk mendengar dan bercakap-cakap secara langsung.

Jadi, fasilitas utama yang mutlak harus tersedia adalah laboratorium bahasa. Lebih bagus lagi jika laboratorium ini juga dilengkapi dengan koleksi kaset bahasa Sapnyol yang lengkap dan komplet.

Selain laboratorium bahasa, fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah perpustakaan, terutama yang punya koleksi lengkap buku-buku bacaan atau majalah berbahasa Spanyol. Jika kedua fasilitas ini tersedia, tempat kursus tersebut bisa dijadikan sebagai pertimbangan utama.

4. Sistem pengajaran

Ini juga merupakan faktor penentu dalam penguasaan suatu ilmu, termasuk belajar bahasa Spanyol. Tempat kursus yang baik adalah yang mampu memberi sistem pengajaran yang mampu bemberikan siswa ilmu secara teori dan praktik dengan perbandingan yang seimbang.

Jika hanya mengutamakan teori saja, tanpa praktik, kita tidak akan mampu memahami bagaimana sistem penggunaan bahasa tersebut ketika dipakai dalam percakapan langsung.

Sementara jika terlalu banyak praktik tanpa mempelajari teorinya, kualitas bahasa yang dipraktikan juga tidak akan sempurna, terutama dalam tata bahasa dan penggunaan dari masing-masing kata.

5. Biaya

Tentu kita tidak mau mengeluarkan biaya yang besar, sementara kualitas tempat kursus tersebut sangat rendah dan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Hanya saja, yang sering membuat kita bingung adalah tidak ada standar yang baku untuk menentukan biaya kursus.

Agar bisa mendapatkan biaya yang pas dan sesuai dengan fasilitas serta sistem pengajaran yang diberikan, kita bisa membuat perbandingan antara tempat kursus yang satu dengan tempat kursus yang lain.

Jika perlu, jangan langsung memilih, namun kumpulkan dulu brosur yang diberikan. Kemudian, pelajari di rumah agar bisa lebih tenang dan tepat untuk menentukan pilihan, sehingga tidak terjadi kesalahan.

Baca juga: Tips mudah belajar Bahasa Korea

Strategi Belajar Bahasa Spanyol

Selain tempat kursus yang baik, pengaruh lain yang ikut menentukan keberhasilan kita dalam belajar dan menguasai bahasa Spanyol adalah strategi dan teknik belajarnya. Sebab, jika hanya mengandalkan sistem pengajaran yang diberikan di tempat kursus tentu hasilnya tidak akan maksimal. Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa diterapkan agar kita lebih mudah menguasai bahasa Spanyol.

1. Jam belajar

Jika keadaan memungkinkan, pilihlah waktu belajar yang diadakan pada pagi hari. Karena pada waktu ini, pikiran dan otak kita masih fresh. Selain itu, udara pagi yang sejuk juga akan membantu kita untuk mempermudah menyerap ilmu dan pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar.

Namun, jika keadaan tidak memungkinkan karena harus bekerja atau sekolah, sehingga harus menggunakan waktu belajar di sore hari, jangan memilih waktu yang terlalu berdekatan. Sebaiknya, beri jarak sekitar dua atau tiga jam.

Dengan cara ini, pikiran dan tubuh kita akan punya kesempatan untuk istirahat dan santai sejenak. Sehingga pada saat jam belajar, kondisi fisik dan pikiran akan segar kembali.

2. Praktik langsung

Selain praktik berbicara bahasa Sapnyol dengan guru, jika ada kesempatan, kunjungilah tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi oleh turis asing, terutama dari negara-negara yang menggunakan bahasa Spanyol.

Selain kita bisa berbicara dengan pengguna langsung, ada keuntungan lain yang bisa diperoleh, yaitu mendapat teman baru.

3. Gunakan fasilitas internet

Ada banyak fasilitas di internet yang bisa kita gunakan untuk memperdalam ilmu bahasa Spanyol. Beberapa di antaranya adalah chatting. Chatting merupakan salah suatu fasilitas yang memungkinkan kita bisa berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain secara tertulis.

Dari sini, kita bisa belajar bahasa Spanyol terutama dalam hal penggunaan tulisan kata dan kalimat yang baik dan benar. Pilihlah chanel bahasa Spanyol yang topik pembicaraannya sesuai dengan selera dan kesenangan kita sehingga bisa lebih menikmati dan memahami isi pembicaraan yang dilakukan dengan teman komunikasi.

Fasilitas lain yang tidak kalah menariknya adalah messanger, yaitu sistem komunikasi online, yang memungkinkan kita bisa berhubungan dengan orang lain secara langsung melalui tiga cara sekaligus, yaitu tulisan, bicara langsung dengan alat speaker, dan melihat secara langsung lawan bicara kita melalui camera atau sering disebut dengan webcam.

Dengan menggunakan fasilitas ini, kita bisa melakukan tiga pendalaman ilmu bahasa Spanyol sekaligus, yaitu melalui tulisan, pendengaran, dan pembicaraan.

Selain itu, kita bisa memanfaatkan forum komunitas, yaitu suatu situs komunitas yang biasanya digunakan untuk saling berkomunikasi dengan orang lain dengan tujuan yang sama. Karena sedang belajar bahasa Spanyol maka bergabunglah dengan forum komunitas yang juga bertujuan untuk mendalami bahasa ini.

Baca juga: Strategi khusus Belajar Bahasa Jerman

Dari sini, kita akan bisa saling bertukar ilmu dan belajar bahasa Spanyol secara bersama-sama dengan sistem online.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia