Cara Mudah Belajar Bahasa Prancis dan Rekomendasi Tempat Kursus

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 19 February 2022 ∙ 6 menit membaca

Banyak alasan untuk belajar bahasa Prancis, salah satunya karena bahasa Prancis termasuk dalam tujuh besar bahasa yang sering banyak digunakan di dunia. Tak hanya itu, bahasa ini juga digunakan secara resmi di 29 negara dan secara tidak resmi di 7 negara di benua Eropa, Amerika, Afrika, Asia, dan Oseania.

Bahasa Prancis merupakan satu dari enam bahasa resmi yang dipakai di organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa selain bahasa Cina, Inggris, Spanyol, Arab, dan Rusia. Sedangkan bahasa resmi yang wajib dikuasai atau dipergunakan di tingkat Sekretaris Jenderal PBB adalah bahasa Inggris dan Prancis. Pengguna bahasa Prancis disebut frankophonik (Francophone).

Belajar bahasa Prancis dapat di akses dari mana saja, di mana saja, dan kapan saja secara mandiri. Misalnya sumber bacaan yang banyak tersedia di toko buku atau internet. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak situs-situs yang menawarkan modul-modul untuk belajar bahasa Prancis secara gratis.

Namun di balik itu semua, ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika belajar bahasa yaitu interaksi langsung antara pengajar dengan siswanya yang dapat membuat suasana seperti berada di negara asal bahasa yang kita pelajari.

Pemerintah Prancis telah menyokong penyebaran bahasanya di dunia dengan mendirikan Pusat Bahasa dan Budaya Prancis di beberapa wilayah Indonesia. Seperti Jakarta (Centre Culturel Français de Jakarta), Bandung (Centre Culturel Français de Bandung), Surabaya (Centre Culturel Français de Surabaya), dan Yogyakarta (Centre Culturel Français de Yogyakarta atau LIP).

Serta beberapa Aliansi Prancis di kota-kota seperti Balikpapan (Alliance Française de Balikpapan), Bandung (Alliance Française de Bandung), Denpasar (Alliance Française de Denpasar), Medan (Alliance Française de Medan), Semarang (Alliance Française de Semarang), dan Lampung (Maison Française de Lampung).

Baca juga: Belajar Bahasa Mandarin: Apa yang dipelajari dan cara menguasainya

Belajar Bahasa Prancis

Belajar bahasa Prancis berarti mempelajari beberapa keistimewaannya seperti keunikan pada kata benda dan kata sifat bahasa Prancis yang mempunyai jenis kelamin untuk bentuk tunggal (singulier) yaitu perempuan (féminin), laki-laki (masculin). Sedangkan untuk bentuk jamak (pluriel) umunya diberi tambahan ‘-s’ atau ‘x’ pada akhir kata.

Selain itu, bahasa Prancis mengenal konjugasi (conjugaison) yang mana setiap kata kerja yang dirangkaikan dengan kata ganti orang (les pronoms personnels des sujets) akan berubah disesuaikan dengan modus dan kala waktu. Ada enam kata ganti orang yaitu tiga persona tunggal (Je, Tu, Elle/ Il) dan tiga persona jamak (Nous, Vous, Elles/ Ils).

Contoh:

Étudier (belajar)Indikatif PrésentSubjunktif PrésentKondisional Présent
Je = saya/akuJ’ étudieraisJ’étudieJ’ étudie
Tu = kamuTu étudieraisTu étudiesTu étudies
Elle = dia perempuan tunggalElle étudieElle étudieElle étudierait
Il = dia laki-laki tunggalIl étudieIl étudieIl étudierait
Nous = kami/kitaNous étudionsNous étudiionsNous étudierions
Vous = anda/kalianVous étudiezVous étudiiezVous étudieriez
Elles = mereka perempuanElles étudientElles étudientElles étudieraient
Ils = mereka laki-lakiIls étudientIls étudientIls étudieraient

Seperti bahasa asing lainnya, bahasa Prancis mengenal kala waktu dan penggunaan modus.

Baca juga: Tips mudah belajar Bahasa Korea

Modus

Modus dipakai untuk menentukan suasana perasaan atau hal yang berhubungan dengan perbuatan yang diungkapkannya. Modus terbagi menjadi enam dua bagian, yaitu personal dan impresonal:

a. Modus personal (mode personnel):

  • Indikatif: dipakai untuk mengungkapkan keyakinan, pernyataan, pendapat, pikiran, rasa percaya, dan lain-lain.
  • Subjunktif: digunakan untuk mengungkapkan kemungkinan, hipotesa, harapan, keinginan, keraguan, dan lain-lain.
  • Kondisional: digunakan untuk mengungkapkan hipotesa, dugaan, dan lain-lain.
  • Imperatif: digunakan untuk perintah, larangan, dan lain-lain.

b. Modus Impersonal (mode impersonnel):

  • Infinitif: adalah bentuk nominal verba.
  • Partisip: adalah bentuk adjektival verba.

Kala Waktu

Kala Waktu dipakai untuk menerangkan waktu dari suatu kalimat, terbagi menjadi delapan kala yaitu:

  • Présent: untuk menerangkan perbuatan yang sedang berlangsung (aktual), kebiasaan sehari-hari dan wacana umum.
  • Imparfait: untuk menerangkan kebiasaan di waktu lampau, pengandaian, perbuatan dalam waktu lampau yag belum selesai saat perbuatan lainnya sudah dimulai atau yang sudah tidak berlaku lagi pada saat dibicarakan.
  • Futur simple: untuk menerangkan perbuatan di waktu yang akan datang.
  • Passé simple: untuk menyusun cerita tertulis atau lisan.
  • Passé composé: untuk menunjukkan perbuatan yang telah berlangsung di waktu lampau dan akibat perbuatan itu masih dirasa sampai sekarang.
  • Passé antérieur: untuk menyatakan suatu perbuatan yang sudah terjadi tepat sebelum perbuatan lainnya di waktu lampau.
  • Plus-que-parfait: untuk menerangkan dua kejadian yang berlangsung berturut-turut.
  • Futur antérieur: untuk menerangkan suatu hipotesa di waktu lampau (selesai dilakukan).

Baca juga: Strategi khusus Belajar Bahasa Jerman

Cara Cepat Belajar Bahasa Prancis

belajar bahasa prancis
(Shutterstock)

Mencoba sesuatu yang baru, apalagi mempelajari sesuatu yang asing, tentu terasa sangat menyenangkan. Apalagi kalau sesuatu yang asing itu bernama Bahasa Prancis. Sudah bukan rahasia kalau Perancis adalah salah satu kota terindah dan teromantis sedunia. Karena itu, tidak sedikit orang Indonesia yang belajar, atau setidaknya berwisata di Perancis untuk mengagumi budaya dan peradabannya.

Bahasa Prancis Tidak Sulit

Faktanya, belajar Bahasa Prancis itu mudah sekali! Apalagi jika kamu telah menguasai Bahasa Inggris, karena 50 persen kosakata Bahasa Perancis ini berasal dari Bahasa Inggris. Hanya saja cara pengucapannya berbeda (selalu ada suara sengau atau menggeram yang muncul sewaktu mengucapkannya).

Bahkan Bahasa Perancis ini sudah menjadi bahasa resmi internasional PBB dan jumlah negara yang memakainya adalah yang kedua terbanyak sesudah Bahasa Inggris. Belajar bahasa asing apapun, termasuk bahasa Prancis, akan terasa lebih mudah jika kamu memiliki fasilitas audio atau belajar mendengar dari native speaker asli.

Sama seperti manusia yang pada umumnya lancar berbicara dulu baru bisa menulis, belajar bahasa asing terasa lebih mudah karena adanya file audio-nya. Dengan menguasai bahasa Perancis, kamu tidak hanya mengenal kultur dan budaya baru, tetapi juga meningkatkan kualifikasi dalam berkarir. Kamu juga akan lebih mudah memasuki bursa kerja di bidang pariwisata, hotel, hubungan Internasional, dan sebagainya.

Baca juga: Cara belajar bahasa Jepang dasar, huruf, angka dan tata bahasa

Kursus Bahasa Perancis

belajar bahasa prancis
(oui in french)

Mencari tempat kursus Bahasa Prancis di Indonesia memang tidak semudah mencari tempat kursus Bahasa Inggris. Bagi Pins yang tinggal di Jakarta, Surabaya, dan Bali, bisa datang ke tempat kebudayaan Perancis.

Bagi Pins yang tinggal di Jakarta, kamu dapat menemukan kursus bahasa Prancis di CCF (Centre Culturel Francais) yang berlokasi di Jl Rasuna Said. Untuk kota Surabaya kami bisa menemukannya di CCCL yang berlokasi di Jl Darmokali. Mereka rutin menyelenggarakan kursus bahasa Perancis dengan level yang beragam.

Pusat Kebudayaan Perancis juga punya native speaker. Biaya kursusnya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 300 ribuan perbulan, sudah termasuk buku panduan, dan sebagainya. Dengan biaya hanya sekitar 150 ribu pun, kamu sudah bisa menjadi anggota perpustakaannya selama setahun.

Kamu bisa menggunakan akses Internet, meminjam buku, mendengarkan CD, ataupun menonton film sepuasnya. Bahasa Prancis yang akan kamu kuasai pun akan lebih lancar. Dengan cara seperti ini, kamu bisa merasakan kalau belajar bahasa Perancis ternyata menyenangkan bukan?

Nah, bagaimana kalau kota tempat tinggal kamu tidak memiliki Pusat Kebudayaan Perancis? Jangan khawatir, kamu masih bisa mengasah Bahasa Prancis lewat metode online. Di antaranya, bisa bergabung di groups.google.com/group/id-fr atau bisa googling tempat kursus bahasa Perancis terdekat di kota-mu.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia