Cara belajar bahasa Jawa dengan mudah

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ September 27, 2022 ∙ 6 menit membaca

Bagi sebagian orang, belajar bahasa Jawa bukanlah merupakan hal yang mudah. Hal tersebut juga berlaku bagi siswa SD. Meskipun mungkin dalam keseharian mereka lebih sering mendengar percakapan antar keluarga atau masyarakat sekitar dengan bahasa Jawa, tapi mereka tidak begitu saja mampu menguasai ragam bahasa Jawa. Cara belajar bahasa jawa juga bisa dilakukan dengan mudah.

Pinhome – Cara belajar bahasa Jawa terdiri atas berbagai macam teknik yang beragam bentuknya, bergantung kepada usia, tempat tinggal, maupun penguasaan bahasa bagi tiap orang. Kadang, ditemui orang yang bisa dengan mudah belajar bahasa Jawa dan mengerti beragam bahasa, tapi tidak jarang juga yang mengalami kesulitan untuk belajar bahasa Jawa.

Baca Juga:

Cara Belajar Bahasa Jawa \\\”Tingkatan Bahasa Jawa \\\”

(Thegorbasala)

Jika dilihat dari tingkatannya, bahasa Jawa memiliki tingkatan khusus, yaitu bahasa Jawa ngoko, bahasa Jawa krama, bahasa Jawa krama inggil, bahasa Jawa krama madya, dan jenis bahasa yang lainnya. Namun, untuk tingkat dasar, penguasaan mengenai ketiga jenis bahasa jawa yaitu ngoko, krama, dan krama inggil dirasa sudah cukup untuk digunakan sebagai patokan dalam berbicara sehari-hari.

Yang pertama adalah bahasa Jawa ngoko, lebih sering digunakan untuk perbincangan dengan orang yang sebaya atau orang yang sudah sangat akrab. Tingkatan bahasa Jawa ini lebih banyak ditemui dalam keseharian karena merupakan jenis bahasa Jawa yang lebih dikenal dan mudah digunakan.

Bahasa Jawa ngoko sendiri dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu bahasa Jawa ngoko halus dan bahasa Jawa ngoko kasar. Yang membedakan kedua jenis bahasa ngoko tersebut adalah wilayah dan kondisi lingkungan. Biasanya, bahasa Jawa ngoko halus digunakan untuk percakapan secara umum, sedangkan bahasa Jawa ngoko kasar lebih sering digunakan ketika seseorang sedang marah atau digunakan untuk daerah tertentu.

Baca Juga:

Tingkatan kedua dalam bahasa jawa adalah bahasa Jawa krama, jenis tingkatan bahasa Jawa ini sering digunakan untuk orang yang lebih tua atau untuk golongan menengah. Jenis bahasa Jawa krama ini lebih halus jika dibandingan dengan bahasa Jawa ngoko. Dalam belajar bahasa Jawa, harus diketahui secara pasti dengan siapa kita berbicara sehingga bahasa tersebut dapat digunakan secara tepat.

Tingkatan bahasa selanjutnya adalah bahasa Jawa krama inggil, jenis bahasa Jawa ini merupakan bahasa jawa yang memiliki tingkat kesopanan yang cukup tinggi. Bahasa Jawa krama inggil sering digunakan untuk orang yang lebih tua atau bawahan kepada pimpinan.

Selain itu, penggunaan bahasa Jawa krama inggil secara tidak langsung juga memperlihatkan tingkat status setiap orang. Ketika menggunakan krama inggil, seseorang dianggap lebih berkuasa dan disegani dalam masyarakat.

Dalam menggunakan bahasa Jawa, yang kali pertama terlihat atau tercermin dari diri seseorang adalah kemampuannya untuk menempatkan bahasa pada tempatnya. Dengan begitu, akan terlihat tingkat kesopanan seseorang dan penghargaan seseorang terhadap orang yang diajak berbicara.

Baca Juga:

Huruf dalam Bahasa Jawa

cara belajar bahasa jawa
(Hitsbanget.com)

Selain masalah tingkatan dalam bahasa Jawa, faktor lain yang tidak kalah penting untuk diketahui dalam belajar bahasa Jawa adalah pemahaman mengenai tiap huruf dalam bahasa Jawa. Karena bahasa Jawa berbeda dengan bahasa indonesia, sebelum masuk ke dalam kalimat bahasa Jawa, kita harus benar-benar memahami setiap huruf dalam bahasa Jawa.

Huruf-huruf dalam bahasa jawa antara lain ha, na, ca, ra, ka, ma, ga, ba, tha, nga, pa, da, sa, wa, la. Yang harus diperhatikan sebagaimana huruf pada bahasa Indonesia, semua huruf pada bahasa Jawa tersebut tidak dapat berdiri sendiri kecuali ada huruf lain yang merangkaikan.

Yang tidak kalah menarik dalam bahasa Jawa ini adalah tidak adanya beberapa huruf, misalnya huruf i, e, ng, dan ny. Ketika terdapat suatu kata yang menggunakan huruf mati, misalnya “mangan” yang dalam bahasa Indonesia berarti \\\’makan\\\’, membutuhkan suatu huruf mati yang nama pangku. Sementara, untuk kata yang berakhiran \\\”ng\\\”, misalnya “bingung” maka pada akhir kata dibutuhkan yang namanya taling tarung.

Baca Juga:

Khazanah Bahasa Jawa

Pada dasarnya, belajar bahasa Jawa bukan merupakan sesuatu yang sulit. Selain sebagai bentuk kecintaan kepada leluhur, ternyata bahasa Jawa menyimpan beragam keindahan yang tak terhitung harganya.

Bisa kita lihat, pada saat ini banyak sekali turis asing yang ingin mempelajari bahasa Jawa beserta kebudayaan Jawa. Tidak hanya itu, sekarang sudah banyak disediakan jurusan bahasa Jawa yang ternyata tidak kalah menarik dengan jurusan bahasa yang lain.

Melihat kondisi tersebut, sudah sepantasnya mulai digalakan kecintaan siswa SD kepada bahasa Jawa. Rasa cinta tersebut akan mempermudah pemahaman akan bahasa Jawa.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk belajar bahasa jawa ini adalah tersedianya fasilitas secara online sehingga bahasa Jawa mampu bersaing dengan perkembangan bahasa yang lain. Misalnya, saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis pemaparan akan bahasa Jawa.

Selain itu, yang tidak kalah penting juga adalah mulai bermunculan kamus bahasa Jawa. Tetapi, yang harus diperhatikan saat menggunakan kamus bahasa Jawa adalah sebagian besar dari kamus tersebut belum mampu memilah-milah tingkatan bahasa Jawa ngoko, krama, dan krama inggil.

Baca Juga:

Dengan kondisi tersebut, kita memang harus tetap belajar bahasa Jawa dari akarnya. Dalam belajar bahasa Jawa, untuk lebih mudah membedakan antara bahasa Jawa ngoko, bahasa Jawa krama, dan bahasa Jawa krama inggil, akan diulas beberapa contoh dalam kalimat.

“Setiap hari saya bangun pukul 05.00, setelah sholat subuh saya menyapu rumah kemudian menyiapkan diri untuk pergi ke sekolah.”

  • Dalam bahasa Jawa ngoko, kalimat tersebut akan berbunyi “Saben dina (dibaca: dino) aku tangi jam lima esuk, sak bare sholat subuh aku nyapu omah, terus siap-siap gawe sekolah.”
  • Dalam bahasa Jawa krama, kalimatnya menjadi “Saben dinten kulo tangi jam lima enjing, sak bibaripun sholat subuh kula nyapu griyo, sak bibaripun kulo siap-siap kesah dhateng sekolah.\\\”
  • Dalam bahasa Jawa krama inggil, kalimat ini tidak bisa digunakan karena dalam aturan bahasa Jawa tidak diperbolehkan membahasakan diri sendiri dengan krama inggil. Krama inggil tersebut hanya digunakan ketika kita berbicara dengan orang yang lebih tua.

Dengan mengetahui kekhazanahan bahasa Jawa, sudah seharusnya kita belajar bahasa Jawa. Bahasa Jawa bisa diwariskan pada anak-cucu kita.

Baca Juga:

Featured Image Source: Mediahusbandry.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia