Belajar Bahasa Inggris di Kota Pare, Kediri, Jawa Timur

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 20 September 2021 ∙ 14 menit membaca

Sejarah Negara Com – Bahasa Inggris di Kota Pare, Kediri, Jawa Timur menjadi salah satu tujuan di masa liburan sekolah. Banyaknya tempat kursus Inggris yang berada di kota kecil ini membuat orang yang datang ke sana merasa malu kalau tidak berbahasa Inggris. Ada puluhan tempat kursus bahasa Inggris dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Harga yang ditawarkan cukup variatif sesuai dengan program yang ditawarkan. Berkunjung ke kota yang berada di Kediri, Jawa Timur ini akan memberikan nuansa lain. Anda perlu mencobanya asalkan memang tahu apa yang akan diraih.

Di mana letak Kampung Inggris di Pare?

Kampung Inggris Pare terletak di Kecamatan Pare, Kediri Jawa Timur. Jika mengambil jalur dari arah barat, anda melewati kota Kediri, kemudian Simpang Lima Gumul, Gurah, terus ke arah utara maka langsung akan sampai di daerah Pare.

Jika dari wilayah utara, anda bisa mengambil jalur melewati Kabupaten Jombang ke arah selatan. Dari arah selatan anda bisa mengambil jalur dari Malang atau Blitar. Agar lebih jelas silahkan lihat Peta Kampung Inggris di google map di bawah ini:

Survei tempat kursus bahasa Inggris di Pare

Banyaknya tempat kursus yang berada di Jalan Anyelir tentu membuat orang yang baru pertama kali datang ke Pare, menjadi bingung. Hal tersebut sama dengan ketika Anda pergi ke Palembang hendak membeli pempek. Sepanjang jalan di seluruh kota tersebut ada penjual pempek. Hendak memilih yang mana bingung. Untuk itu, bertanya adalah senjata andalan yang paling baik.

Itulah gambaran mengapa sebelum memilih hendak belajar bahasa Inggris di Pare, sebaiknya mencari informasi yang detail tentang program, konsep belajar, dan tentu saja biaya yang dibutuhkan. Kampung Inggris ini telah berdiri sejak tahun 1991. Sejak saat itu, Pare telah berubah cukup pesat dan jangan terlalu terpaku pada romantika pendirian awal Kampung Inggris ini.

Kalau terlalu banyak harapan yang ditanamkan di benak, nanti kecewa. Semakin banyak informasi yang didapatkan, akan semakin banyak hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Waktu yang tersedia juga menjadi pertimbangan yang tidak bisa dielakan. Begitu juga dengan target yang akan dicapai. Kalau hanya sekedar berlibur sambil belajar, mungkin waktu belajar yang hanya dua minggu itu, cukup lumayan.

Namun, jika dalam waktu dua minggu berharap bahwa bahasa Inggrisnya akan menjadi sangat baik, sepertinya target ini hanya mimpi. Bahasa Inggris itu adalah bahasa komunikasi.

Apa yang bisa diharapkan dalam waktu dua minggu? Tidak perlu muluk-muluk. Peserta didik mampu memperkenalkan dirinya dan tahu bagaimana bertahan dalam percakapan sehari-hari dengan kosa kata sederhana, itulah yang mungkin bisa dijadikan patokan.

Belum lagi, kegiatan lain yang memakan waktu. Peserta didik yang jumlahnya banyak tentu saja mengurangi perhatian guru kepada masing-masing muridnya. Target yang sederhana ini nantinya akan mengurangi rasa kecewa karena telah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Bayangkan saja kalau ada peserta didik dari luar Pulau Jawa akan belajar bahasa Inggris ke Pare. Biaya ke Pare saja sudah menelan biaya jutaan rupiah karena menggunakan transportasi udara. Belum lagi, biaya kursus yang juga menelan biaya jutaan.

Kursus selama 2 minggu mungkin hanya 350-500 ribu. Bagaimana dengan biaya makan dan penginapan serta biaya jalan-jalan? Bisa jadi biaya 4 juta adalah biaya yang harus dikeluarkan.

Padahal dengan angka 4 juta itu, sudah bisa kursus bahasa Inggris di lembaga bahasa Inggris yang bagus di daerahnya, mungkin selama satu tahun. Berbagai pertimbangan ini memang harus diambil dan bahwa belajar itu harus ada prosesnya serta tidak ada yang instan.

Hal yang instan itu bagus tetapi hanya untuk icip-icip. Namun, tetap saja bahwa bagi orangtua dengan kantong yang tebal yang biasa mengajak anak-anaknya jalan-jalan ke Singapura atau Malaysia bahkan Arab Saudi untuk umroh, pergi ke Pare bisa menjadi sesuatu yang alternatif.

Cara mencari informasi yang baik tentang tempat kursus di kota Pare, bisa melalui internet atau bertanya langsung dengan orang-orang yang sudah pernah pergi ke sana. Kalau ingin bertanya langsung dengan penyelenggara kursus, tidak masalah. Dengan senang hati mereka akan menjawab semua pertanyaan dengan ramah.

Mereka menyadari bahwa memasukan anak ke suatu lembaga kursus itu harus hati-hati. Anak tetap tanggung jawab orangtuanya. Walaupun hanya dalam waktu 2 minggu, pasti anak mendapatkan pengaruh pada pribadinya.

Baca juga: Cara cepat belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk pemula dan pelajar

Memilih tempat kursus bahasa Inggris di Pare yang nyaman

Memilih tempat kursus Inggris

Memilih tempat kursus yang baik itu penting karena pendidikan dalam bentuk apa pun merupakan mesin pencuci otak yang sempurna. Pengaruh guru, teman, dan lingkungan akan membangun karakter anak. Untuk itulah, memilih tempat belajar itu sama dengan memilih mesin pencuci otak yang bagus.

Diharapkan setelah selesai menjalani pendidikan di Kampung Inggris, anak tidak hanya mengetahui kosakata tetapi kemampuan lain dalam berbahasa Inggris yang meningkat. Kemampuan menjadi mandiri dan kemampuan bergaul dengan beragam orang pun menjadi lebih baik.

Kemampuan bergaul inilah yang akan membawa kesuksesan yang lebih tinggi. Anak-anak yang belum pernah menginap dengan orang lain, mungkin akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama di Kampung Inggris. Mereka mungkin akan merasa seperti berada di suatu camp musim panas di luar negeri. Berbagai aktivitas membuat mereka merasa sangat beruntung bisa berada di sana.

Membuka mata dan hati adalah satu hal yang sangat penting apalagi memberikan pengaruh yang baik kepada anak-anak agar menjadi anak yang mempunyai karakter. Tentu saja belajar bahasa Inggris itu tidak bisa berhenti hanya sampai di Kampung Inggris. Kalau tidak dipraktikan, kemampuan bahasa Inggris ini akan menurun.

Ada baiknya, setelah berlibur sambil belajar bahasa Inggris di Kota Pare, anak melanjutkan pendidikan tentang bahasa Inggris di kotanya masing-masing. Kecuali, kalau di rumah ia menggunakan bahasa Inggris, di sekolah pun begitu.

Artinya, bahasa Inggris telah menjadi bahasa kedua yang tak terpisahkan dengan bahasa pertama. Kursus bahasa Inggris untuk memperdalam menjawab soal-soal tes seperti EPT, TOEFL, BET, TOEIC, dan lain-lain.

Demi mempunyai kemampuan beradaptasi dengan tes-tes kemampuan bahasa Inggris seperti itu, peserta didik memang harus banyak berlatih. Latihan itu bisa dilakukan sendiri kalau mempunyai kemampuan mengetahui teknik yang tepat dalam menjawab soal. Namun, kalau belum mempunyai teknik yang tepat, sebaiknya memang mengikuti kursus walaupun biayanya sudah mencapai di atas satu juta rupiah.

Baca juga: Cara cepat belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk pemula dan pelajar

Kelebihan kursus bahasa Inggris Pare

Ada beberapa hal yang membuat belajar bahasa Inggris di Kota Pare ini menyenangkan. Pertama, kondisi perkampungan yang sangat mendukung. Alam kota Pare yang beriklim sedang tidak terlalu panas membuat suasana belajar menyenangkan. Kedua, suasana kampung ini begitu berbeda dengan suasana perkotaan. Anak-anak bisa bersepeda dan bergaul dengan banyak orang.

Ketiga, acara outbound yang mengasyikan tentu saja sangat disenangi oleh anak. Keempat, peserta harus berusaha mempraktikan bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun. Kelima, ada pengajian dan tadarus bagi yang menginap di tempat kursus yang tidak hanya menyelenggarakan kursus bahasa Inggris tetapi juga pembentukan karakter.

Kelebihan-kelebihan itulah yang membuat orang datang dan datang lagi ke Kota Pare. Para calon TKI pun banyak yang mengandalkan kota ini sebagai tempat belajar bahasa Inggris. Mereka merasa mendapatkan suntikan semangat dan motivasi yang sangat besar bahwa mereka bisa berbahasa Inggris. Pengucapan yang dibuat mudah dan teknik pengajaran yang mudah dicerna, benar-benar membuat peserta didik merasa puas.

Bagaimana, tertarik untuk kursus bahasa Inggris di Pare?

Lalu, apa keuntungan belajar dalam Kampung Inggris, Pare? Berikut rinciannya:

1. Berekreasi Sekalian Belajar

Selainnya tawarkan sarana belajar bahasa, Kampung Pare tawarkan banyak tempat berekreasi. Untuk Anda yang ambil kelas penuh dari Senin sampai Jumat, Anda dapat manfaatkan waktu akhir minggu untuk berekreasi.

Beberapa tempat rekreasi menarik disekitaran Dusun Pare salah satunya, Candi Tegowangi, Air Terjun Coban Rondo, Taman Kilisuci, dan Goa Surowono.

2. Mendapatkan Rekan Baru

Di Kampung Inggris Anda akan memperoleh banyak rekan baru. Bahkan juga, bukanlah hal yang tidak mungkin Anda akan mendapati rekanan usaha atau pasangan hidup sepanjang pelatihan berjalan. Selainnya rekan, Anda bisa juga memperoleh peluang cari info beasiswa untuk meneruskan study dalam atau luar negeri.

Bila Anda cukup lama dan memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang oke, Anda akan memperoleh penawaran untuk bekerja sebagai pemandu.

3. Belajar Menyesuaikan di Lingkungan Baru

Saat Anda jauh dari rumah dan ada di lingkungan baru, harus Anda harus melatih diri terima situasi baru dan ketidaksamaan yang ada. Disini kemampuan penyesuaian Anda dipertajam.

Anda akan belajar agar semakin tolerir pada tiap ketidaksamaan. Kemampuan menyesuaikan ini akan bermanfaat di masa datang, khususnya saat Anda masuk ke dunia kerja.

4. Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Harus, Anda harus aktif memakai kemampuan Inggris sepanjang jalani kehidupan setiap hari di situ. Untuk beli makan, mengobrol dan beraktivitas setiap hari Anda akan di menuntut memakai pengantar Bahasa Inggris.

Kemampuan berbicara dengan Bahasa Inggris Anda akan terbiasa sepanjang ada di sana. Tidak boleh malu bila salah dan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan kali ini untuk belajar lebih aktif kembali.

5. Menambahkan Semangat Belajar

Belajar bersama tentu saja semakin lebih membahagiakan dibanding Anda belajar sendiri di dalam rumah. Berjumpa rekan baru dan pendidik kapabel akan menambahkan semangat belajar Anda.

Di Kampung Inggris Pare, Anda akan rasakan pengalaman belajar yang lain dari mulanya. Anda yang umumnya cuman belajar Bahasa dalam kelas, sekarang dapat belajar dalam luar kelas.

Sebagian besar instansi belajar Bahasa Inggris di Pare sediakan program luar kelas atau kelas terbuka. Lewat sistem ini, Anda akan banyak belajar hal baru disekitaran lingkungan. Anda pun dituntut agar semakin aktif dan berani bernada.

6. Latih Keterdisiplinan dan Tanggung Jawab

Belajar di Kampung Inggris, Pare akan latih kemandirian Anda. Sepanjang pelatihan berjalan, Anda harus melakukan rutinitas sehari-harinya. Termasuk melatih kedisiplinan dan tanggung-jawab.

7. Ongkos bisa Disamakan

Keuntungan belajar Bahasa Inggris di Pare lainnya erat berkaitan dengan ongkos atau biaya yang dikeluarkan. Walau Anda harus tinggal beberapa waktu di Pare, ongkos hidup setiap hari termasuk murah.

Disamping itu, ada beberapa instansi yang tawarkan program Bahasa Inggris dengan ongkos dapat dijangkau.

8. Pendidik yang Kapabel

Satu lagi keuntungan pelatihan bahasa asing di Pare, Anda akan berjumpa dan diajar langsung oleh pendidik yang kapabel di sektornya. Menariknya, tiap instansi mempunyai sistem evaluasi yang lain hingga Anda harus cari info terlebih dahulu supaya tidak salah tentukan. Tetapi, tidak perlu kuatir, karena semua pendidik di Kampung Inggris benar-benar oke.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan cepat untuk pemula

Biaya kursus bahasa Inggris di Pare terupdate

english master program kampung inggris

Kemungkinan Anda telah mendengar jika biaya kursus di kampung Inggris Pare cukup dapat dijangkau, apa lagi dibanding dengan ongkos pelatihan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan di beberapa kota yang lain.

Misalkan saja ongkos Pelatihan dua minggu di kampung Inggris Pare mulai pada harga Rp 150.000-an/program (artinya anda ingin pelatihan 5x satu hari sepanjang dua minggu maka ongkos yang diperlukan cuman RP 750.000), dan untuk ongkos Pelatihan 1 bulan dimulai dengan harga Rp 250.000-an/program (berarti bila anda ingin pelatihan 5x satu hari sepanjang 1 bulan jadi ongkos yang diperlukan cuman Rp 1.250.000).

Tetapi, jika Anda tidak mau ribet mencari tempat tinggal, dapat memilih Paket Program yang telah terhitung tempat tinggal. Misalkan Paket Program Reguler Asrama di instansi pelatihan ACCESS-ES yang telah terhitung Program 5x satu hari + Camp English Tempat pada harga Rp. 850.000/2 Minggu apabila ingin pelatihan bahasa inggris lebih dari dua minggu jadi silakan di kalikan saja berdasar harga per dua minggu di atas.

Biaya Kost di Kampung Inggris Pare

Bicara mengenai biaya kost di kampung Inggris pare, pada umumnya dapat dibagi jadi dua yakni Kos dan Camp. Berikut penjelasannya:

1. Kos

Kos di kampung inggris tidak memiliki ketentuan yang terkait dalam bahasa Inggris atau sejenisnya, anda perlu bayar sewa kos tiap bulannya.

Umumnya pengelola rumah tipe ini ialah warga asli daerah inggris pare jadi benar-benar lumrah jika mereka tidak menerapkan English Area pada kos yang mereka urush karena umunya mereka tidak dapat berbahasa Inggris.

Rumah tipe Kos benar-benar pas untuk anda yang tidak begitu berminat untuk menambah kemampuan bicara/komunikasi (kemungkinan anda lebih tertarik pada Grammar, TOEFL, IELTS, Reading, Writing, dll), atau anda ingin pelatihan dengan rileks tanpa begitu terlilit dengan ketentuan hingga bebas mengatur agenda sendiri.

Biaya kost sekitar antara Rp 150.000 sampai Rp 350.000/bulan untuk satu Orang dan umumnya satu kamar ditempati antara 3 sampai empat orang, tetapi jika anda ingin tinggal sendiri pada sebuah kamar, karena itu dapat reservasi dengan ongkos antara Rp 350.000 sampai Rp 600.000/bulan.

Sebagai info tambahan, beberapa orang yang tiba ke kampung inggris pare tidak semua mempunyai tujuan untuk belajar bahasa Inggris tetapi ada maksud lain seperti refreshing, isi waktu berlibur, cuman ingin menyaksikan keadaan daerah, dan ada banyak lagi.

2. Camp (Asrama)

Berbeda dengan Kos, Camp di kampung inggris mengaplikasikan mekanisme English Area, di mana anda diharuskan memakai bahasa inggris sepanjang ada dalam lingkungan camp.

Rumah semacam ini benar-benar pas untuk anda yang ingin meningkatkan kapabilitas bicara/komunikasi bahasa Inggris secara cepat, karena di camp anda diharuskan berbahasa inggris hingga anda akan praktik berbahasa inggris 24 jam.

Untuk biaya camp berkisar antara Rp. 300.000 sampai Rp 500.000/bulan untuk seseorang yang umumnya ditempati di antara 3 sampai lima orang. Kamar camp tidak dapat di reservasi untuk seseorang karena tujuan dari rumah tipe ini untuk melatih peserta berbicara memakai bahasa inggris dalam aktivitas setiap hari, apabila seorang peserta tinggal sendiri di kamar karena itu ia tidak punyai teman kamar yang diajak praktik berhahasa inggris.

Baca juga: Belajar Bahasa Indonesia, dilema dan langkah konkretnya

Biaya hidup di Kampung Inggris Pare

Untuk biaya hidup mencakup ongkos untuk makan setiap hari. Di kampung Inggris pare, anda tak perlu cemas masalah makanan karena ada beberapa warung makan dengan beragam jenis menu dan tentu saja pada harga yang dapat dijangkau untuk kantong para pelajar.

Misalkan, anda dapat menikmati Nasi Pecel pada harga Rp 5.000 atau Nasi + Ayam + Sayur + Es Teh cukup hanya harga Rp 10.000.

Sangat murah bukan?

Ok, Jika anda kurang puas dengan makanan murah dan cari yang mahal (versus kampung inggris), harga kisaran Rp 15.000 – Rp 35.000/porsi, karena itu dapat makan di Kafe atau Restaurant sekalian kongkow.

Jangan salah, walau disebut \\\\\\\”Kampung\\\\\\\” Inggris, tetapi di tempat ini ada banyak Kafe, Restaurant dan Taman untuk anda yang menyukai kongkow, dan jajan kekinian baik dalam atau luar negeri seperti Kebab Turki, Hamburger, Hot dog, Martabak, bermacam jajan Jepang, Korea, China, Middle Eastern dan Western.

Biaya hidup tambahan di Kampung Inggris

Selain tiga keperluan primer untuk pelatihan bahasa inggris di atas, ada banyak keperluan tambahan yang kemungkinan perlu anda biayai bila membutuhkannya, salah satunya Laundry, Sewa Sepeda, Kongkow atau Jajan dan Rekreasi/Jalan-Jalan.

Laundry

Untuk anda yang tidak terbiasa membersihkan baju sendiri dapat memanfaatkan jasa laundry. Ongkos laundry di kampung inggris ialah Rp 3.000/ kilo. Beberapa jasa laundry sediakan sarana antar-jemput baju, sehingga anda tak perlu repot bawa baju ke tukang laundry.

Sewa Sepeda

Di kampung inggris pare, sepeda sebagai kendaraan favorite untuk para pelajar, baik itu untuk pergi pelatihan, mencari makan atau jajan, ke ATM, atau jalanan bersama rekan.

Ada beberapa jasa persewaan sepeda di kampung inggris pare, jadi sahabat tidak kesusahan dalam cari persewaan sepeda, harga rental sepeda sekitar Rp 80.000 – Rp 150.000/bulan bergantung pada tipe dan kualitas sepeda.

3. Kongkow atau Jajan

Untuk anda yang menyukai jajan/ngemil atau kongkow karena itu tentunya akan membutuhkan ongkos tambahan karena ada beberapa jajanan enak dan tempat kongkow yang asyik di kampung inggris.

4. Rekreasi/Jalan-Jalan

Bila anda suka rekreasi/jalanan karena itu ada banyak arah rekreasi yang umumnya dituju beberapa siswa di kampung inggris pare, salah satunya Simpang Lima Gumul (waktu perjalanan sekitaran 30 menit), Kota Kediri (45 menit), Gunung Kelud (2 jam), Malang (3 jam), Surabaya (3 jam), Pusara Bung Karno dan Pusara Gus Dur (2 jam), Daerah Coklat Blitar (1,5 jam), dan ada banyak lagi.

Bagi anda yang suka dengan situs sejarah, Kediri adalah bekas kerajaan tua yang banyak menyimpan sejarah dengan rajanya yang sangat terkenal dengan ramalannya. Silahkan baca: Pamuksan Sri Aji Jayabaya, wisata Goa Selomangleng, dan Candi Surowono.

Atau jika anda ingin menikmati tempat wisata modern silahkan kunjungi Kediri Waterpark

Kesimpulan

Biaya training di kampung Inggris pare bila tentukan training di ACCESS-ES dan tentukan PAKET REGULER ASRAMA + Makan 3x sehari.

  1. BIAYA KURSUS UNTUK 2 MINGGU SEBESAR RP 1.270.000 dengan rincian sebagai berikut: Paket Reguler Asrama (5 kelas/hari + Asrama) Rp 850.000 + Makan 3x/hari ((Rp 10.000 x 3) x 14 hari = Rp 420.000).
  2. BIAYA KURSUS UNTUK 1 BULAN SEBESAR 2.600.000 dengan rincian sebagai berikut: Paket Reguler Asrama (5 kelas/hari + Asrama) Rp 850.000 x 2 = Rp 1.700.000 + Makan 3x/hari ((Rp 10.000 x 3) x 30 hari = Rp 900.000).

Ingin training lebih dari 1 bulan? Silahkan dikalikan sendiri berdasarkan jumlah di atas!

Sama seperti yang disebut awalnya, ongkos pelatihan di kampung inggris pare tidak cuma ongkos pelatihan, ongkos rumah, dan biaya hidup, tetapi juga ada banyak ongkos tambahan (bila diperlukan) seperti ongkos Laundry, Jajan, Rekreasi, Kongkow, dan lain-lain . Maka anda akan memerlukan ongkos tambahan.

Sebagai referensi, silahkan kunjungi salah satu Situs Kampung Inggris Pare di sini

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Inspirasi Model Pagar Rumah Tipe 36 Minimalis Modern

Bagi sebagain orang pagar rumah merupakan elemen penting yang harus ada pada eksterior. Pasalnya, i

Lifestyle
Lifestyle 20 Cara Mengatasi Laptop yang Lemot, Cepat & Praktis!

Di era yang sudah serba digital ini, laptop menjadi gadget yang mendukung penuh produktivitas kerja

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia