Begini Cara Mematikan / Disable ‘Quick Access’ di File Explorer pada Windows 10

Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ July 1, 2022 ∙ 3 menit membaca

Cara Disable Quick Access – Pada File Explorer di Windows 10 terdapat salah sat fitur baru yang amat mencolok. Ya, Quick Access. Fitur ini akan menampilkan file dan folder yang baru saja kamu akses dan paling sering kamu akses. Ketika kita mengakses File explorer di Windows 10, halaman yang akan ditampilkan pertama kali adalah Quick Access.

Sekilas fitur ini sangat berguna. Untu membuka file atau folder yang sering kita akses tidak perlu lagi mengexplore folder-folder (ini mungkin memakan sedikit waktu), karena cukup sekali klik saja kita sudah bisa mengaksesnya melalui Quick Access. Kemudian, kalau kita lupa lokasi suatu file atau folder yang baru kita buat, kita akan terbantu dengan adanya Quick Access ini. Karena fitur ini akan menampilkannya. Dan masih banyak tentunya keuntungan yang diberikan oleh fitur yang satu ini.

Adakah kekurangan fitur Quick Access ini? Setiap kelebihan selalu ada kekurangan. Tidak terkecuali bagi fitur baru pada file explorer ini, Quick Access. Ingat, fitur ini akan menampilkan file dan folder yang sering kita akses. Pastinya kita memiliki data-data yang menjadi privasi dan tidak boleh sembarang orang mengaksesnya. Namun, karena keseringan kita mengakses data yang bersifat rahasia tersebut, besar kemungkinan akan muncul di baris pertama Quick Access. Nah, ketika ada orang lain memakai laptop/komputer kita, lalu membuka file explorer, pastinya dia secara tidak sengaja melihat file-file apa saja yang sering kita akses. Dengan begitu, orang asing tersebut bisa saja iseng membuka-buka data pribadi kita yang bersifat rahasia.

Maka dari itu, untuk menghindari tangan-tangan jahil, saya pribadi lebih cenderung menonaktifkan / disable fitur Quick Access ini. Alasanya hanya satu, untuk mengamankan file-file yang dianggap vital.

Dalam artikel ini juga saya akan membagikan cara mematikan fitur Quick Access ini. Ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan untuk mengakali fitur Quick Access ini.

Cara Mematikan / Disable Quick Access di File Explorer Windows 10

Buka file explorer -> Klik menu File -> Kemudian pilih Change folder and search options. Akan muncul jendela folder options.

Begini Cara Mematikan  Disable 'Quick Access' di File Explorer pada Windows 10 (2)Untuk menonaktifkan fitur Quick Access (agar tidak lagi menampilkan file dan folder yang sering diakses) hilangkan tanda ceklist pada Show recently used files in Quick access dan Show frequently used folders in Quick access. Jika sudah klik Apply, OK

Begini Cara Mematikan  Disable 'Quick Access' di File Explorer pada Windows 10 (2)Setelah kita disable fitur tersebut, kita tidak akan melihat lagi di halaman Quick Access file dan folder yang sering dibuka.

Selanjutnya…

Buat agar File Explorer selalu mengkases “This PC” ketika pertama kali dibuka

Secara default, ketika kita membuka file explorer untuk pertama kali, pasti kita akan langsung diarahkan ke Quick Access, dan akan ditampilkan pada kita file-file dan folder-folder yang sering diakses dan yang terakhir kita akses.

Jika kita ingin membuatnya langsung diarahkan ke “This PC” (Pada varian windows sebelumnya bernama “My Computer“), kita bisa lakukan dengan satu langkah mudah.

Begini Cara Mematikan  Disable 'Quick Access' di File Explorer pada Windows 10 (2)Pada jendela folder options, ubah opsi pada Open File Explorer to dari “Quick Access” menjadi “This PC“.

Begini Cara Mematikan  Disable 'Quick Access' di File Explorer pada Windows 10 (2)

Sekarang file explorer tidak akan lagi memberikan kemudahan akses pada file atau folder yang sering diakses. Jadi, kita mesti meng-explore folder untuk mengakses file-file. Dan ketika kita membuka file explorer, maka akan langsung diarahkan ke “This PC“.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia