Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Beberapa Tips Bagaimana Cara Menghormati Pendapat Temanmu

Lifestyle

Beberapa Tips Bagaimana Cara Menghormati Pendapat Temanmu

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 15 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Mendengarkan pendapat teman merupakan salah satu cara berhubungan baik dengan menghargai kehadiran individu lain. Saat anda mempunyai waktu untuk mendengarkan pendapat maupun cerita, berarti anda telah berupaya menjaga hubungan baik dengan lawan bicara. Tetapi sayangnya kini masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menghormati pendapat temanmu. Seperti apa cara yang baik? Simak yuk tipsnya di bawah ini!

Pinhome – Di dalam ilmu komunikasi dijelaskan bahwa komunikasi dua arah (two ways communications) terjadi apabila ada timbal balik/ respon saat pesan diberikan oleh pemberi pesan/sumber kepada penerima pesan. Komunikasi dua arah ini dapat dikatakan ideal karena komunikasi tersebut melibatkan kedua belah pihak saling memberi respon maupun pendapat atas pesan yang disampaikan. Tidak terkecuali pada proses mengenai bagaimana cara menghormati pendapat temanmu.

Teman yang cenderung berada di dekat Pins, terkadang malah dilupakan dengan tidak memperhatikan bagaimana cara menghormati pendapatnya yang baik dan benar. Mereka terkadang cenderung memendam ataupun malah berbalik tidak akan merespon segala cerita yang nantinya anda akan utarakan.

Sebenarnya, bagaimana cara menghormati pendapat temanmu? Beberapa tips dibawah ini semoga dapat membantu Pins yang sedang bingung menentukan langkah yang tepat saat teman menyatakan sebuah pendapat yang tidak kalian setujui.

Luangkan Waktu Untuk Mendengar

(freepik.com)

Hal pertama yang harus Pins lakukan adalah luangkan sedikit waktu untuk mendengar. Bagaimana cara menghormati sebuah pendapat dimulai dari memberikan sedikit waktu untuk mendengar. Dengan mempunyai waktu untuk mendengar pendapat temanmu, Pins sudah bisa dikatakan mampu menghargai lawan bicara. 

Apa Pins pernah berpapasan dengan kolega atau teman di suatu tempat? Tapi mereka terburu-buru bahkan terkadang hanya mengucapkan sepatah kata? Bagaimana perasaan Pins? Hal ini bisa menimbulkan ragam persepsi yang membuat salah seorang menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu untuk mendengar dan merespon apa yang teman Pins katakan ya!

Pentingnya Eye Contact

(freepik.com)

Selanjutnya Eye Contact. Dilansir dari Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, eye contact dapat diartikan sebagai sebuah situasi dimana dua orang saling memandang dalam waktu bersamaan. Salah satu tips menghormati pendapat temanmu dapat dilakukan dengan pembicaraan tatap muka yang intens. Siapa yang tidak suka diperhatikan? Apalagi bila dalam hal menyampaikan sebuah pendapat.

Untuk mendukung cara menghargai pendapat, Pins bisa mencoba langkah memandang tepat di mata pada saat bicara dengan lawan bicara dengan memperhatikan:

  • Fokus pada wajah lawan bicara kurang lebih 4 detik
  • Selanjutnya anda dapat fokus ke masing-masing mata tidak lebih dari 4 detik
  • Mulai menatap hidung, dahi dan dagu secara bergantian masing-masing 1 detik. Ulangi sampai pembicaraan selesai

Hormati Adanya Perbedaan Pendapat

(freepik.com)

Bila mulai menemukan opini yang berbeda dari keyakinan Pins, bicarakan dan utarakan dengan cara sopan dan baik. Hindari menggunakan emosi ataupun kata-kata kasar yang dapat menyakiti perasaan lawan bicara. Ingat ya Pins, terkadang sebuah perbedaan itu baik. Dengan suatu hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh Pins, maka akan hadir perspektif baru sebagai pelajaran.

Hal yang terpenting adalah bagaimana cara menghormati pendapat dengan konteks perbedaan pendapat yang tidak keluar jalur. Seperti perbedaan keyakinan, budaya maupun politik yang sebenarnya sudah jelas akan memicu pertikaian bila tidak dilakukan dengan benar.

Berpikir Terlebih Dahulu Sebelum Berbicara

bagaimana cara menghormati pendapat temanmu
(freepik.com)

Banyak dari pepatah mengatakan berpikir dahulu sebelum berbicara. Hal tersebut benar adanya. Bila Pins tidak memikirkan baik-baik apa yang keluar dari mulut, terkadang dapat membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman bahkan ada yang sampai sakit hati.

Bila teman Pins sedang mengutarakan sebuah pendapat dan Pins ingin membalasnya. Coba pikirkan kata yang tepat yang terkait dengan topik yang disampaikan. Jangan keluar dari jalur dan tidak bersifat mengakimi. Itu bisa menjadi salah satu cara menghormati pendapat temanmu.

Hindari Diskriminasi

bagaimana cara menghormati pendapat temanmu
(freepik.com)

Sampaikan dengan jelas pendapat Anda tanpa menjatuhkan pendapat lawan bicara dan hindari diskriminasi. Contohnya adalah memilah-milah mana yang ingin anda dengarkan secara jelas dan menyinggung perasaan. Diskriminasi memang sering terjadi di lingkungan pertemanan karena banyak nya perbedaan, umumnya dari tingkat sosial.

Cobalah untuk bersikap baik dengan mendengarkan pendapat temanmu tanpa membeda-bedakan dan memandang sebelah mata. Ingat ya Pins kata pepatah yaitu karakter seseorang akan terlihat aslinya saat perlakuannya terhadap orang yang tidak mampu memberikan bantuan atau melakukan sesuatu untuk dirinya. Selalu bersikap positif ya Pins dalam menghadapi berbagai macam hal.

Cobalah Untuk Selalu Bersabar dan Berprasangka Baik

bagaimana cara menghormati pendapat temanmu
(freepik.com)

Efektivitas dari berprasangka baik kepada orang lain akan berdampak pula bagi kesehatan mental. Semakin Pins sering membenci atau berprasangka buruk pada seseorang, makan kehidupan Pins semakin tidak tenang. Bagaimana cara menghormati lawan bicara adalah dengan mencoba untuk selalu bersabar dan berprasangka baik.

Dengan kesabaran yang tinggi, Pins mampu bertahan mendengarkan teman mengutarakan pendapat sampai selesai dan berbagi pendapat bersama sampai ada kata sepakat. Pins tentu tidak mau kan bila seseorang berpendapat dengan emosi tinggi kepada Pins? Sama hal dengan teman Pins!

Cobalah Untuk Menjadi Pribadi yang Berempati

bagaimana cara menghormati pendapat temanmu
(freepik.com)

Selanjutnya adalah berempati. Pribadi yang memiliki empati yang kuat, pasti akan dengan mudah mendengarkan dan mengetahui bagaimana cara menghormati sebuah pendapat dengan benar. Coba untuk ikut merasakan apa yang temanmu rasakan, dari hal tersebut Pins akan dapat memulai sebuah percakapan yang mudah.

Saling menghormati segala perbedaan, menjadi hal dasar dalam terciptanya kehidupan yang lebih baik. Jadi mulai berempati yuk Pins dengan menghormati pendapat temanmu yang sedang dalam kesulitan.

Tidak Perlu Menyebarkan Rumor yang Tidak Sesuai Kebenarannya

bagaimana cara menghormati pendapat temanmu
(freepik.com)

Terakhir adalah penyebaran rumor yang tidak terbukti kebenarannya. Era globalisasi dengan perkembangan media sosial menjadikan masyarakat dengan mudah menyampaikan pendapat yang kebenarannya tidak dapat diuji. Maka dari itu cobalah untuk menghindari sikap yang tercela ini.

Saat seorang teman berpendapat, dan menurut anda itu tidak masuk akal. Kembali bicarakan baik-baik agar pihak lawan bicara mengerti. Bukan malah menyebarkan sebuah persepsi yang salah kepada orang lain yang dapat merugikan temanmu. Bagaimana cara menghormati pendapat temanmu dimulai dari diri kamu sendiri lho Pins! Jangan sampai salah menentukan langkah selanjutnya setelah mendengar pendapat yang tidak Pins setujui.

Itulah beberapa tips mengenai bagaimana cara menghormati pendapat temanmu dengan baik dan benar. Diharapkan dapat membantu Pins untuk lebih menghargai pendapat walau nantinya berbeda dengan yang Pins yakini. Selamat mencoba!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel