Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Batu Solor Bondowoso, Foto, Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Lifestyle

Batu Solor Bondowoso, Foto, Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 13 February 2018 ∙ 3 menit membaca

Di Inggris ada sebuah Situs Megalitikum yang sangat populer dan mendunia. Tentu di Nusantara juga terdapat Stonehenge buatan manusia yang cukup terkenal, yaitu Stonehenge Jogja. Di wilayah Jawa Timur juga terdapat situs megalitikum yang tidak kalah terkenalnya. Tempat tersebut memiliki nama Batu Solor Bondowoso atau Batu So’on. Batu Solor ini sudah ada sejak zaman dahulu, yang terdiri dari batuan besar tertumpuk, sehingga menjadi pemandangan yang sangat unik.

Baca Juga: Tempat Wisata di Malang

Spot Foto dan Suasana di Lokasi

Terdapat banyak tumpukan batu besar yang tingginya sangat fantastias. Banyak yang menyebutkan bahwa Stonehenge Bondowoso ini merupakan Situs Megalitikum. Namun, hingga kini belum ada penelitian resmi yang bisa menjelaskan hal tersebut. Warga sekitar meyakini bahwa Batu Solor tersebut merupakan tempat Raja zaman dahulu yang bernama Raja Blambangan.

Batu Solor Bondowoso tersebut disebut oleh orang Madura dengan nama Batu So’on yang berarti Batu Bersusun. Dikarenakan lokasinya berada di kawasan Solor, maka orang-orang juga menyebutnya dengan nama Batu Solor. Hingga kini, kawasan Batu Solor ini dikeramatkan oleh warga sekitar, karena ada satu batu yang membentuk seperti Manusia Terkapar. Warga menyakini adanya hal mistis pada batu tersebut.

Batu Solor Bondowoso

Terlepas dari cerita mistis mengenai Batu Solor Bondowoso ini, potensi sebagai tempat wisata sangatlah besar. Kini sudah banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke sana untuk menyaksikan pesona keindahan Bebatuan yang memiliki keunikan tersendiri. Meskipun belum dikelola secara sepenuhnya, panorama yang disuguhkan begitu indah. Inilah yang semakin menjadikan daya tarik bagi wisatawan, terutama bagi penggemar selfie.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Mojokerto

Untuk mencapai lokasi, akses jalannya terbilang cukup sulit. Pengunjung harus melewati perkampungan penduduk, persawahan, perbukitan, hingga sampai di lokasi Batu Solor. Kondisi jalan juga masih buruk, jadi perlu berhati-hati untuk melewati jalanan tersebut. Tetapi sudah ada sebagian jalan yang sudah diperbaiki demi kenyamanan para pengunjung.

Lokasi Batu Solor Bondowoso

Lokasi Batu Solor ini tepat di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jarak dari Alun-Alun Bondowoso hanya sekitar 13 km, atau menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Rute Menuju Batu Solor Bondowoso

Batu Solor Bondowoso

Jika mengambil arah dari Bondowoso, langsung saja arahkan tujuanmu menuju Desa Solor. Namun, akses jalan cukup sulit dengan konsisi berupa tanah dan bebatuan. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati turunan, tanjakan, dan belokan. Bila sedang hujan, maka kondisi jalan menjadi becek dan susah dilewati. Di samping kanan dan kiri jalan juga terdapat rimbunnya hutan dan rerumputan. Yang pasti untuk menggapai lokasi, diperlukan perjuangan yang lebih besar. Petualangan seperti ini biasanya sangat digemari oleh orang yang hobi bepetualang, khususnya pecinta alam. Google Map.

Harga Tiket Masuk Batu Solor Bondowoso

Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk, sebab masih gratis. Cukup membayar biaya parkiran saja. Termasuk fasilitas lengkap untuk para pengunjung yang tersedia di lokasi selalu dijamin.


Masih banyak lagi tempat wisata di Bondowoso yang bisa kamu kunjungi. Untuk menikmati berbagai panorama keindahan alam yang dapat diabadikan dengan sempurna. Selain itu, beberapa lokasi wisata sudah memiliki fasilitas yang lengkap.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel