Kapan Batas Waktu Sholat Tahajud? Ini Jawabannya! - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Batas Waktu Sholat Tahajud, Sholatlah Dalam Kurun Waktu Berikut Ini

Batas Waktu Sholat Tahajud, Sholatlah Dalam Kurun Waktu Berikut Ini

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Selain sholat wajib, Allah SWT juga menyarankan umat-Nya untuk menjalankan sholat sunah. Hal ini dilakukan untuk menambah pahala dan amalan shaleh. Salah satu sholat sunah yang dapat dikerjakan adalah sholat tahajud. Biasanya, sholat ini dilakukan pada waktu sepertiga malam. Namun, kapan batas waktu sholat tahajud?

Pinhome – Umumnya, sholat tahajud ini dikerjakan pada malam hari, khususnya di sepertiga malam. Walau demikian terdapat batas waktu tahajud yang mesti Pins pahami. Dengan memahami batas sholat tahajud ini, Pins akan semakin dekat dengan keutamaannya. Berikut dijelaskan batas sholat tahajud yang dianjurkan menurut Al-quran atau hadis. 

Batas Waktu Sholat Tahajud

(Hipwee)

Batas waktu sholat tahajud termuat dalam banyak bacaan di Al-Quran dan hadis.

Dalam sebuah riwayat, dijelaskan demikian:

“Abu Muslim kepada Abu Dzar bertanya,”Kapankah waktu utama untuk melaksanakan sholat malam?”. Kemudian, Abu Dzar pun menjawab, “Aku telah bertanya kepada Rasulullah SAW. Sebagaimana yang telah engkau tanyakan kepadaku ini.” Rasulullah SAW bersabda, “ Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” – HR Ahmad.

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW bersabda yang artinya seperti berikut: 

“Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah  akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam” – HR Muslim.

Pada penjelasan lainnya, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa sholat malam yang paling baik yakni sholat yang dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Pasalnya, pada waktu tersebut doa-doa yang dipanjatkan akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis yang artinya sebagaimana berikut:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepadaKu niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga fajar terbit.” – HR Bukhari dan Muslim. 

Dalam riwayat lainnya, Rasulullah SAW pernah ditanya seperti berikut:

“Apakah sholat yang lebih utama selain dari sholat fardhu yang lima?” Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab,“ Sholat tengah malam.” – HR Muslim.

Menjalankan sholat malam termasuk sholat tahajud dapat membuat kita senantiasa diberi keselamatan. Selain itu, Allah SWT akan memberikan satu tiket ke surga pada umat-Nya yang menjalankan sholat malam. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

“Seutama-utama sholat sesudah sholat fardhu adalah sholat sunnah pada waktu malam.” – HR Muslim.

Jika merujuk dari hadis di atas, maka dapat dikatakan betapa besarnya pahala dari shalat malam ini. Sementara, waktu terbaik menjalankannya yakni pada sepertiga malam terakhir.

Namun demikian, terdapat beberapa pilihan waktu lain yang dapat membuat amalan shalat tahajud ini lebih sempurna. 

Baca Juga: Panduan Serta Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir

Waktu Terbaik Menjalankan Sholat Tahajud

batas waktu sholat tahajud
(Pixabay)

Berikut waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud menurut Al-quran dan hadis: 

Sepertiga malam yang pertama

Sholat tahajud dapat dikerjakan pada sepertiga malam pertama. Maksud dari waktu ini yakni pada rentang setelah sholat isya hingga pukul 22.00 WIB. Namun saat mengerjakannya harus diawali dengan tidur terlebih dulu. 

Sepertiga malam kedua

Sepertiga malam kedua berlangsung pada pukul 22.00 – 01.00 WIB. Waktu tersebut merupakan salah satu waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud.

Allah SWT mengapresiasi mereka yang bisa tahajud pada waktu tersebut. Pasalnya, sulit bagi setiap orang untuk dapat bangun di waktu ini. 

Sepertiga malam terakhir 

Jika direntangkan, sepertiga malam terakhir ialah pukul 01.00 sampai sebelum masuk waktu subuh. Waktu ini pun merupakan salah satu waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud karena doa yang dipanjatkan akan didengar oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud Dan Witir Ternyata Mudah Diingat Lho!

Tata Cara Sholat Tahajud

batas waktu sholat tahajud
(Hipwee)

Berikut dijelaskan pula tata cara sholat tahajud, agar Pins tak keliru menjalankannya: 

Tidur terlebih dulu 

Seorang muslim yang ingin menjalankan sholat tahajud, harus tidur terlebih dulu. Sekalipun hanya tidur sebentar. Jika sholat malam ini dilakukan tanpa tidur sebelumnya, maka namanya bukanlah sholat tahajud. Melainkan sholat sunah saja seperti witir atau lainnya.

Membaca niat

Hal utama dan pertama yang dilakukan saat sholat tahajud, yakni membaca niat. Berikut bacaannya: 

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Arab latin: Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Lakukan gerakan sholat seperti sholat lainnya 

Gerakan sholat tahajud sama dengan sholat lainnya, yakni: 

  1. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah
  2. Membaca surat Al-Fatihah
  3. Membaca surah dalam Al-quran
  4. Rukuk
  5. Itidal
  6. Sujud
  7. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama
  8. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua
  9. Salam

Untuk jumlah rakaatnya sendiri paling sedikit yakni dua rakaat. Sementara, jumlah paling banyak ialah tak terbatas, sehingga dapat dikerjakan semalam suntuk. 

Setelah sholat tahajud, kamu dapat memanjatkan doa dan berzikir untuk memohon pertolongan Allah SWT. Kamu dapat melakukan doa dan zikir ini sampai waktu subuh tiba. Dengan demikian, Allah SWT pun tak akan segan mengabulkan doamu. 

Demikian penjelasan mengenai batas waktu sholat tahajud serta tata caranya. Nah, karena sudah mengetahuinya dengan jelas, Pins agaknya perlu mengamalkan ibadah sunah ini setiap waktu. Yuk, semangat tahajud, supaya bisa cepat-cepat mengumpulkan tiket menuju surga-Nya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel