Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Baru Mulai Bangun Rumah? Ini Tips Desain Kamar Mandi Rumah Idamanmu

Tips Properti

Baru Mulai Bangun Rumah? Ini Tips Desain Kamar Mandi Rumah Idamanmu

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 19 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi kaum milenial, kamar mandi tidak hanya digunakan sesuai fungsinya tapi juga sebagai tempat relaksasi, menenangkan diri dan mencari inspirasi. Di sinilah fungsi perencanaan desain kamar mandi rumah yang matang agar kita bisa mendapatkan kamar mandi impian yang tidak hanya fungsional tapi juga dapat digunakan sebagai tempat untuk relaksasi dan menggali kreativitas.

Pinhome – Untuk bisa mendapatkan desain kamar mandi rumah yang diinginkan, maka kita harus mengetahui kebutuhan mendasar dari kamar mandi yang kita inginkan, Pins. Dari mulai seberapa luas kamar mandi kita nantinya, seberapa budget yang kita bisa keluarkan hingga pertimbangan mau style desain seperti apa yang kira-kira cocok untuk kamar mandi impian.

Hal ini menjadi penting karena kamar mandi adalah ruang penting yang frekuensi pemakaiannya tinggi. Desain untuk kamar mandi keluarga tentunya harus berbeda dibandingkan dengan desain kamar mandi perseorangan. Kebutuhannya harus disesuaikan, pemilihan material yang dipakai pun harus dibedakan karena ada kemungkinan banyaknya cipratan air, keharusan untuk selalu bersih, pertimbangan agar kamar mandinya jangan sampai lembab ataupun licin.

Berikut beberapa tips desain kamar mandi yang sebaiknya kita lakukan jika ingin membangun ataupun merenovasi sebuah kamar mandi:

1. Gambar Perencanaan Kasar

sumber: Craftsy

Tidak perlu yang bagus, gambar garis simpel juga bisa kok. Kuncinya, kita benar – benar harus tahu seberapa besar dan seberapa luas kamar mandi kita nantinya. Nah, dari situ cobalah gambar shower / bathtub, toilet hingga wastafel. Peletakkan peralatan kamar mandi ini juga perlu disesuaikan dengan letak dan juga ukuran dari jendela dan pintu kamar mandi, ya!

Kamar mandi milik Pins berukuran kecil? Jangan berkecil hati, kita masih bisa membuat desain kamar mandi rumah minimalis yang bisa diterapkan di hunianmu. Meskipun luasnya tak seberapa, kita bisa membuat kamar mandi segar dan nyaman loh. Semuanya bergantung pada perencanaan dan peletakan peralatan dan dekorasi kamar mandi.

2. Pilih Barang yang Sesuai untuk Kamar Mandimu

desain kamar mandi rumah
sumber: Spacestock

Misalnya, dari pemilihan apakah mau shower tipe freestanding saja, atau mau diletakkan bathtub juga. Apakah mau tipe kamar mandi biasa, atau mau ada ala spa relaksasinya juga. Berapa banyak wastafel yang Pins inginkan? Apakah perlu dipisahkan wilayah yang basah dan yang kering atau bisa digabungkan? Tipe toilet apa yang Pins inginkan? Apakah yang otomatis atau manual?

Hal ini penting dilakukan agar ruang gerak kita di kamar mandi terencana dan efisien. Contohnya saja, tentu Pins tidak mau dong jika harus berjalan mengambil handuk di rail dekat toilet saat sedang berendam di bathtub?

3. Pilih Gaya Kamar Mandi seperti Apa yang Cocok Untukmu

sumber: Real Homes

Setelah merencanakan layout dan barang-barang yang ingin dimasukkan ke dalam kamar mandi Pins, sekarang saatnya memilih gaya kamar mandi pilihanmu, dan ini harus sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan dari para penghuni rumah, ya. Apakah mau gaya modern atau tradisional? Atau Pins menginginkan kamar mandi minimalis mewah? Semua bisa disesuaikan pada tahap ini.

Misalnya saja, Pins yang ingin gaya kamar mandi klasik minimalis bisa memilih wastafel, toilet, shower ataupun bathtub dengan gaya klasik yang lebih sering ada aksen ornament dekoratifnya. Sedangkan jika Pins menginginkan gaya minimalis namun tetap elegan dan terkesan mewah, kamu bisa memilih wastafel, toilet, shower ataupun bathtub yang memiliki nilai estetik, lebih clean tanpa detail berlebihan. Biasanya peralatan kamar mandi dengan gaya minimalis modern lebih menekankan kepada bentuknya yang sangat estetik karena bisa berfungsi sebagai dekorasi.

4. Membuat Wet Room (Daerah Basah) di Kamar Mandi

desain kamar mandi rumah
sumber: Contemporist

Inilah salah satu perbedaan merencanakan dan membuat kamar mandi, berbeda dari ruang lainnya di dalam rumah, kamar mandi memerlukan Wet Room alias daerah basah. Demi mencegah adanya kejadian tergelincir dan terjatuh di kamar mandi, sebaiknya Pins membuat daerah basah. Pins bisa memilih membatasi daerah basah dan daerah kering dengan dinding kaca ataupun hanya dengan shower curtain saja. Tentunya, bahan kaca lebih bisa menahan cipratan air daripada shower curtain, belum lagi hitungan material kaca akan bertahan jauh lebih lama dan tidak membutuhkan penanganan yang terlalu ribet. Jika Pins menginginkan kamar mandi minimalis mewah, ada baiknya untuk memilih partisi atau dinding kaca untuk membatasi daerah basah dan daerah kering.

5. Menyediakan Tempat Penyimpanan Barang

sumber: Room Sketcher

Tentu kita tidak mau kamar mandi idaman terlihat berantakan hanya karena Pins tidak menyediakan ruang khusus untuk meletakan odol, sikat gigi, sabun, shampoo dan kebutuhan mandi lainnya. Pins juga sebaiknya memikirkan suplai perlengkapan mandi seperti tisu toilet, handuk kering dan toiletries lainnya akan diletakkan di ruang yang berbeda atau perlu diletakkan di kamar mandi saja. Jika perlu disimpan di kamar mandi, Pins bisa membuat rak kabinet lemari sendiri di dalam kamar mandi dengan letak yang strategis, misalnya saja, dibawah wastafel. Alternatif lain bisa saja diletakkan di dinding atas dengan catatan masih mudah dijangkau oleh anggota keluarga lainnya.

6. Memilih Lantai Kamar Mandi

sumber: DoItYourSelf

Ketika memilih lantai untuk kamar mandi, pilihlah berdasarkan siapa saja yang menggunakan kamar mandi tersebut. Pertimbangkan faktor keselamatan tanpa harus mengorbankan kualitas lantai kamar mandi yang dipakai. Contohnya saja, jangan sampai Pins menggunakan keramik yang dipakai untuk dinding ke bagian lantai karena tidak cocok. Biasanya bahan ini jauh lebih licin dan tidak ada daya resistansinya sama sekali sehingga daya cengkram ke kaki tidak ada alias nol. Salah-salah, pemakai kamar mandinya tergelincir saat masuk atau keluar kamar mandi.

Pins bisa memilih keramik porselen yang sangat fungsional dan sangat mudah dibersihkan. Bahan porselen juga memiliki motif seperti batu atau kayu sehingga bisa berperan ganda sebagai dekorasi ruangan kamar mandi. Penggunaan batu alam sebagai lantai kamar mandi juga sangat disarankan karena terlihat sangat stylish dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Baca juga: Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

Jika Pins sudah memiliki buah hati atau ada anak kecil di dalam rumah, kita bisa meletakkana ataupun melapisi permukaan daerah rawan dengan kamar mandi agar bisa mengurangi daya jatuh dan juga menahan cipratan air. Tapi pastikan terlebih dahulu apakah bahan karet ini memiliki bahan anti slip.Kalau Pins memiliki budget lebih, Pins bisa memilih bahan luxury vinyl, yang tidak hanya nyaman dan terasa hangat di kaki, tapi juga memiliki motif seperti bebatuan dan kayu alami.

Nah, itu dia 6 tips desain kamar mandi rumah yang bisa Pins lakukan jika menginginkan kamar mandi yang tidak hanya indah tapi juga aman untuk para penggunanya. Tidak hanya praktis dan fungsional tapi juga indah dan nyaman digunakan sehingga kita bisa berlama-lama di dalamnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel