Pinhome

Tips Properti

Bangun Rumah Sendiri? Pelajari Harga Pasir Per Kubik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam membangun atau merenovasi rumah dibutuhkan perencanaan yang matang, mulai dari jasa konstruksi yang akan digunakan, budget yang disiapkan, sampai dengan bahan bangunan yang sesuai. Dengan membuat perencanaan yang matang, Pins dapat menyesuaikan kualitas bahan bangunan yang akan digunakan dengan budget yang harus disiapkan. Makanya, penting bagi Pins untuk mengetahui standar pasaran, salah satunya bahan baku seperti harga pasir.

Banyak juga yang menggunakan jasa kontraktor borongan yang menyediakan tukang serta membeli bahan bangunan yang dibutuhkan dan Pins hanya menerima jadinya saja. Tapi Pins harus cermat agar bisa menemukan harga terbaik untuk setiap bahan bangunan yang dibutuhkan. Agar tidak kekurangan atau kelebihan budget di tengah jalan, Pins juga harus memperhitungkan bahan bangunan per meter persegi.

Pasir merupakan material yang sangat penting dalam proses pembangunan. Pasir memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai perekat antar batu bata, sebagai campuran semen dalam pembuatan beton, sebagai campuran dalam pembuatan plester, sebagai bahan dasar untuk membuat batako dan masih banyak lagi. Pasir juga memiliki beragam jenis seperti Pasir Beton, Pasir Pasang, Pasir Elod, Pasir Merah dan Pasir Sungai semua jenis pasir ini memiliki fungsi yang berbeda-beda juga lho, Pins.

Baca juga: Fungsi Pasir Dalam Membangun Rumah Sendiri

Bagaimana cara memilih pasir yang baik?

Sebenarnya, cara mengetahui kualitas pasir yang akan dibeli sangat mudah, Pins. Namun, belum banyak dari kita yang mengetahui kriteria pasir yang berkualitas dan cara menguji kualitasnya. Pasir yang baik tidak mengandung ampas. Dapat diketahui dengan cara ambil segenggam pasir bangunan dan masukan tangan Anda ke dalam air, bila pasir di dalam kepalan tangan tersebut tidak langsung membaur atau terurai, maka kualitas pasir cukup baik. Sedangkan bila pasir langsung terurai, berarti pasir mengandung ampas.

Berapa harga pasarannya?

Pasir memiliki harga yang berbeda – beda berdasarkan dengan jenisnya, dan juga memiliki satuan yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa harga pasir yang umumnya digunakan dalam pembangunan rumah:

Pins harus berhati-hati saat melakukan transaksi pembelian tanah karena ada beberapa penjual yang tidak jujur. Mereka berlaku curang dengan memanipulasi kuantitas pasir dalam truk dengan cara meletakkan balok kayu dalam truk sehingga total volume pasir berkurang. Serta perhatikan bagian bak truk pasir yang Pins beli, jangan sampai terletak balok kayu di dalamnya dengan alasan apapun. Tips lainnya adalah dengan membeli bahan bangunan ke supplier yang sudah terpercaya. Bisa berupa rekomendasi dari teman, atau rekomendasi arsitek yang membantu Pins membangun rumah.

Itulah harga pasir per kubik yang perlu diketahui ketika membangun rumah sendiri. Semoga membantu!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel