Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Bangun Rumah dengan Atap Baja Ringan? Pelajari Harga Baja Ringan

Tips Properti

Bangun Rumah dengan Atap Baja Ringan? Pelajari Harga Baja Ringan

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 9 April 2020 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Kamu ingin bangun rumah dengan atap baja? Yuk pelajari harga baja ringan dan kegunaannya. Atap baja ringan sedang naik daun beberapa tahun terakhir dan digunakan pada banyak rumah di Indonesia. Pinhome.id akan mencoba mengulas trend tersebut.

Persyaratan utama yang harus Pins ingat dalam memilih bahan atap rumah adalah kekuatan, stabilitas dan kehandalannya. Salah satu pilihannya adalah baja ringan. Baja ringan terbuat dari material baja yang lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan baja konvensional. Tetapi, jangan salah sangka, Pins. Walaupun tipis dan mudah dibentuk, untuk soal kekokohan baja ringan nggak kalah lho. Selain itu, harga baja ringan terbilang lebih murah dari pada kayu.

Tadinya, konstruksi rangka atap dari kayu menjadi pilihan utama untuk bangunan perumahan. Alasannya karena kekuatan kayu terkenal baik, stok yang mudah didapat dan biaya yang relatif rendah. Namun beberapa tahun terakhir, harga kayu semakin fluktuatif, sementara kualitas kayu semakin turun. Tak heran Pins, secara perlahan banyak orang mulai beralih ke baja ringan sebagai pengganti kayu.

Keunggulan Baja Ringan

  1. Mampu menopang beban berat, dan ketahannya bisa mencapai bertahun-tahun.
  2. Baja ringan tidak mudah berkarat dan mampu menghadapi cuaca ekstrim, sehingga memberikan perlindungan maksimal pada rumah. Kayu dengan kualitas yang buruk mudah dimakan rayap dan tidak tahan menghadapi cuaca ekstrim.
  3. Stabilitas harga. Harga baja ringan tidak terlalu fluktuatif seperti harga kayu. Dengan kata lain, harga baja ringan dapat dibilang lebih stabil.

Tips Memilih Atap Baja Ringan

Yakin, ingin menggunakan baja ringan sebagai atap rumah Pins? Tapi sebelumnya, make sure kita mengetahui beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan dalam pemilihan baja ringan sebagai atap rumah.

Pilih baja ringan yang memiliki lapisan anti karat

Setiap rangka atap baja ringan wajib memiliki lapisan anti karat. Jika musuh kayu adalah lapuk, maka musuh baja ringan adalah karat. Semakin tebal lapisannya, akan semakin baik.

Pilih baja ringan yang memiliki garansi

Cari baja ringan yang memiliki garansi, Pins. Pastikan dengan menanyakannya kepada penjual atap baja ringan. Kebanyakan toko menawarkan garansi penuh 1 tahun.

Pilih baja ringan dengan fitur yang lengkap

Pilih baja ringan yang dilengkapi dengan panduan untuk mendesain struktur baja ringan, paku self-drilling, dan bracing atau sistem pengaku.

Semantara untuk pemasangannya, atap baja ringan sangat membutuhkan ketelitian, Pins. Pokoknya, jangan sampai ada kesalahan dalam pemasangannya. Kalau sampai terjadi, keluhan bocor atau merembes dari atap saat hujan bisa dialami.

Harga Baja Ringan

Sebagai referensi, Pinhome memberikan kisaran harga atap baja ringan yang bisa digunakan acuan.

harga baja ringan

Bagaimana dengan harga kelengkapannya? Berikut adalah harga kelengkapan baja ringan.

atap baja ringan

Jika ingin menghitung harga baja ringan yang sudah terpasang, tabel berikut bisa kamu jadikan sebagai referensi:

Namun perlu diingat, Pins, harga baja ringan di atas, hanyalah referensi kisaran saja. Harga dapat berubah seiring waktu.


Bagaimana? Sudah yakin sekarang Pins membangun rumah dengan menggunakan baja ringan? Semoga artikel dari Pinhome mampu memberikan manfaat ya!Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel