Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah Lain Untuk Terciptanya Keselarasan?

Lifestyle

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah Lain Untuk Terciptanya Keselarasan?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 15 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Kehidupan yang Anda jalani sekarang memiliki ragam perbedaan dengan manusia lainnya dalam berbagai hal. Perbedaan cara didik, perbedaan kebudayaan, sampai perbedaan keyakinan. Segala perbedaan yang ada sebenarnya membuat Anda memiliki ragam pengetahuan yang menguntungkan. Tugas kita sebagai manusia adalah bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah dapat kita terapkan di kehidupan.

Pinhome – Bila sejatinya satu sama lain manusia dimuka bumi ini memiliki perbedaan kebudayaan, sekarang tinggal bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah yang benar agar tercipta keselarasan hidup. Semua terangkum di bawah ini! 

Tidak hanya di Negara Indonesia yang memiliki ragam budaya dan suku yang berlimpah, di belahan dunia lainnya pun kebudayaan erat kaitannya dengan paham yang dianut oleh suatu masyarakat sejak mereka lahir. Dengan adanya hal tersebut tidak heran bahwa setiap individu memiliki pola pikir dan pemahaman yang berbeda satu dengan lainnya. Jadi, bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah?

Baca Juga: Beberapa Tips Bagaimana Cara Menghormati Pendapat Temanmu

Beberapa sikap yang telah anda jalani selama ini, mungkin sudah benar adanya. Tapi bagaimana bila sikap yang anda anut selama ini adalah salah? Ini yang menjadi sebuah persoalan. Walau setiap manusia memiliki sikap memaafkan, tetapi beberapa orang juga tidak dapat mentolerir sikap yang sudah bisa dikatakan berlebihan. Nah, sebelum terjadi adanya sebuah perpecahan karena perbedaan kebudayaan, simak dulu yuk! Bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah lain dengan cara yang benar tanpa menyinggung suatu individu maupun kelompok terlampir.

Mulailah Mencari Teman dengan Perbedaan Latar Belakang Kebudayaan

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah
(freepik.com)

Salah satu hal yang sangat simpel dalam bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah adalah dengan menjalin hubungan pertemanan dengan individu yang berasal dari kebudayaan berbeda dengan diri anda. Dengan berteman, Pins akan secara tidak sadar mengerti bagaimana cara menghargai budaya daerah lain tanpa menyinggung perasaan teman anda.

Kebersamaan yang terjalin saat berteman, dapat memperkuat pondasi keselarasan bila dijaga dengan baik. Dari hal tersebut, Pins pun akan banyak belajar dan mengerti bahwa budaya itu sangat beragam. Maka setelahnya Pins akan menyadari bahwa toleransi antar budaya dan agama itu sangat diperlukan.

Bukalah Pikiran Anda Untuk Menerima Hal di Luar Nalar

Setiap manusia dengan berbagai latar belakang budaya memang sudah sejak dini dilahirkan dan dididik dari budaya tempat orang tua mereka tinggal. Maka dari itu, tidak heran di kemudian hari saat dewasa, pola pikir dan tingkah laku mereka sudah terbentuk kuat dan cukup sulit untuk diubah.

Nah, dengan adanya hal diatas, kita hanya perlu memiliki pikiran terbuka untuk menerima segala pendapat maupun kebudayaan lain yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Bagaimana cara menghargai kebudayaan daerah seseorang terletak pada sikap dari diri sendiri yang mau menerima perbedaan atau tidak. Maka dari itu Pins, mulailah mencoba untuk menerima dan mempelajari banyak pendapat di luar nalar.

Perbanyak Membaca dan Mencari Informasi baru

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah
(freepik.com)

Bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah selanjutnya dapat dicoba dengan memperbanyak informasi dan membaca pengetahuan yang sebelumnya belum pernah Pins pelajari. Banyaknya buku yang dijual di pasaran maupun secara gratis tersedia di berbagai perpustakaan daerah dapat Pins baca dan mengerti.

Dengan banyak pemahaman baru yang masuk, Pikiran Pins akan lebih terbuka dan mampu untuk menerima ragam pendapat dari kebudayaan lain. Bila Pins ingin memulai dari bacaan yang lebih ringan dan santai, Pins bisa mencari ragam novel ternama yang mengangkat tema kebudayaan di dalam buku. Seperti salah satu contohnya novel karya Elizabeth Gilbert yang berjudul Eat, Pray, Love yang juga sudah diangkat ke film layar lebar dengan Julia Roberts sebagai pemeran utama. Apa Pins sudah baca dan menontonnya?

Berani Mencoba Hal Baru yang Tidak Biasa Dilakukan

Ternyata budaya yang telah Pins aplikasikan dalam hidup Pins selama ini juga perlu pembaharuan lho! Ingat tidak orang tua pernah berkata ‘jangan gunting kuku di saat maghrib’, padahal bila kita pelajari lebih lanjut hal tersebut erat kaitannya dengan keamanan diri sendiri. Semakin malam, cahaya yang masuk pun semakin rendah, hal tersebut dapat memicu kuku terluka saat sedang memotongnya. Padahal saat dahulu kita pasti berpikir macam-macam akan hal tersebut.

Maka dari itu Pins, mulailah untuk mencoba beberapa hal baru dari update kebudayaan sendiri terlebih dahulu, baru setelahnya Pins pun akan berani mencoba hal baru atau yang tidak biasa terjadi dari kebudayaan daerah lain. Bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah bisa terukur dari cara kalian ingin menerima hal baru dalam kehidupan.

Bergabung ke Beberapa Komunitas

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah
(freepik.com)

Nah, cara anak muda masa kini yang lebih menyenangkan juga dapat dicoba lho Pins! Salah satunya bergabung dengan ragam komunitas kebudayaan maupun komunitas lainnya. Dengan bergabung dengan komunitas baru, anda akan mempunyai banyak teman baru dengan ragam latar belakang kebudayaan. Ini menjadi salah satu kesempatan emas untuk belajar lebih dalam lagi mengenai sebuah perbedaan.

Bagaimana cara menghargai budaya daerah lain tidak lebih dari niat anda sendiri dalam menerima pola pikir yang berbeda dari individu lainnya. Tidak hanya komunitas yang mengandung unsur kebudayaan seperti komunitas penggemar bahasa Korea, tetapi Pins pun dapat masuk ke dalam komunitas olahraga contohnya sepeda yang dapat mempertemukan Pins dengan orang baru. Menarik bukan?

Mencari Hiburan dari Kebudayaan Lain yang Sebelumnya Tidak Pernah Anda Lakukan

Selanjutnya, ada alternatif menyenangkan lagi nih Pins! Mencari sebuah hiburan memang selalu diperlukan manusia dalam kelangsungan hidup. Ini bisa pins jadikan salah satu cara untuk mengerti bagaimana cara menghargai budaya daerah lain dari sisi hiburan. Anda bisa mulai untuk menonton film-film dari kebudayaan lain yang sebelumnya tidak pernah Pins tonton.

Seperti film India, film mandarin, maupun film mengenai kebudayaan yang dirangkai menjadi film yang menyenangkan.

Beberapa film Indonesia sendiri seperti Tabula Rasa, Tarung Sarung, Mantan Manten, Uang Panai yang tayang pada tahun 2020, juga dapat Pins jadikan referensi untuk mengenal kebudayaan lain dalam negara sendiri. Dengan adanya hal tersebut, bila Pins tidak sengaja mampir ke salah satu daerah dalam film tersebut, Pins dapat berbaur dan mengerti apa saja yang diperbolehkan dan tidak, yang dianut oleh kebudayaan tersebut.

Ajari Anak Anda Nantinya untuk Menerima Segala Perbedaan

(freepik.com)

Terakhir, dalam jangka panjang, bila pins mempunyai anak kelak. Pins sudah bisa mengajarkan akan perbedaan maupun tata cara bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah lain sejak dini. Kelak saat dewasa, anak Pins sudah bisa menerima dan lebih mengerti akan sebuah perbedaan budaya dalam kehidupan. Karena tidak sedikit lho Pins yang anak minim akan pengetahuan budaya, dan merugikan orang lain. Jangan sampai anak Pins menjadi salah satunya ya!

Sekarang apa Pins sudah cukup mengerti bagaimana cara menghargai budaya daerah lain? Tidak sulit bukan Pins? Hal yang perlu Pins ketahui adalah semuanya perlu proses, sabar sebentar agar menghasilkan hasil yang lebih optimal. Dengan begitu keselarasan dalam kebudayaan dapat terbentuk dengan sendirinya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel