Bagaimana cara menjadi agen J&T Express?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Bagaimana sih cara daftar menjadi agen J&T? Bagi Anda yang tertarik jadi agen J&T, maaf, layanan ekspedisi ini tidak membuka keagenan. Berbagai kantor J&T di berbagai wilayah Indonesia adalah di bawah naungan J&T. Dengan kepopuleran J&T dan banyaknya kiriman paket setiap harinya, menjadi agen J&T merupakan peluang bisnis yang bagus. Namun, meski tidak membuka keagenan, di sini saya coba membahas tentang bisnis layanan ekspedisi J&T.

Untuk pertanyaan seputar keagenan J&T silakan chat via WA ke (maaf untuk sementara belum tersedia).

Saya mencoba mencari informasi di beberapa web tentang cara menjadi agen J&T. Ada yang salah kaprah, malah membahas tentang keagenan Jet Express, padahal itu adalah layanan ekspedisi berbeda. J&T Express dan J&T Express itu berbeda. Memang ada sejumlah persamaan, sehingga bisa menimbulkan kebingungan. Dari namanya saja sudah mirip. Web resmi Jet Express adalah www.jetexpress.co.id, sedangkan web resmi J&T Express adalah www.jet.co.id. Alamat web kedua layanan ekspedisi tersebut sama-sama menggunakan kata “jet”.

Tidak sampai di situ, baik J&T maupun Jet tema warnanya sama-sama merah. J&T didirikan oleh Jet Lee dan Tony Chen. J&T bukan milik Deddy Corbuzier, dia sebagai brand ambassador J&T Express. J&T Express di bawah naungan PT Global Jet Express, sedangkan nama perusahaan layanan JET Express adalah PT Jaringan Ekspedisi Transportasi. Kalau dari nama perusahaannya, kata “jet” pada JET Express berasal dari singkatan nama perusahaan tersebut. Sedangkan kalau penamaan J&T mungkin diambil dari initial nama awal pendirinya, yaitu Jet Lee dan Tony Chen.

JET Express membuka peluang keagenan. Namun, karena di postingan ini yang saya bahas adalah tentang keagenan J&T, maka saya rasa tak perlu untuk membahas tentang syarat keagenan JET Express.

Meski J&T Express tidak membuka keagenan, Anda masih bisa memanfaatkan J&T untuk mencari uang. Apalagi ada banyak wilayah yang masih belum terdapat kantor J&T. Untuk mengirim paket ke J&T, pelanggan bisa mendatangi kantor J&T atau menggunakan layanan jemput paket sehingga pelanggan tak perlu repot-repot ke drop point J&T, tapi tinggal meunggu kurir menjemput paket.

Bagaimana cara berbisnis jasa pengiriman barang tanpa menjadi agen J&T Express?
Meski tanpa adanya perjanjian dengan J&T, Anda bisa membuka layanan pengiriman barang J&T dengan bekerja sama dengan kurir J&T. Anda bisa membuka konter J&T untuk melayani pengiriman barang via J&T tanpa syarat yang ribet, bahkan tanpa harus punya komputer.

Caranya, Anda perlu ada kerjasama dengan kurir J&T Express. Kurir J&T atau kalau di J&T disebut sprinter tugasnya bukan cuma mengantarkan barang, tetapi juga mengambil barang yang mau dikirimkan oleh pelanggan. Saya sudah pernah membahas tentang komisi yang bisa didapat oleh kurir J&T Express, salah satunya adalah dari jumlah pick up (jemput paket).

Sprinter J&T diberi kertas lembar pengiriman yang sudah tertera nomor resi. Kertas resi tersebut baru diisi detal pengiriman seperti nama, alamat, dan nomor HP penerima, serta hal lain yang diperlukan, kalau ada yang mau mengirimkan paket ke kurir tersebut. Setelah data lembar pengiriman diisi, kurir menempelkan kertas lembar pengiriman tersebut, kemudian membawanya ke drop point J&T.

Pertanyaan tentang keagenan J&T bisa chat via WA ke 0838 2626 2026.

Lalu bagaimana cara mendapatkan keuntunganya?
Keuntungannya bukan berasal dari bagi hasil dari J&T. Kalau ongkos kirimnya Rp20.000, maka yang disetor ke J&T juga Rp20.000. Keuntungan bisa didapat dengan menaikkan sedikit ongkos kirim, bisa Rp1.000, Rp2.000, Rp3.000, asalkan tidak terlalu tinggi. Jelaskan kalau itu adalah biaya layanan kalau mengirim paket lewat Anda, untuk berjaga-jaga kalau ada pengirim paket yang menanyakan kenapa tarifnya berbeda dengan yang di web, atau dengan kirim langsung ke kantor J&T.

Selain dari selisih ongkir, keuntungan lainnya bisa didapat jika Anda bergabung menjadi member VIP J&T Express. Keuntungannya adalah cashback ongkos kirim jika mencapai target tertentu. Jadi, kalau tidak menaikkan ongkos kirim pun Anda bisa mendapatkan untung, dengan catatan mencapai target. Adapun targetnya dihitung bukan dari jumlah kiriman paket, tetapi dari akumulasi ongkos kirim.

Namun, kalau ada customer yang mengirim paket dengan resi otomatis, customer tak perlu bayar ongkos kirim. Paket dengan nomor resi otomatis biasanya adalah pesanan orang yang memesan barang tersebut lewat marketplace. Pengirim paket tidak perlu bayar ke J&T, karena ongkos kirim dipotong secara otomatis di sistem marketplace.

Jadi, J&T tidak membuka keagenan, tapi Anda bisa bekerja sama dengan kurir J&T untuk membuka konter J&T. Apakah Anda tertarik membuka konter J&T?

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia