Bagaimana cara membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah dikirim?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Bagaimana cara membatalkan pesanan Shopee COD (bayar di tempat)? Apakah pesanan COD Shopee bisa dibatalkan kalau barang dalam proses pengiriman? Lalu apakah bisa dibatalkan kalau sudah dibayar? Pembatalan pesanan adalah hal yang tidak mengenakkan bagi penjual. Namun, ada kalanya pembeli berubah pikiran tidak ingin meneruskan pesanan barang yang dipesan.

Hadirnya pilihan pembayaran COD di Shopee memang memudahkan bagi pembeli yang ingin memesan barang tapi bayarnya belakangan, setelah barang sampai. Dengan memilih pembayaran COD, pembeli tak harus transfer uang duluan. Pembeli tak perlu repot-repot transfer untuk melakukan pembayaran, tinggal pesan barang, menunggu barang diantarkan oleh kurir, kemudian membayar sesuai jumlah yang diminta ke kurir.

Kurir kemudian mengonfirmasi pembayaran COD tersebut, sehingga pesanan tersebut dianggap selesai oleh sistem. Nah, jika pesanan COD sudah dibayar, maka dana pun diteruskan ke penjual.

Selama penjual di Shopee belum mengirimkan pesanan COD, pembeli bisa mengajukan pembatalan tersebut. Namun, untuk pengajuan pembatalan ini sekali saja. Setelah mengajukan pembatalan, tunggu respon penjual. Penjual punya pilihan apakah menyetujui pembatalan tersebut atau tidak. Jika tidak menyetujui, maka berarti penjual harus mengirimkan pesanan tersebut.

Bagi pembeli yang ingin mengajukan pembatalan pesanan di Shopee, cukup sekali saja. Saya kadang ada pembeli yang ingin mengajukan pembatalan, tapi sebelum saya menyetujuinya, pembeli tersebut membatalkan pengajuan pembatalan. Padahal pembeli tersebut ingin membatalkan pesanan. Alhasil, saya sebagai penjual yang harus membatalkan pesanan tersebut, atau tetap mengirimkan, meski pembeli tersebut tidak membayar begitu barang sampai. Kalau pembeli tak mau bayar, barang kembali ke penjual, tanpa dibebankan biaya kirim. Dalam hal ini pembeli memilih pembayaran COD.

Jadi, untuk mengajukan pembatalan, cukup sekali saja. Bila perlu, chat dulu ke penjual, kasih tahu ke penjual kalau Anda ingin membatalkan pesanan. Lalu bagaimana kalau penjual menolak dan tetap memproses pesanan? Atau bagaimana jika pesanan Shopee dengan metode pembayaran COD terlanjur dikirimkan padahal pembeli ingin membatalkan pesanan tersebut?

Sebagai penjual, memang tidak enak rasanya kalau ada pembeli yang pesan barang, pembayarannya COD, tapi pembeli tak mau membayar pesanan. Namun, berhubung saya juga sebagai pembeli di Shopee, dan pernah membatalkan pesanan COD Shopee, jawabannya adalah pesanan COD Shopee yang sedang dalam proses pengiriman masih bisa dibatalkan.

Memang ada penyebab kenapa pembeli membatalkan pesanan COD, bisa jadi begitu barang sampai, uang tidak ada, ragu dengan isi barang, pesanan terlalu lama dikirimkan, berubah pikiran, atau penyebab lainnya. Sebagai penjual memang hal ini bisa bikin kesal, tapi membatalkan pesanan adalah hak pembeli. Dan ini juga harus disadari oleh penjual bahwa pesanan COD tidak dibayar oleh pembeli adalah risiko melayani pembelian dengan pembayaran COD. Jika tidak ingin hal ini terjadi, tinggal nonaktifkan saja pilihan COD-nya.

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee yang sudah Dikirim
Jika pengajuan pembatalan ditolak oleh penjual, atau ingin membatalkan pesanan COD tapi barang sudah dikirim, maka ketika barang sudah sampai, bilang ke kurirnya kalau Anda membatalkan pesanan tersebut. Anda tidak perlu membayar pesanan tersebut kepada kurir, ongkos kirimnya juga tidak perlu dibayar.

Barang pesanan COD yang gagal akan dikembalikan ke penjual. Penjual tak perlu menanggung ongkir. Namun, risikonya adalah barang rentan rusak saat proses pengiriman, apalagi barang yang dikirim adalah barang yang mudah rusak.

Layanan COD ini punya celah. Bisa disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab, memesan barang terus-menerus tapi tidak membayarnya. Nah, kalau di Shopee, jika beberapa kali membatalkan pesanan COD, maka dampaknya adalah fitur COD dinonaktifkan sementara. Akun Shopee yang fitur COD-nya diblok masih tetap bisa digunakan untuk memesan barang, tapi tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD.

Apakah pesanan COD Shopee bisa dibatalkan kalau sudah dibayar?
Kemungkinan yang bisa terjadi saat membeli barang lewat online adalah barang tidak sesuai dengan yang dipesan. Masalah ini bisa diselesaikan dengan memberitahukan ke penjual terlebih dulu. Jangan buru-buru membeli penilaian buruk (bintang satu) ke penjual, jelaskan dulu ke penjual bahwa pesanan Anda tidak sesuai.

Jika kurir sudah mengonfirmasi pembayaran COD Shopee, maka pesanan tersebut tidak bisa dibatalkan. Pembeli tidak boleh membuka paket sebelum membayar.

Sebaiknya rekam saat Anda membuka paket, sehingga kalau ada masalah seperti barang tidak sesuai, ada bukti yang menguatkan.

Jika Anda ingin membuka paket pesanan COD tanpa harus membayar dulu, maka Anda perlu kerjasama dengan kurir. Meski Anda sudah membayar pesanan tersebut, minta agar kurir jangan dulu mengonfirmasi pembayaran tersebut. Usahakan saat membuka paket tidak merusak kertas resi yang terdapat di paket. Jika tidak sesuai, barang bisa dikembalikan.

Jadi, pesanan COD Shopee yang sudah dikirimkan masih bisa dibatalkan. Caranya gampang, Anda tidak perlu membayar pesanan tersebut. Namun, jika Anda berkali-kali melakukan pembatalan, pilihan pembayaran COD akan dinonaktifkan sementara.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia