Pinhome

Lifestyle

Niat Bacaan Doa Wudhu Lengkap dengan Artinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pins, berwudhu merupakan termasuk dari syarat sah sebelum melakukan sholat,  Berwudhu memang menjadi satu di antara  cara untuk bersuci yang disyariatkan dalam Islam dan menjadi salah satu syarat sah sebelum melaksanakan sholat. 

Pinhome – Maka dari itu, sebelum berwudhu alangkah lebih baik jika kita mengetahui seperti apa niat wudhu yang harus kita bacakan agar lebih bisa memahami esensi dari tindakan kita untuk berwudhu. Kali ini kita akan membahas doa bacaan niat wudhu. Akan tetapi, sebelum itu kita bahas bersama dulu yuk tentang apa itu wudhu dan langkah-langkah untuk melaksanakannya. Simak penjelasannya berikut ya. 

Baca Juga: Doa Iftitah Dalam Bahasa Latin Dan Juga Artinya

Apa itu Wudhu? 

niat wudhu
(Bola)

Wudhu secara harfiah artinya bersih dan indah, sedang menurut syariat Islam artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. hadas kecil adalah buang air kecil, besar, atau keluar udara dari dubur.

Seperti kita tahu bahwa sebelum melakukan sholat, kita harus melakukan wudhu terlebih dahulu. Yup! Karena wudhu juga merupakan salah satu dari syarat sahnya sholat. Berwudhu memang menjadi satu di antara  cara untuk bersuci yang disyariatkan dalam Islam dan menjadi salah satu syarat sah sebelum melaksanakan sholat. 

Baca Juga: Kumpulan Doa Keluar Rumah Dan Masuk Rumah Beserta Artinya

Allah SWT telah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Maidah: 6)

Baca juga: Ini Dia Bacaan Doa Setelah Wudhu Latin dan Pendek

Dari ayat di atas, kita memahami bahwa Allah telah memberikan tuntunan mengenai penting wudhu untuk sahnya sholat kita. Penjelasan yang serupa juga di dalam hadits berikut.

“Allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kalian sebelum ia berwudhu.”

(Ibnu Hajar)
niat wudhu
(Freepik)

Tak hanya itu, sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk berwudhu dalam segala aktivitas ibadah lainnya, misalnya seperti membaca Al-Quran. Untuk apa? Tujuannya ialah untuk mensucikan diri sebelum berinteraksi dengan Allah SWT.

Pins pun bisa berwudhu setelah mandi sebelum memulai aktivitas lho. Tujuannya adalah agar kita mensucikan diri sebelum memulai hari. Bahkan jika hanya ingin sekadar menjaga kesucian diri tiap waktu, kamu bisa berwudhu kapan saja tiap ada hadas kecil, seperti melakukan buang air kecil, buang air besar, atau kentut. Biasanya hal ini disebut menjaga wudhu dan bisa menjadi sunnah lho.

Oleh karena itu, hukum berwudhu sifatnya tidak mutlak wajib atau sunnah. Itu semua tergantung dari ibadah yang mau kita laksanakan. Berwudhu akan jadi wajib apabila kita haru menjalankan ibadah seperti shalat. Akan tetapi, berwudhu pun bisa menjadi amalan sunnah jika kita ingin mensucikan diri sebelum membaca Al-Quran sebagai bagian dari adab membaca Al-Quran. Bahkan, bisa tetap menjadi ibadah sunnah jika kamu melakukannya untuk menjaga wudhu, yaitu menjaga diri dari hadas kecil. 

Bagaimana Cara Berwudhu?  

niat wudhu
(Suara com)

Setelah paham tentang wudhu dan hukumnya, lalu bagaimana cara berwudhu? Ada dua hal penting dalam melaksanakan wudhu, yaitu yang rukun/wajib dan yang sunnah/dianjurkan. Kamu bisa melakukan rukunnya saja atau beserta dengan sunnahnya. Yang penting adalah harus dilakukan berurutan. Apa saja rukun dan sunnah dalam berwudhu?

Rukun Wudhu

Sebelumnya kita sempat membahas sekilas tentang rukun wudhu. Nah, jika kamu ingin tahu lebih jelas tentang rukun-rukunnya, kamu bisa melihat apa saja rukunnya di bawah ini.

  • Niat
  • Membasuh Wajah
  • Membasuh kedua tangan hingga siku
  • Mengusap sebagian kepala
  • Membasuh kedua kaki 
  • Tiap langkah dilakukan dengan urut

Sunnah Wudhu

niat wudhu
(Oase)

Selain ruku, ada juga sunnah wudhu yang bisa kamu lakukan. Karena hukumnya sunnah, jadi tidak wajib kamu lakukan. Namun, alangkah lebih baik jika kamu bisa melakukannya. 

  • Membaca basmalah pada permulaan wudhu
  • Membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan
  • Berkumur-kumur
  • Membasuh lubang hidung sebelum berniat.
  • Menyapu seluruh kepala dengan air.
  • Mendahulukan anggota kanan daripada yang kiri.
  • Membasuh kedua daun telinga luar dan dalam.
  • Tiap kali membasuh anggota wudhu sebanyak tiga kali
  • Menyela-nyela jari tangan dan kali.
  • Dilakukan tanpa pertolongan orang lain (kecuali dalam keadaan terpaksa seperti sakit)
  • Tidak mengeringkan air wudhu secara sengaja kecuali ada keperluan atau sangat dingin
  • Menggosok anggota wudhu agar lebih bersih
  • Menjaga agar percikan air tidak kembali ke badan
  • Tidak berbicara pada saat wudhu
  • Bersiwak atau menggosok gigi selain orang yang sedang berpuasa
  • Membaca dua kalimat syahadat dan menghadap kiblat
  • Membaca doa setelah selesai berwudhu

Bacaan Niat Wudhu   

Sebelum melakukan wudhu, sebaiknya kamu membaca niat berwudhu terlebih dahulu. Ini dia bacaan niat wudhu yang bisa kamu lafalkan.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsil ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala”

Bacaan Doa Setelah Wudhu 

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash solihin

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”

Itulah bacaan doa niat sebelum wudhu yang bisa kamu terapkan sebelum memulai berwudhu. Memang berwudhu merupakan syarat sah sholat yang harus dilakukan sebelum melakukan sholat, namun kamu juga melakukannya untuk menjaga diri dari hadas kecil lho. Semoga doa niat wudhu ini bermanfaat bagi Pins.


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen seperti Cordova Edupartment atau tanah seperti tanah dijual di Jember terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel